Tinjauan Fiqh Syafi’iyyah Terhadap Kebolehan Perempuan Menjadi Wakil Talak
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiaf.v9i2.30Keywords:
Perempuan, Talak, WakilAbstract
Talak adalah hak yang sepenuhnya ada di tangan suami setelah pernikahan berlangsung. Seorang laki-laki setelah melakukan akad nikah mempunyai hak talak tiga terhadap isterinya, tetapi tidak demikian halnya bagi isteri. Hak untuk menjatuhkan talak melekat pada orang yang menikahinya. Apabila hak seorang suami menikahi orang perempuan untuk dijadikan sebagai isteri, maka yang berhak menjatuhkan talak adalah orang laki-laki yang menikahinya. Dalam Islam khususnya Fiqh Syāfi’iyyah dikenal adanya bentuk mewakilkan urusan kepada pihak lain, yang dikenal dengan istilah wakalah yang bermakna al-tafwīd yang mengandung maksud sebagai penyerahan atau pemberian mandat. Seorang wakīl disyaratkan merupakan orang yang diperbolehkan melakukan perbuatan sebagaimana diperintahkan oleh orang yang mewakilkan, dalam artian segala perbuatan yang boleh dilakukan untuk dirinya sendiri maka boleh diwakilkan kepada orang lain. Sehingga timbul sebuah kemusykilan bagaimana halnya jika seorang laki-laki (suami) mewakilkan talak kepada seorang perempuan untuk mentalakkan istrinya, sedangkan talak merupakan hak prerogratif suami untuk mengucapkannya, dan secara hukum perempuan tidak boleh melakukan talak untuk dirinya sendiri.
References
Abdurrahman al-Jazirī, Fiqh ‘Alā al-Mazāhibi al-Arba’ah, Beirut: Dar al-Fikr, 2001.
Abī Ishāq al-Syairazi, al-Muhadzdzab Fī Fiqhi al-Imām al-Syāfi’ī, Juz II, Maktabah Syamilah Ishdar 3.8 v. 10600, 2009.
Abī Muhammad Abdullah bin Ahmad bin Mahmud bin Qudamah, al-Mughnī, Jld. VIII, Maktabah Syamilah Ishdar 3.8 v. 10600, 2009.
Abū Dāud Sulaiman bin al-Asy’ats al-Sijistanī, Sunan Abū Dāud, Juz 6, Maktabah Syamilah Ishdar 3.8 v. 10600, 2009.
Al-Imām Abī Qāsim ‘Abd al-Karīm Ibn Muhammad al-Rafi’ī, Fathu al-‘Aziz al-Syarhu al-Wajīz, Juz 11, Maktabah Syamilah Ishdar 3.8 v. 10600, 2009.
Chaerul Uman, Ushul Fiqh 1, Bandung: Pustaka Setia, 1998.
Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Diponegoro, 2008.
Djaman Nur, Fiqhi munakahat, Cet. I, Semarang: Dina Utama, 1993.
Munawir Sjadzali, Kompilasi Hukum Islam Di Indonesia, Jakarta: Kementrian Agama, 2000.
Rachmat Syare’i, Ilmu Ushul Fiqh, Cet. III, Bandung: Pustaka Setia, 2007.
Sayyid Muhammad Munir, ‘Idadu al-Marāti al-Muslimah, Kairo: Dar al-Kutub, 2002.
Sayyid Sabiq, Fiqih Sunnah, Juz II, Jakarta: Pena Pundi Aksara, 2006.
Syarbaini al-Khatūb, al-Iqnā' Fī Hilli al-Fādhi Abī Syujā', Juz II, Semarang: Toha Putra, tt.
Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islam Wa Adillatuhu, Juz IX, Damaskus: Dar al-Fikr, 1996.
Zakariyya al-Ansari, Syarh Attahrir, Juz II, Jeddah: Haramain, tt.
Published
Versions
- 2020-12-30 (2)
- 2020-12-28 (1)
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Al-Fikrah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.