Implementasi Metode Iqra’dalam Meningkatkan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an

Authors

  • Murdani STAI Al-Aziziyah Samalang Bireuen Aceh

Keywords:

Implementasi, Metode, Pembelajaran

Abstract

Al-Qur’an adalah merupakan pedoman umat Muslim di dunia ini yang mewajibkan kepada kita semua untuk belajar dalam membaca dan menulis Al-Qur’an sejak kecil, karena pada fase awal masa anak sangat penting dalam penanaman pendidikan agama sejak dini melalui pembelajaran membaca dan menulis al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserach) dengan jenis kolaboratif partisipatoris, tehnik pengumpulan data dilakukan dengan dengan menggunakan observasi (aktivitas kelas, interview dan test sebagai data tambahan), wawancara dan dokumentasi. Data bersifat kualitatif dan peneliti sebagai instrumen kunci, banyak sekali metode yang digunakan dalam pembelajaran al-Qur’an seperti metode Qiraati, metode Iqra’, metode Tilawati, Metode At-Tartil dan sebagainya. Berdasarkan Latar Belakang diatas, maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu Bagaimana penerapan Metode Iqra’ . Apa kelebihan dan kekurangan Iqra’. Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat. Yang bertujuan menjelaskan penerapan metode Iqra’ dan menjelaskan kelebihan dan kekurangan Metode iqra’ serta faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan metode iqra’ dalam meningkatkan Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan dapat disimpulkan bahwa Metode iqra’ dapat meningkatkan pembelajaran baca Tulis al-Qur’an dengan didukung oleh pengelolaan kelas yang bervariatif, penggunaan startegi BCS (bermain, cerita dan selawat) serta harus didukung pula dengan media pembelajaran yang bervariatif.

References

Ahmadi, Abu, Metode Khusus Pendidikan Agama, Bandung: Armico,20 02.

Al-Munawar, Said Agil Husain. Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Aqib, Zainal, Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya, 2006.

Basori Alwi, M. 2001. Pokok-pokok Ilmu Tajwid cetakan ke XX. Singosari: Rahmatika, 2001.

Departemen Agama. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta:yayasan Penyelenggara Penterjemah/pentafsir Al-Qur’an.

Ghani, Djunaidi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UIN-Malang PRESS, 2008.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research II, Yogyakarta: Andi Offset, 1990.

Hamalik, Oemar, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Hisyam, Zaini, dkk, Strategi Pembelajaran Aktif), Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.

Human, As’ad, Iqro’; Cara Cepat Membaca Al-Qur’an. AMM Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional Team tadarrus 180, 2000.

Kasiram, Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN Malang Press, 2008.

Kusrini, Siti, Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Malang: IKIP, 1995.

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006

Moeleong, Lexi, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya, 2002

Mudzakir, Studi Ilmu Al-Qur’an. Jakarta:Mitra Kerta Jaya Indonesia,

(terjemahan dari kitab Mabahis fi ulumil Qur’an oleh Manna’ Khalil Al-Qattan cetakan ke 3 tahun 1973 penerbit Mansyurat al-asr al Hadis).

Mukhtar, Materi Pendidikan Agama Islam. Jayakarta: Direktorat pembinaan kelembagaan Agama Silam: Universitas Terbuka, 1996.

Munawar, Said Agil Husain, Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Mulyana, Dedi, Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Mulkhan, Paradigma Intelektual Islam, Pengantar Filsafat Pendidikan dan Dakwah. Yogyakarta : Sipres, 1993.

Nasution. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito, 1988.

Nata, Abuddin. Al-Qur’an dan Hadits”. Jakarta: RajaGrafindo Persada Partanto, Pius A.. 1994, Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola, 181, 1993.

Poerwadarminto, WJS, Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1982.

Rahman. H. R, Taufiqur, Metode Jibril Metode PIQ Singosari Bimbingan KH. M. Bashori Alwi, Malang: IKAPIQ Malang, 2005.

Rumidi, Sukandar, Metode Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2004.

Sadzili, Hasan, dkk, Tilawati; Metode Praktis Lancar Belajar Membaca Al- Qur’an untuk TK/TPA jilid 1 sampai 5. Surabaya : Nurul Falah, 2004.

Sarifuddin, Ahmad, Mendidik anak Menulis, membaca dan mencintai Al-Qur’an Jakarta:Gema Insani, 2004.

Sawitri, Pengembangan Silabus Mata Kuliah Keterampilan membaca (Lesen) untuk Mahasiswa peserta Kuliah bahasa Jerman, Skripsi, IKIP Malang, 1997.

Sirojuddin A, Tuntutan Membaca al-Qur’an dengan Tartil. Bandung: Mizan, 2005.

Shihab, Quraisy, Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan, 2002.

Sudjana, Nana, Proposal Penelitian di Perguruan tinggi. Jakarta: Sinar Baru Algensindo, 1992.

Sulthan, Muhadjir, Al-Barqi Belajar Baca Tulis huruf Al-Qur’’an. Surabaya: Sriwijaya, 1991.

Umar, Husein, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: RajaGrafindo, 1996.

Zarkasyi, Dahlan Salim, Qiroati; Metode Praktis Belajar Al-Qur’an Jilid 1 sampai 6, Semarang : Kp. Kebon Arum, 1989.

Published

2013-12-30

How to Cite

Murdani. (2013). Implementasi Metode Iqra’dalam Meningkatkan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Al-Fikrah, 2(2), 125-139. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiaf/article/view/313