Pengaruh Profesionalisme Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Muammar STAI Al-Aziziyah Samalang Bireuen Aceh

Keywords:

Profesionalisme, Motivasi, Guru

Abstract

ABSTRAKProfesionalisme guru adalah kondisi, arah, nilai, tujuan dan kualitas suatu keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran seorang guru sebagai tugas mata pencaharian. Profesionalisme guru yang dimaksud adalah profesionalisme guru PAI yaitu seorang guru yang memiliki keahlian khusus dalam PAI sehingga ia mampu melaksanakan dan memfungsikan serta bertanggung jawab atas tugasnya sebagai guru. Adapun Kompetensi yang harus dimiliki guru profesional adalah: Pertama, kompetensi kepribadian adalah kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia. Kedua, kompetensi pedagogik adalah kompetensi yang memiliki pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasi berbagai potensi yang dimilikinya. Ketiga kompetensi profesional adalah penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta pengusaan terhadap struktur dan metedologi keilmuannya. Keempat, kompetensi Sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasidan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang timbul dari diri siswa untuk mengikuti suatu pembelajaran karena menganggab sebagai kebutuhan yang harus dicapai secara maksimal oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti melakukan observasi di SMA Negeri 1 Muara Tiga, dokumentasi, wawancara dengan kepala sekolah dan guru bidang studi PAI dan pembagian angket kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara profesionalisme guru bidang studi PAI terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Muara Tiga sebesar 50% dan pengaruh dari faktor lain dipengaruhi sebesar 50%. 

References

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran ,Mengembangkan Standar Kompetensi, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Al-Jami’ As-sahih Lil Bukhari,(Cairo: Mataba’at Salafiah) Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.

Kunandar, Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Martinis Yamin, Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta, Gaung Persada, 2007.

Munif Chatib, Sekolahnya manusia: Sekolah berbasis Multipe Intelegences di Indonesia, Bandung: Mizan Pustaka, 2009.

Nursilo, Peningkatan Prestasi Sekolah Menengah, Surabaya: Insan Cendekia, 2002.

Pasal 1 ayat (4), Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2006.

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Pemula, Bandung: Alfabeta, 2005.

Shahih Bukhari, Karya dan Pemikirannya, Terjemahan Zainuddin Hamidy dkk, Jakarta: Widjaya, 1992.

Sri Suyanta, Spektrum Pendidikan Islam, Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2009.

Published

2013-12-30

How to Cite

Muammar. (2013). Pengaruh Profesionalisme Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Fikrah, 2(2), 140-163. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiaf/article/view/314