Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Peristiwa Hijrah Rasulullah Saw
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiaf.v10i2.137Keywords:
Hijrah, Persatuan, UmmatAbstract
Hijrah artinya berpindah tempat atau berpindah keadaan untuk mencari jalan yang lebih baik atau berpindah dari kondisi yang buruk menuju yang baik. Sejak hijrahnya Rasulullah ke Mekah, ajaran Islam lebih diarahkan pada pembentukan masyarakat muslim yang moderen dan demokratis di bawah kepemimpinan Rasulullah saw. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam peristiwa hijrah. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kepustakaan (library reseach) dengan cara mencari, mengumpulkan, membaca, dan menganalisa buku-buku serta kitab yang ada relevansinya dengan masalah penelitian. Kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis. Adapun jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif. Hasil penelitian dari skripsi ini adalah Nilai pendidikan yang terkandung dalam peristiwa hijrah adalah hijrah itu berlangsung atas perintah Allah, persatuan ummat, persaudaraan, berbuat baik, serta pembangunan masyarakat Islam.
Kata Kunci: Hijrah, persatuan ummat,
References
As-Syibaie, Mustafa. , 2005. Sirah Nabi Muhammad S.A.W, Surabaya: Munizar.
Departemen Agama RI. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Diponegoro.
Ihsan, Muhammad Ricky. 2005.Hijrah dan Membangun Peradaban Islam, Jakarta: Mizan.
Jabbar, Umar Abdul. 1969. Khulasah Nurul Yakin, jld 2, Surabaya: Maktabah.
Rahima, Makna-Makna Hijrah, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2003.
Syarifuddin, Yahya ben. tt. Syarh Arbai’in, Surabaya: haramain.
Syukur,Fatah. 2006. SejarahPeradaban Islam, Bandung: Pustaka Setia.
Yunus ,Mahmud. 1990. Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Hida Karya Agung.
Published
Versions
- 2021-12-30 (3)
- 2021-12-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Al-Fikrah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.