Peran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah di Era Digital
Keywords:
Guru PAI, Akhlakul Karimah, Era DigitalAbstract
Perkembangan pesat teknologi digital telah membawa tantangan baru dalam pendidikan, khususnya dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah kepada generasi muda. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memegang peran penting dalam membimbing siswa agar dapat menginternalisasi nilai moral dan etika Islami di tengah arus informasi digital yang sangat deras. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana guru PAI menanamkan nilai-nilai akhlak melalui pendekatan yang adaptif dan inovatif di era digital. Metode kajian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan dan menganalisis literatur terkait peran guru PAI, pembelajaran akhlak, dan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa keberhasilan pembinaan akhlak sangat tergantung pada kompetensi guru dalam memadukan keteladanan moral dengan kemampuan literasi digital. Guru yang mampu beradaptasi dengan teknologi dan mengintegrasikan nilai-nilai akhlak secara kontekstual mampu membentuk karakter Islami siswa secara lebih efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam mengembangkan strategi pembelajaran akhlak yang relevan dengan dinamika era digital serta mendorong peningkatan kapasitas guru PAI dalam menghadapi tantangan zaman. Dengan demikian, guru PAI tetap menjadi garda terdepan dalam membentuk generasi muda berakhlak mulia di era digital.
References
Ali, Khoirul Anwar. “Inovasi Pengelolaan Pembelajaran PAI Di Era Disrupsi,” 245–54, 2019.
Alimin, Miftahul, and Muzammil Muzammil. “Keteladanan Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Sebagai Upaya Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa.” Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman 4, no. 1 (2020): 43–54.
Aprianti, Ema. “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dalam Kegiatan Mengajar Antara Guru Dan Murid Paud Pada Proses Pembentukan Karakter.” Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung 4, no. 1 (2018): 1–9.
Dewi, Ni Komang Lia Apsari, Agus Mahardika, and IA Rayhita Santhi. “Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Generasi z Pada Era Society 5.0.” Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR) 2 (2022): 247–55.
Iswanti, Dwi Indah, Sri Puji Lestari, and Umi Hani. “Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Remaja.” Jurnal Keperawatan 12, no. 4 (2020): 815–22.
Muliastrini, Ni Ketut Erna. “Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, Dan SDM/Humanisme) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0.” Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 2, no. 2–1 (2019): 88–102.
Rahmi, Rina, Aswatun Hasanah, and Septika Laily Anti. “Konsep Pendidikan Karakter Pada Sekolah Inklusi Tingkat Usia Dasar.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 2 (December 31, 2020): 155. https://doi.org/10.29240/jpd.v4i2.1648.
Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Ulfa, Maria. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Di Abad 21.” El-Tarbawi 12, no. 2 (November 15, 2019). https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol12.iss2.art3.
Vasanth, Rahul, and Seema Swamy. “Social Media’s Impact on Teenagers.” In Cross-Cultural Design. Methods, Practice, and Case Studies, edited by P. L. Patrick Rau, 8023:477–85. Lecture Notes in Computer Science. Berlin, Heidelberg: Springer Berlin Heidelberg, 2013. https://doi.org/10.1007/978-3-642-39143-9_53.
Zazin, Nur, and Muhammad Zaim. “Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial Pada Generasi-Z,” Vol. 1, 2019.
Published
How to Cite
Issue
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.