Metode TarjῙh Ulama SyᾹfi’iyyah Terhadap Perbedaan Pendapat Imam SyᾹfi’Ῑ
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiaf.v1i1.18Keywords:
Metode, Tarjīh, Syāfi’iyyah, Imam Syāfi’īAbstract
Dalam ranah bermazhab, pendapat yang boleh dijadikan pegangan di saat berfatwa atau beramal bukanlah diambil secara sembarangan dengan tanpa melihat keabsahannya dari segi keaslian dan kesesuaiannya dengan metode ijtihad yang ditetapkan oleh imam mazhab. Tetapi untuk keperluan tersebut telah ditetapkan aturan yang berbentuk hirarki dalam berfatwa dan beramal. Artinya, jika seseorang ingin mengetahui fatwa atau jawaban dari sebuah mazhab yang dianggap merepresentasikan mazhab tertentu, maka mesti ia melihat pendapat yang telah diakui kalangan mazhab tersebut sebagai pendapat yang muktabar/mu’tamad (diakui) dalam mazhab. Sebab, faktanya imam mazhab bisa saja mempunyai beberapa pandangan dalam sebuah masalah, seperti halnya Imam Syāfi’ī (w. 204 H) yang memiliki dua pendapat, baik yang dikenal dengan istilah qawl qadīm (pendapat lama), dan qawl jadīd (pendapat baru), qawl azhhar dan muqābil-nya, (lawannya), maupun qawl masyhūr dan muqābi-nyal. Bahkan para mujtahid dalam mazhab ini kadangkala memiliki pendapat lain yang berbeda dengan pendapat imam mazhabnya. Oleh sebab itu, ulama yang hidup pada abad VI H lebih mengarahkan perhatian mereka untuk berijtihad dalam upaya men-tarjīh berbagai pendapat imam mazhabnya maupun pendapat para mujtahid dalam mazhabnya yang saling bertentangan, hingga pendapat tersebut dianggap pendapat yang mewakili mazhab secara keseluruhan. Atau setidaknya menjadi pendapat yang dianggap sebagai pendapat terkuat yang diakui oleh mazhab. Para ulama yang menulis tentang thabaqāth a-l fuqahā` menyebut ulama jenis ini dengan sebutan mujtahid tarjīh, mujtahid tanqīh dan mujtahid fatwā. Dalam mazhab Syāfi’ī, ulama yang dianggap telah memberikan kontribusi sangat besar dalam men-tarjīh pendapat-pendapat yang saling bertentangan adalah al-Rāfi’ī (w. 623 H) dan al-Nawawī (w. 676 H) karena keduanya sangat selektif dalam menyaring pendapat yang sah dinisbatkan kepada al-Syāfi’ī dan memiliki metode tarjīh yang paling kuat, ilmiah, sistematis, integratif, serta lebih sesuai dengan kaidah-kaidah mazhab Syāfi‘ī. Dengan tidak bermaksud mengurangi kontribusi para ulama Syāfi’iyyah sebelum masa keduanya, namun kenyataan menunjukkan bahwa para ulama Syāfi’iyyah sebelum masa keduanya lebih banyak mengarahkan perhatian mereka kepada pengembangan pendapat al-Syāfi’ī dan metodologinya, sedangkan kedua mujtahid tarjīh ini lebih memfokuskan kepada aspek pen-tarjīh-an pendapat-pendapat yang saling bertentangan. Hal itu dilakukan keduanya karena tuntutan normatif dalam mengikuti pendapat ulama mazhab. Oleh karenanya, kedua mujtahid tarjīh ini merumuskan metode-metode yang dipakai dalam menguatkan salah satu pendapat yang saling berseberangan, sehingga hasil pen-tarjīh-an keduanya dipandang paling kuat dalam mazhab Syāfi’ī.
