Eksistensi Majlis Ta’lim Dalam Membina Pemahaman Keagamaan Masyarakat Desa Keude Jeunieb Kabupaten Bireuen
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiaf.v9i1.19Keywords:
Eksistensi, Majlis Ta’lim, Pemahaman MasyarakatAbstract
Majelis Ta’lim merupakan wadah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pendidikan mereka sendiri. Fenomena yang terjadi di desa keude Jeunieb kecamatan Jeunieb kabupaten Bireuen masyarakat mendapatkan pembinaan keagamaan rutin dalam seminggu sekali melalui Majlis Ta’lim. Namun pembinaan keagamaan mingguan tersebut sangat sedikit pengaruhnya untuk meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembinaan keagamaan pada Majlis Ta’lim desa Keude Jeunieb kecamatan Jeunieb kabupaten Bireuen serta pengaruhnya terhadap peningkatan keagamaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: metode pembinaan keagamaan yang diterapkan pada Majlis Ta’lim desa Keude Jeunieb kabupaten Bireun adalah metode ceramah dan tanya jawab. Metode ceramah digunakan disaat guru menerangkan materi pelajaran, sedangkan metode tanya jawab dilakukan setelah guru menerangkan materi pelajaran, ruang lingkup tanya jawab tidak dibatasi pada masalah yang sedang diajarkan. Pembinaan keagamaan pada Majlis Ta’lim desa Keude Jeunieb Kecamatan Jeunieb kabupaten Bireuen dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dapat memberi pengaruh terhadap peningkatan pendidikan agama masyarakat, karena dengan dua metode tersebut dapat memberi pemahaman keagamaan kepada masyarakat mudah, sekaligus masyarakat dapat bertanya langsung kepada guru tentang hal-hal yang belum ia pahami, sehingga masyarakat memperoleh tambahan ilmu pengetahuan agama.
References
Abdurrahman An-Nahlawi, Prinsip-prinsip Dan Metode Pendidikan Islam Dalam Keluarga, Sekolah dan Masyarakat, Bandung: Diponegoro, 1997.
Ahmad Dien Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Al-Ma’arif, 1989.
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung, Rosdakarya, 1992.
Dokumen Profil Desa Keude Jeunieb Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen tahun 2020
Hujair AH. Sanaky, Paradigma Pendidikan Islam, Membangun Masyarakat Madani Indonesia, Yogyakarta: Safiria Insani Press, 2003.
Hadari Nawawi, pendidikan dalam Islam, algensindo, Surabaya: Al-Ma’arif, 1993.
Hasbullah, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada,1996.
Hasil observasi peneliti di Desa Keude Jeunieb Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen, tanggal 8 Mei 2020.
Hasil wawancara dengan Bapak Anwar Keusyik desa Keude Jeunieb Kabupaten Bireuen pada tanggal 20 Mei 2020.
Hasil Wawancara dengan M. Rijal masyarakat Keude Jeunieb Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen pada tanggal 23 Mei 2020
Hasil wawancara dengan Muhammad Iqbal anggota Majlis Ta’lim desa Keude Jeunieb tanggal 24 Mei 2020
Hasil wawancara dengan Muhammad Rizki anggota Majlis Ta’lim desa Keude Jeunieb kecamatan Jeunieb kabupaten Bireuen pada tanggal 22 Mei 2020
Hasil wawancara dengan tgk M. Tayeb, imum desa Keude Jeunieb kecamatan Jeunieb kabupaten Bireuen pada tanggal 21 Mei 2020
Lexy J, Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2007
M. Arifin, Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Jakarta: Bumi Aksara,1993.
Maimunah Hasan, Al-Qur`an Dan Pengobatan Jiwa, Yogyakarta: Bintang Cemerlang, 2001.
Nurul Huda dkk, Pedoman Majelis Ta’lim, Jakarta: Proyek Penerangan Bimbingan Dakwah Khutbah Agama Islam Pusat, 1994.
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta: Asdi Mahasatya, 2005.
Zakiah Daradjat, dkk., Membina Nilai-nilai Moral di Indonesia, buku Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pustaka Ilmu, 2001.
Zakiah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 1999
Published
Versions
- 2020-06-30 (3)
- 2020-06-30 (2)
- 2020-07-07 (1)
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Al-Fikrah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.