Peran Guru Sebagai Motivator Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Amiruddin Abdullah Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Zulfan Fahmi Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiaf.v11i1.259

Keywords:

Guru, Motivator, Hasil Belajar

Abstract

Peran guru bukan sekedar mengarahkan dan memberikan materi pembelajaran  akan tetapi guru harus bisa berperan sebagai motivator kepada anak didik, dengan adanya guru memberikan motivasi kepada anak didik, sungguh akan menjadi pengaruh terbesar dalam mencapaikan hasil belajar yang di inginkan. Siswa dari malas menjadi rajin, dari bodoh menjadi cerdas, dari nakal menjadi patuh dan dari gagal menjadi berhasil. Itu semua akan ada dengan adanya guru selalu menaburkan motivasi kepada anak didikannya agar untuk bisa bertumbuh berbagai keberhasilan dan  minat yang mantap dalam mencapai hasil belajar yang diharapkan untuk bisa menjadi manusia yang berbakat dan cerdas bagi agama dan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran guru sebagai motivator dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Kajian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan untuk mencari sumber-sumber yang sesuai dengan tema ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran guru dalam memotivasikan siswa sangatlah penting, khususnya bagi siswa yang memiliki motivasi lemah. Hasil belajar yang di inginkan, tergantung bagaimana sistem guru dalam meningkatkan hasil belajar santri agar terlebih afektif dan bermutu dan metode apa saja guru dalam menggembangkan materi pembelajaran agar mereka tidak jenuh dan selalu bergairah diberbagai situasi dan kondisi sehingga menjadikan mereka manusia yang cerdas dan berprestasi. Tugas guru selalu memberikan motivasi dalam tujuan belajar, dan memberikan nasehat yang bisa melunakkan hati para murid dari nakal menjadi patuh, dari malas menjadi rajin, dari bodoh menjadi cerdas, dari gagal menjadi berhasil.

References

Abudin Nata, Perspektif Islam Tentang Hubungan Guru dan Murid: Studi Pemikiran Tasawuf Al-Ghazali, Jakarta: Raja Grafindo Bersaba, 2001.

Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan, Cet. III, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2007.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989.

Dimyanti dan Munjiono, Belajar dan Pembelajaran, Cet. IV, Jakarta: Rineka, 2009.

M. User Usman, Menjadi Guru Professional, Cet. VIII, Bandung: Rosdakarya, 1997.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persaba, 2006.

Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: Redifa Aditama, 2010.

Permen Diknas, Undang-Undang SISDIKNAS: UU RI NO 20. Tahun 2003, Jakarta: Redaksi Dinar Grafika, 2009.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2010.

Rina novia, Super Teacher Super Student, Cet. 1, Jakarta: Rawamagun, 2010.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Cet. III, Jakarta: Rajawali Pers, 1990.

Siti Aisyah, belajar dan pembelajaran, Ed. V, Jakarta: Erlangga, 2007.

Sofyan S Willis, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Suparlan, Menjadi Guru Efektif, Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2005.

Suparlan, Wawasan Pendidikan: Sebuah Pengantar Pendidikan, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2008.

Tim Penyusun, Undang-Undang RI No. 20, Tahun, 2003: Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Cet. VIII, Jakarta: Kencana, 2011.

Published

2022-06-29 — Updated on 2022-03-27

Versions

How to Cite

Abdullah, A., & Fahmi, Z. (2022). Peran Guru Sebagai Motivator Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Al-Fikrah, 11(1), 29-44. https://doi.org/10.54621/jiaf.v11i1.259 (Original work published June 29, 2022)