Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Peristiwa Hijrah Rasulullah Saw

Authors

  • Alauddin Abubakar Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiaf.v10i2.137

Keywords:

Hijrah, Persatuan, Ummat

Abstract

Hijrah artinya berpindah tempat atau berpindah keadaan untuk mencari jalan yang lebih baik atau berpindah dari kondisi yang buruk menuju yang baik. Sejak hijrahnya Rasulullah ke Mekah, ajaran Islam lebih diarahkan pada pembentukan masyarakat muslim yang moderen dan demokratis di bawah kepemimpinan Rasulullah saw. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam peristiwa hijrah. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode  kepustakaan (library reseach) dengan cara mencari, mengumpulkan, membaca, dan menganalisa buku-buku serta kitab yang ada relevansinya dengan masalah penelitian. Kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis. Adapun jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif. Hasil penelitian dari  skripsi ini adalah Nilai pendidikan yang terkandung dalam peristiwa hijrah adalah hijrah itu berlangsung atas perintah Allah, persatuan ummat, persaudaraan, berbuat baik, serta pembangunan masyarakat Islam.

 

Kata Kunci: Hijrah, persatuan ummat,

References

As-Syibaie, Mustafa. , 2005. Sirah Nabi Muhammad S.A.W, Surabaya: Munizar.

Departemen Agama RI. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Diponegoro.

Ihsan, Muhammad Ricky. 2005.Hijrah dan Membangun Peradaban Islam, Jakarta: Mizan.

Jabbar, Umar Abdul. 1969. Khulasah Nurul Yakin, jld 2, Surabaya: Maktabah.

Rahima, Makna-Makna Hijrah, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2003.

Syarifuddin, Yahya ben. tt. Syarh Arbai’in, Surabaya: haramain.

Syukur,Fatah. 2006. SejarahPeradaban Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Yunus ,Mahmud. 1990. Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Hida Karya Agung.

Published

2021-12-30 — Updated on 2021-12-30

Versions

How to Cite

Abubakar, A. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Peristiwa Hijrah Rasulullah Saw. Jurnal Al-Fikrah, 10(2), 130-138. https://doi.org/10.54621/jiaf.v10i2.137