Karakteristik Anak Usia Pendidikan Menengah
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiaf.v11i1.229Keywords:
Karakteristik, Anak, MenengahAbstract
Pendidikan merupakan kunci utama bagi manusia dan dianggap sebagai bidang yang paling strategis untuk mewujudkan kesejahteraan nasional. Pendidikan dimulai dari tingkat dasar sampai jenjang pendidikan tinggi bertujuan untuk mencetak/menghasilkan Sumber Daya Manusia yang unggul. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik anak usia pendidikan menengah meliputi masa remaja awal dan masa remaja akhir. Pendekatan yang digunakan dalam kajian ini adalah pendekatan deskriptif. Adapun hasil temuan menunjukkan bahwa masa remaja (masa anak usia pendidikan menengah) adalah masa pencarian dan penjelajahan identitas diri yang sangat membutuhkan kepada pembinaan dan bimbingan yang terarah agar mereka bisa hidup dengan baik.
References
Abdul Mujid dan Jusuf Mudzakkir, Nuansa-nuansa Psikologi Islam, Cet, I, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
Abin Syamsuddin Makmun, Psifiologi Kependidikan; Perangkat Sistem Pengajaran Modul, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2003.
Agus Sujanto, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Anwar Sanusi, Metodologi Penelitian Bisnis, Jakarta : Salemba Empat, 2016.
Burhanuddin Salam, Pengantar Pedagogik; Dasar-dasar Ilmu Mendidik, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarata : PT Bumi Aksara, 2013.
Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
V.Wiratna Sujarweni, Metodeologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Perss, 2014.
Zakiah Daradjad, Ilmu Jiwa Agama, Cet ke-VII, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Zinuddin, Seluk Beluk Pendidikan Menurut al-Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Al-Fikrah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.