This is an outdated version published on 2021-12-30. Read the most recent version.

Perkembangan Psikologis Anak Usia Pendidikan Dasar; Emosional, Kognitif, dan Psikomotor

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiaf.v10i2.161

Keywords:

Emosional, Kognitif, Psikomotorik

Abstract

Manusia sebagai makhluk hidup tidak terlepas dari proses perkembangan. Perkembangan adalah proses perubahan ke arah yang lebuh maju, baik dalam hal jumlah maupun ukurannya. Taraf perkembangan adalah satu periode dalam kehidupan seseorang dengan pemunculan sifat-sifat pembawaan atau pola-pola tingkah laku. Karakteristik perkembangan anak pada kelas satu, dua dan tiga SD biasanya pertumbuhan fisiknya telah mencapai kematangan, mereka telah mampu mengontrol tubuh dan keseimbangannya. Mereka telah dapat melompat dengan kaki secara bergantian, dapat mengendarai sepeda roda dua, dapat menangkap bola dan telah berkembang koordinasi tangan dan mata untuk dapat memegang pensil maupun memegang gunting. Selain itu, perkembangan anak yang sudah memasuki usia kelas awal SD antara lain mereka juga telah dapat menunjukkan keakuannya tentang jenis kelaminnya, telah mulai berkompetisi dengan teman sebaya, mempunyai sahabat, telah mampu berbagi, dan mandiri. Namun demikian, semakin bertambah usia anak, semakin bertambah pula perkembangan psikologisnya. Adapun fokus pembahasan dalam hal ini yaitu pada perkembangan emosional, kognitif dan psikomotor anak usia pendidikan dasar.

References

Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir, Nuansa-nuasa Psikologi Islam, Ed.I, Cet.I, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2001.

Agus Sujanto, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Aliah B. Purwakania Hasan, Psikologi Perkembangan Islami, Ed. I, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006.

Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan; Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan, Cet. III, Jakarta: Al Husna zikra, 1995.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Cet.II, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Monks dkk, Psikologi Perkembangan; Pengantar dalam Berbagai Bagiannya, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2006.

Sri Rumini dan Siti Sundari, Perkembangan Anak & Remaja, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Syaikh M. Jamaluddin Mahfuz, Psikologi Anak dan Remaja Muslim, Cet. I, Pustaka Al-Kautsar, 2001.

Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, Ed. 5. Cet. 12, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004.

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Ed. I, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005.

Published

2021-12-30

Versions

How to Cite

Perkembangan Psikologis Anak Usia Pendidikan Dasar; Emosional, Kognitif, dan Psikomotor. (2021). Jurnal Al-Fikrah, 10(2), 222-232. https://doi.org/10.54621/jiaf.v10i2.161