Eksistensi Madrasah Nizhamiyah Dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Mutia Bustamam Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiaf.v9i2.32

Keywords:

Eksistensi, Madrasah Nizhamiyah, Pendidikan Islam

Abstract

Berdirinya madrasah merupakan tonggak baru dalam penyelenggaraan pendidikan islam. Madrasah sudah menjadi fenomena yang menonjol sejak awal abad ke 11-12 (abad 5 H) khususnya ketika wazir bani saljuk, Nizam al-Mulk seorang penguasa Bani Saljuk mendirikan Madrasah Nizhamiyah di Baghdad. Madrasah ini berkembang di berbagai kota di wilayah kekuasaan Islam dan banyak menghasilkan ulama dan sarjana yang tersebar di negri-negri islam. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya madrasah merupakan evolusi lembaga pendidikan islam, pendidikan Islam berawal dari Kuttab, kemudian berkembang pada pendidikan di makttab sampai masjid, masjid Khan yang dilengkapi dengan asrama bagi sisiwanya hingga sampai berkembang menjadi lembaga pendidikan yang disebut dengan madrasah. Lembaga Madrasah ini dianggap sebagai prototype (model) awal pembangunan lembaga pendidikan tinggi setelahnya.

References

Ahmad Syalabi, History Of Muslim Education Bairut: Dar Al-Kasysyaf, 1994

Abdullah Idi dan Toto Suharto, Revitalisasi Pendidikan Islam Yogyakarta : Tiara Wacana, 2006

Abudin Nata, Sejarah Pendidikan Islam, Jakata : PT Raja Grafindo Persada, 2004

Armai Arief, Reformasi Pendidikan Islam, Jakarta: CRSD PRESS

Haidar Putra Daulay dan Nurgaya Pasa, Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah,Jakarta : Kencana, 2013

Suwito, Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Jakarta : Kencana, 2008

Zuhairini, dkk, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1997

Published

2020-12-28 — Updated on 2020-12-30

Versions

How to Cite

Bustamam, M. (2020). Eksistensi Madrasah Nizhamiyah Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Al-Fikrah, 9(2), 182-192. https://doi.org/10.54621/jiaf.v9i2.32 (Original work published December 28, 2020)