References
Abdurraman al-Syarqawi, Riwayat Sembilan Imam Fiqh, (Terjm: H.M.H. Al-Hamid al-Husaini), Judul Asli: A`immah al-Fiqh al-Tis’ah, Cet. I, Bandung: Pustaka Hidayah, 2000;
Abu Ameenah Bilal Philips, Asal-usul dan Perkembangan Fiqh: Analisis Historis atas Mazhab,Doktrin dan Kontribusi, (Terjm: M. Fauzi Arifin), Judul Asli: The Evolutionof Fiqh: Islamic law and the Madhabs, Cet. I, Bandung: Nusamedia dan Nuansa, 2005;
Ahmad Nahrawī ‘Abd al-Salām, al-Imām al-Syāfi’ī fī Madzhabaih al-Qadīm wa al-Jadīd, Cet. II, Kairo: tp, 1994;
Akram Yūsuf ‘Umar al-Qawāsimī, al-Madkhal ilā Madhhab al-Imām al-Syāfi‘ī, Cet. I, Amman: Dār al-Nafā’is, 2003;
Al-Asnawī, Jamāl al al-Dīn ‘Abd al-Rahīm, Nihāyah al-Sūl Syarh Minhāj al-Wushūl fī ‘ilm al-Ushūl, Cet. I, Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1999;
Al-Hafnawī, Muhammad Ibrahīm, al-Fath al-Mubīn fī Ta’rīf Mushthalahāt al Fuqahā` wa al-Ushūliyīn, Cet. II, Kairo: Dār al-Salām, 2007;
‘Alī Jum’ah Muhammad, al-Madkhal ilā Dirāsah al-Madzāhib al-Fiqhiyyah, Kairo: Dār al-Salām, 2001;
Al-Kurdī, Muhammad ibn Sulaymān, al-Fawā`id al-Madaniyyah fī man Yuftā bi Qawlih min A`immah al-Syāfi’iyyah, Cet. I, Damaskus: Dār Nūr al-Shabāh, 2011;
Al-Marbawī, Muhammad Idrīs, Qāmūs Idrīs al-Marbawī; ‘Arabī-Melayu, Cet. V, Ttp: Dār Ihyā` al-Kutub al-‘Arabiyyah Indūnīsiyya, tt;
Al-Māwardī, Abī al-Hasan ‘Alī ibn Muhammad, al-Hawī al-Kabīr Syarh Mukhtashar al-Muzanī, Jld. I, Beirut: Dār al-Fikr, 1994;
Al-Nawawī, Muhyī al-Dīn Yahyā ibn Syarf, Muqaddimah al-Majmū’ Syarh al-Muhadzdzab, Tahqīq: Muhammad Najīb al-Muthī’ī, Jld. I, Cet. I, Beirut: Dār Ihyā` al-Turats al-‘Arabī, 2001;
Al-Qulyūbī, Syihāb al-Dīn, Hāsyiah al-Qulyūbī ‘alā Syarh al-Minhāj, Jld. I, Cet. I, Kairo: Dār Ihyā` al-Kutub al-‘Arabiyyah, 1922;
Al-Rāzī, Fakhr al-Dīn Muhammad ibn ‘Umar, al-Mahshūl fī ‘Ilm Ushūl al-Fiqh, Tahqīq: ‘Adil Ahmad ‘Abd al-Maujūd, Jld. IV , Cet. I, Riyadh: Maktabah Nizār Mushtafā al-Bāz, 1997;
Al-Saqāf, Sayid ‘Alwī ibn Ahmad, Fawāid al-Makkiyyah fī mā Yahtājuhu Thulabat al-Syāfi’iyyah dalam Majmū’ah Sab’ah Kutub Mufīdah, Jeddah: Al-Haramain, tt;
Al-Syāfi’ī, Muhammad ibn Idrīs, al-Risālah, Tahqīq: Ahmad Muhammad Syākir, Kairo: Dār Ihyā` al-Kutub al-‘Arabiyyah, tt;
Al-Syairazī, Abū Ishaq Ibrahīm ibn ‘Alī, al-Tabshirah fī Ushul al-Fiqh, Tahqīq: Muhammad Hasan Hitū, Damaskus: Dār al-Fikr, tt;
Al-Syawkanī, Muhammad ibn ‘Alī, Irsyād al-Fuhūl ilā Tahqīq al-Haq min ‘Ilm al-Ushūl, Beirut: Dār al-Fikr, tt;
Al-Zarkasyī, Badr al-Dīn Muhammad, al-Bahr al-Muhith fī Ushūl al-Fiqh, Ta’līq: Muhammad Tāmīr, Jld. IV, Cet. II, Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2007;
‘Arafāt ‘Abd al-Rahmān al-Maqdī, Tabshirah al-Muhtāj bimā Khafiyā min Mushthalah al-Minhāj, Cet. I, Kuwait: Dār al-Dhiyā`, 2014;
Fahd ‘Abd Allāh al-Habīsyī, al-Madkhal ilā Madzhab al-Imām al-Syāfi’ī, Ttp: Tp, tt;
Ibn al-Subkī, Tāj al-Din ‘Abd al-Wahhāb, Jam’ al-Jawāmi’, Jld. II, Semarang: Toha Putera, tt;
Ibn Hajar al-Haytamī, Syihāb al-Dīn Ahmad ibn Hajar, Tuhfah al-Muhtāj bi Syarh al-Minhāj, Jld. I, Beirut: Dār al-Fikr, tt;
Imron Rosyadi, Tarjīh Sebagai Metode: Perspektif Usul Fiqh, Jurnal Ishraqi: Volume 1, Nomor 1, Januari 2017;
Lahmuddin Nasution, Pembaruan Hukum Islam Dalam Mazhab Syafi’i, Cet. I, Bandung Remaja Rosdakarya, 2001;
Published
Versions
- 2020-06-30 (4)
- 2022-03-27 (3)
- 2022-03-27 (2)
- 2020-07-07 (1)
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Al-Fikrah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.