Peranan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum
Keywords:
Peranan, Pengembangan, KurikulumAbstract
Kualitas proses dan hasil pembelajaran di sekolah sangat ditentukan oleh kepala sekolah dalam mengembangkan kurikulum di sekolahnya. Oleh karena itu selalu dijumpai sekolah-sekolah yang setelah terjadi pergantian kepalanya sekolah tersebut proses dan hasil pembelajaranya menjadi lebih baik atau sebaliknya ia menjadi lebih buruk . Dengan demikian dapat diketahui bahwa di sekolahnya kepala sekolah harus benar-benar berperan dalam memberikanpetunjukdanpengawasanterhadapteampengembang kuriklum di sekolahnya. Ia juga bertanggungjawab terhadap relevansi antara kondisi dan kebutuhan masyarakat di sekitar sekolah dengan kurikulum sekolahnya . Kepala sekolah sebagai manajer harus mampu merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, memimpin, mengendalikan dan mendayagunakan setiap unsur dalam organisasi sekolah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan sebagai administrator ia harus mampu membuat relevansi antara pengembangan kurikulum dengan administrasi anak didik, personalia, sarana, keuangan, bimbingan dan konseling dan daya dukung lainnya. Kepala sekolah sebagai innovator harus juga mampu membuat hubungan dengan pihak-pihak lain seperti pusat pengembangan kurikulum, lembaga penelitian, perguruan tinggi, lembaga-lembaga ilmu pengetahuan, perusahaan-perusahaan swasta baik dalam negeri maupun luar negeri untuk mencari model-model pembelajaran baru yang memungkinkan untuk dikembangkan di sekolahnya. Kepala sekolah sebagai pendidik harus mampu membina mental, moral dan fisik tenaga kependidikan di sekolahnya sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Kepala sekolah sebagai motivator harus memiliki strategi yang tepat untuk menguatkan komitmen semua pihak untuk menjadikan ide pengembangan itu terwujud. Kepala sekolah sebagai supervisor harus mampu memberikan bantuan kepada guru dalam membuat program- program pembelajaran bukan hanya memberikan perintah dan sanksi hukum.
References
Daryanto. Administrasi Pendidikan. Jakarta, Rineka Cipta. Cet. IV.
E. Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung, Remaja Ros- dakarya. Cet. IV. 2005.
Hilda Taba. Curriculum Development Theory and Practice. New York: Harcourt, Brace & World, Inc, 1962.
Jamaluddin Idris. Analisis Kritis Mutu Pendidikan. Banda Aceh. Taufiqi- yah Sa’adah, 2005.
Laurie Brady. Curriculum Development. Victoria, Brown Prior Ander- son Pty Ltd, Third Edition, 1990.
Nana Syaodih Sukmadinata. Pengembangan Kurikulum Teori dan Prak- tek. Bandung, Remaja Rosdakarya, Cet. VI. 2004.
S. Nasution. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta, Bumi Aksara, Cet. V. 2003.
Wina Sanjaya. Kurikulum dan Pembelajaran. Medan. Kencana Prenada Media Group. Cet. II. 2009.
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.