Eksistensi Madrasah Nizhamiyah Dalam Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiaf.v9i2.32Keywords:
Eksistensi, Madrasah Nizhamiyah, Pendidikan IslamAbstract
Berdirinya madrasah merupakan tonggak baru dalam penyelenggaraan pendidikan islam. Madrasah sudah menjadi fenomena yang menonjol sejak awal abad ke 11-12 (abad 5 H) khususnya ketika wazir bani saljuk, Nizam al-Mulk seorang penguasa Bani Saljuk mendirikan Madrasah Nizhamiyah di Baghdad. Madrasah ini berkembang di berbagai kota di wilayah kekuasaan Islam dan banyak menghasilkan ulama dan sarjana yang tersebar di negri-negri islam. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya madrasah merupakan evolusi lembaga pendidikan islam, pendidikan Islam berawal dari Kuttab, kemudian berkembang pada pendidikan di makttab sampai masjid, masjid Khan yang dilengkapi dengan asrama bagi sisiwanya hingga sampai berkembang menjadi lembaga pendidikan yang disebut dengan madrasah. Lembaga Madrasah ini dianggap sebagai prototype (model) awal pembangunan lembaga pendidikan tinggi setelahnya.
References
Ahmad Syalabi, History Of Muslim Education Bairut: Dar Al-Kasysyaf, 1994
Abdullah Idi dan Toto Suharto, Revitalisasi Pendidikan Islam Yogyakarta : Tiara Wacana, 2006
Abudin Nata, Sejarah Pendidikan Islam, Jakata : PT Raja Grafindo Persada, 2004
Armai Arief, Reformasi Pendidikan Islam, Jakarta: CRSD PRESS
Haidar Putra Daulay dan Nurgaya Pasa, Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah,Jakarta : Kencana, 2013
Suwito, Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Jakarta : Kencana, 2008
Zuhairini, dkk, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1997
Published
Versions
- 2020-12-30 (2)
- 2020-12-28 (1)
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Al-Fikrah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.