This is an outdated version published on 2022-06-29. Read the most recent version.

Peran Bimbingan Dakwah Dalam Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Muslimat Samalanga Kabupaten Bireuen

PERAN BIMBINGAN DAKWAH DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN MUSLIMAT SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiaf.v11i1.157

Keywords:

Peran, Dakwah, Akhlak Santri

Abstract

Peran penting Pondok Pesantren tidak terlepas dari fungsi tradisionalnya sebagai transmisi dan transfer ilmu-ilmu Islam. Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti untuk mengetahui Peranan Dakwah dalam Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Muslimat kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Pembinaan akhlak harus diberikan kepada peserta didik oleh lembaga pendidikan, agar memiliki kepribadian muslim yang mulia sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW serta menjauhi akhlak yang buruk. Dakwah Ustadz memiliki peranan yang besar dan strategis dalam upaya melakukan pembinaan akhlak peserta didik didalam lembaga pesantren agar mereka dapat istiqomah dalam mengaplikasikan akhlak secara baik. Ustadz telah berperan dalam mengembangkan akhlak santri hal ini dapat dilihat dari kegiatan yang dilakukan baik melalui nasehat, hukuman dengan cara mendidik maupun pendidikan dengan cara menanamkan nilai-nilai moral, serta etika bersosial baik dalam lingkup pesantren maupun diluar pesantren. Namun upaya tersebut belum sepenuhnya terlaksana secara optimal, hal tersebut diindikasikan masih adanya peserta didik yang melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan nilai ajaran Islam. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan, adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif kualitatif yang difokuskan pada objek dan subjek penelitian (Peranan Dakwah dan Santri). Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil pengumpulan dan analisis data sehingga hasil penelitian adalah a) Ustadz sebagai pengasuh pondok pesantren b) Ustadz sebagai guru atau pengajar (pendidik) dan pembimbing bagi santri. c) Ustadz sebagai orangtua kedua bagi santri. d) Ustadz sebagai peminpin. Namun tidak cukup sebatas dengan peran tersebut, melainkan juga perlu memohon kepada Dzat yang maha kuasa agar tugas-tugas yang dijalankan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

References

Abdur Rohim (Peranan Dakwah dalam Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an) Fakultas Dakwah dan komunikasi UIN Muhammadiyah Palembang.

Amhad Mu’adz Haqqi, Berhias dengan 40 akhlaqul Karimah, (Malang: Cahaya Tauhid Press,2003).

Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta: almahira, 2017).

Desi Indrali ( Peranan Dakwah Dalam Membina Akhlak Santri Dipondok Pesantren Al-Latifiyah) Skripsi Fakultas Dakwah dan komunikasi UIN Raden Fatah.

Hasil Observasi Lanngsung didayah Muslimat samalanga Tanggal. 20 Desember 2020

Hasil wawancara dengan Mahasisiwi pesantren Muslimat samalanga hari sabtu tgl 14 November 2020

Hasil wawancara dengan pengurus pesantren Muslimat, Tgk. Ibnu Mukhti Samalanga tgl 27 Desember 2020

J. Supranto, Metode Ramalan Kuantitatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 1993)

Lexy. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001).

Nana Syaodih Sukma Dinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006).

Rusdi Pohan, Metodologi Penelitian Pendidikan, (BandaAceh : Ar-Rijal Institute, 2007).

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabet, 2005).

Team Fakultas Agama Islam, Buku Pedoman Penulisan Skripsi,(UM Palembang, 2017).

Zainuddin Ali, Metode Penelitian Hukum, Cet. ke-2, Ed. ke-1, (Jakarta: Sinar Grafika, 2010).

Published

2022-06-29

Versions

How to Cite

Peran Bimbingan Dakwah Dalam Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Muslimat Samalanga Kabupaten Bireuen: PERAN BIMBINGAN DAKWAH DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN MUSLIMAT SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN. (2022). Jurnal Al-Fikrah, 11(1), 1-13. https://doi.org/10.54621/jiaf.v11i1.157