Fenomena Madzhab Fikih
(Faktor Kelahiran Madzhab Fikih dan Legalitasnya dalam Ber-taqlid)
Keywords:
Madzhab, Fikih, LegalitasAbstract
Pendapat dan pemikiran para imam madzhab merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab moral mereka atas berbagai persoalan umat yang membutuhkan kejelasan hukum dari fikih. Di samping hasil ijtihad mereka terkadang sama, tidak jarang pula terjadinya perbedaan. Pada dasarnya perbedaan itu hanya sebatas perbedaan pendapat di antara seorang mujtahid dengan mujtahid lainnya. Selanjutnya, setelah pendapat dan jalan pikiran para imam madzhab dijadikan sebagai pegangan dalam fikih oleh para pengikutnya, lantas pendapat dan jalan pikiran tersebut menjadi seperti doktrin dan begitu mengkristal di kalangan para pengikut. Saat itulah berbagai madzhab fikih mulai dikenal dengan menyandarkannya kepada nama daerah tertentu atau nama imam madzhab yang diikuti. Secara lebih spesifik, lahirnya berbagai madzhab fikih tidak terlepas dari faktor teologis, geografis, metodologis, dan sosiologis. Dalam memandang fenomena madzhab fikih yang berkembang untuk dijadikan ikutan, para ulama menetapkan setelah melakukan berbagai penelitian yang mendalam bahwa madzhab yang boleh diikuti terbatas pada empat madzhab saja yakni Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hanbali. Pada sisi yang lain, dengan memahami asal-usul dan arus pemikiran madzhab-madzhab fikih diharapkan kita mampu bersikap toleransi atas berbagai perbedaan pendapat, selama perbedaan itu berada dalam ruang lingkup madzhab yang mu’tabar, tanpa mengesampingkan aturan-aturan yang berkaitan dengan taqlid.
References
Abdul Wahab Khallaf, Sejarah Pembentukan dan Perkembangan Hukum Islam, (Terjm: Wajidi Sayadi), Judul Asli: Khulashah Tarikh al- Tasyri’ al-Islami, Cet. I, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001;
Abu Ameenah Bilal Philip, Asal-Usul dan Perkembangan Fikih, (Terjm: M. Fauzi Arifin), Judul Asli: The Evolution of Fikih: Islamic Law and the Madhabs, Cet. I, Bandung: Nusamedia, 2005;
Ahmad al-Khathib, al-Nufahat ‘ala Syarh al-Waraqat, Jeddah: al- Haramain, tt;
Ahmad hasan, Pintu Ijtihad Sebelum Tertutup, (Terjm: Agah Garnadi), Judul Asli: The Early Development of Islamic Jurisprudence, Cet. II, Bandung: Penerbit Pustaka, 1994;
Ali Khafif, Asbab Ikhtilaf al-Fuqaha`, Kairo: Dar al-Fikr al-‘Arabi, tt;
Al-Mawaridi, al-Hawi al-Kabir fi Fikih Madzhab al-Imam al-Syafi’i, Jld. III, Beirut : Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1999;
Al-Nawawi, Abi Zakariyya Yahya ibn Syarf, Irsyad Thullab al-Haqa`iq ila Ma`rifah Sunan Khair al-Khala`iq, Cet. II, Beirut: Dar al-Basya`ir al-Islamiyyah
Al-Sya’rani, ‘Abd al-Wahab ibn Ahmad, al-Mizan al-kubra, Jld. I, Ja- karta: Dar al-Hikmah, tt;
Al-Syarwani, ‘Abd al-Hamid, Hasyiyah al-Syarwani ‘ala Tuhfah al- Muhtaj, Jld. X, Beirut: Dar al-Fikr, tt;
A. Qodri Azizy, Reformasi Bermazhab, Cet. III, Jakarta: Teraju, 2004;
