Ta’addud Jum’at Dalam Perspektif Syafi’iyyah

Keywords:

Jum’at, Perspektif, Syafi’iyyah

Abstract

Shalat Jum’at adalah ibadah shalat yang dilakukan setiap hari Jum’at secara berjama’ah pada waktu zhuhur sebanyak dua raka’at setelah khutbah Jum’at, hukumnya adalah Fardhu ‘ain atas setiap laki-laki yang Islam, balig, berakal, merdeka, muqim/ mustauthin (menetap pada balad jum’at) dan tidak dalam keadaan sakit atau musyaqqah. Ibadah ini menggambar sebagai syi’ar Islam dan Simbol persatuan sesama Umat Islam dengan berkumpul bersama, beribadah bersama dengan barisan shaf yang rapat dan rapi. dan menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antar sesama manusia. Semua sama antara yang miskin, kaya, tua, muda, pintar, bodoh, dan lain sebagainya. Ibadah shalat Jum’at memiliki tatacara dalam pelaksanaannya dan memiliki syarat wajib dan syarat sah Jum’at, salah satu diantara beberapa syarat sah Jum’at adalah tidak boleh terjadi ta’addud dalam satu balad selama tidak ada uzur yang merukhsahkan boleh terjadi ta’addud. Unsur tempat merupakan aspek tinjauan utama, dimana dalam terminologi syafi’iah diistilahkan dengan Misran, Balad dan Qaryah yang ketiga-tiganya memiliki definsi masing-masing. Hubungannya dengan struktur wilayah sekarang, kriteria Misran berada di Propinsi dan Kabupaten/Kota, Balad di tingkat Kecamatan, dan Qaryah di tingkat Desa. Bilapun terjadi ta’addud pada tempat yang tidak dibenarkan terjadi ta’addud, maka salah satu ada yang tidak sah dan wajib mengulangi shalat Jum’at bila waktu mencukupi, atau melaksanakan shalat zuhur dengan menambahkan dua raka’at. dan yang sah adalah Jum’at yang lebih awal mengakhiri takbratul ihram imamnya. yaitu selesai membaca huruf Ra pada Allahu Akbar. Wajib melaksanakan shalat zuhur bagi kedua jama’ah shalat jum’at yang menyakini ada yang lebih awal melaksanakan shalat Jum’at, tetapi tidak mengetahui mana yang lebih awal. Karena kejadian seperti itu dianggap perbuatan yang samar-samar antara ibadah fasid (tidak sah) dengan ibadah saheh (sah).

References

Al-Qur’anul Karim

Abdurrahman Jaziri, Fiqh Ala Mazahibil Arba’ah, Kairo, Darul Hadits, Jilid I, 2004

Abdul Wahab Khallaf, Ilmu Ushul Fiqh, Jakarta, Aneka Pencipta, 1999

Abi Husni Damsyiqi, Kifayatul Akhyar, Surabaya: Darul Ilmi, tt.

Abi Zakaria Muhyeddin Al-Nawawi, Majmu’ Syarah Muhazzab, Jilid

IV, Bairut: Darul Fikri, tt

Alaidin Koto, Ilmu Fiqh dan Ushul Fiqh (sebuah pengantar), Cet. I,

Jakarta: Raja Grafindo Persada, tt

http://hadith.al-islam.com/Display/Display.asp?Doc=3&Rec=2300 http://hadith.al-islam.com/Display/Display.asp?Doc=4&ID=1584

&SearchText=اااااا%20اا%20اااا&SearchType=root&Scope= all&Offset=0&SearchLevel=QBE

http://id.wikipedia.org/wiki/Fardhu_%27Ain http://organisasi.org/khulafaurrasyidin_nama_dan_prestasi_khali-

fah_allah_pengertian_definisi_dan_masa_pemerintahan Ibnu ‘Araby, Ahkamul Qur an, Bairut: Darul Jil, 1987.

Ibnu Hajar Al-Haitamy, Tuhfatl Muhtaj, Bairut: Darul Ihya, tt Imam Al-Ghazali, Ihya `Ulumuddin, Bairut: Darul Kutub: 1997

Imam Az-Zabidi, Ringkasan Shahih Bukhari, (Bandung: PT. Mizan

Pustaka, 2006

Imam Ramli Al-Anshary, Nihayatul Muhtaj, Bairut: Darul Kutub, Jilid

II, Cet.III, 2005.

Jalaluddin Al Mahalli, Qalyuby Wal ‘Umairah, Jilid I, Indonesia: Darul

Ihyak, tt.

Jalaluddin Rahmad, Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: Remaja

Rosda Karya, 2004) hlm. 24

Khathib Syarbaini, Mugniyul Muhtaj, Bairut: Darul Ihyak, tt.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja

Rosda Karya,2005) hlm. 4

M. Nashiruddin Al-Albani, Ringkasan Shahih Muslim, Jakarta: Gema

Insani, 2005

Mahmud Yunus, Tafsir Qur an Karim, Cet. 73, Jakarta: Hidakarya

Agung, 2004

Muhammad Dhahiri Irsyadillah, Fadhailul Jum’at Khashaishuha wa Ahamuha, Cet. III, Makkah Mukarramah: Nizar Mustafa Al-Bar- ri, 2000.

Muhammad Jarjani, Ta’rifat, Jeddah: Singqqpurah, 2001 Muhammad Marsufi, Bujairimi, Bairut: Darul Fikri, tt.

Sulaiman Rasyid, Fiqh Islam, Cet. 17, Jakarta: Attahiriyah, tt.

Syiarjuddin Abbas, 40 Masalah Agama, Cet.20, Jakarta: Pustaka Tar- biyah, 1997

Tajuddin Abdul Wahab bin Subki, Matan Jam’ul Jawamik, Jilid II, In-

donesia: Darul Ihyak, tt

Wahbah Zuhaili, Al-Fiqh Islam waa Adillatuhu, Bairut: Darul Fikri,

Jilid II, Cet.IV 1984.

Yayasan Penyelenggara Penterjemahan Al-Qur an, Al-Qur’an dan Ter- jemahannya, Madinah, tt.

Published

2012-06-30 — Updated on 2012-06-30

Versions

How to Cite

Ta’addud Jum’at Dalam Perspektif Syafi’iyyah. (2012). Jurnal Al-Fikrah, 1(1), 7-24. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiaf/article/view/282