Harun Nasution, Teologi Islam; Aliran-Aliran Sejarah Analisa Perbandin- gan, Cet. V, Jakarta: UI-Press, 1986;
Huzaemah Tahidi Yanggo, Pengantar Perbandingan Mazhab, Cet. II, Ja- karta: Logos Wacana Ilmu, 1999 ;
Ibn al-Shalah, Abi ‘Amr ‘Utsman ibn ‘Abd al-Rahman, Muqaddimah Ibn al-Shalah fi ‘Ulum al-Hadits, Cet. II, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2006;
Fatawa Ibn al-Shalah, Tahqiq: Sa’id Muhammad Sanari, (Kairo: Dar al-Hadits, 2007;
Ibn al-Subki, Taj al-Din, Jam’ al-Jawami’, Jld. II, Semarang: Toha Putra, tt;
Ibn Hajar al-Haytami, Syihab al-Din Ahmad ibn Hajar, al-Fatawa al- Kubra al-Fikihiyyah, Jld. IV, Beirut: Dar al-Fikr, tt;
Syihab al-Din Ahmad ibn Hajar, Tuhfah al-Muhtaj bi Syarh al- Minhaj, Jld. X, Beirut: dar a-Fikr, tt;
Idris Abd al-Rauf al-Marbawi, Qamus Idris al-Marbawi; Araby-Melayu, ttp: Dar Ihya` al-Kutub al-‘Arabiyyah Indonesia, tt;
Imam al-Haramain, Abu al-Ma’ali ‘Abd al-Malik ibn ‘Abd Allah, al-Waraqat fi Ushul al-Fikih, Jeddah: al-Haramain, tt;
‘Izz al-Din ibn ‘Abd al-Salam, Kitab al-Fatawa, Ta’liq: ‘Abd al-Rahman ibn ‘Abd al-Fattah, Cet. I, Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1986;
Jalaluddin Rahmat, Tinjauan Kritis Atas Sejarah Fikih, Artikel yayasan Paramadina,www.Media.Isnet.org/islam/paramadina/kon-teks/sejarahfikih01.html. Diakses pada 10 juni 2010;
Muhammad Ali As-Sayis, Sejarah Fikih Islam, (Terjm: Nurhadi AGA), Judul Asli: Tarikh al-Fikih al-Islami, Cet. I, Jakarta: Pustaka Al- Kautsar, 2003;
Muhammad Khudhari Bik, Tarikh Tasyri’ al-Islami, Jeddah: Al-Hara- main, tt;
Muhammad Mushthafa Syalabi, al-Madkhal fi al-Fikih al-Islami, Cet. X, Beirut: al-Dar al-Jami’iyyah, 1985;
Muhammad Nur al-Din Merbau Banjar al-Makki, Ma’lumat TahammukbHaul, Cet. I, Kairo: Majlis Ihya` Kutub Turats al-Islami, 1994;
Muhammad Salam Madkur, al-Madkhal li al-Fikih al-Islami Tarikhuh wa Mashadiruh wa Nazhriyatuh al-‘Ammah, ttp: Dar al-Nahdhah al-‘Arabiyyah, 1960;
Mun’im A. Sirry, Sejarah Fikih Islam, Cet. I, Surabaya: Risalah Gusti, 1995;
M. Ali Hasan, Perbandingan Mazzhab Fiqih, Cet. I, Jakarta : Raja Grafin- do Persada, 1997;
Qasim Abdul Aziz Khomis, Aqwal al-Shahabah, Kairo : Maktabah al- Iman, 2002;
Romli SA, Muqaranah Mazahib fi al-Ushul, Cet. I, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1999;
Sayid ‘Abd al-Rahman ibn Muhammad, Bughyah al-Mustarsyidin fi Talkhis Fatawa ba’dh al-A`immah min al-‘Ulama` al-Muta`akhkhirin, Beirut: Dar al-Fikr, 1995;
Thaha Jabir Fayyad al-‘Alwani, Etika Berbeda Pendapat Dalam Islam, (Terjm: Ija Suntana), Judul asli: Adab al-Ikhtilaf fi al-Islam, Cet. I, Bandung: Pustaka Hidayah, 2001;
Wahbah al-Zuhaili, Ushul al-Fikih al-Islami, Jld. II, Cet. III, Ed. XIV, Damsyik: Dar al-Fikr, 2006;
Waliyullah al-Dahlawi, Lahirnya Madzhab-Madzhab Fikih, (Terjm: Mu- jiyo Nurkholis, Judul Asli: Al-Inshaf fi Bayan Asbab al-Ikhtilaf, Cet. IV, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1995.
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.