Esensitas Pembelajaran Balagah Al-Qur-An

Authors

  • Mahdir Muhammad Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

Keywords:

Pembelajaran, Balagatul Al-qur an

Abstract

Salah  satu  rumpun  ilmu  yang  tergolong  dalam  ilmu  bahasa  arab adalah  ilmu  balagah  yang  mana  ilmu  dengan  ilmu  tersebut  bias tersampaikan  maksud  yang  disampaikan  oleh  pihak  mutakallim dengan  penuh  keindahan  dan  sesastraan.  Al-quran  adalah  kalam Allah yang tidak terlepas dari ilmu balagah sehingga sasaran dari kalam  Allah  tepat.Untuk  mewujudkan  pembelajaran  yang  baik perlu  adanya  materi,  metode,  strategi  pembelajaran  serta  evaluasi yang  benar  agar  tercapainya  target  pembelajaran  yang diharapakan.  Tujuan  dari  penulisan  penelitian  ini  adalah  untuk mengungkapkan  esensi  dari  balagatul  quran,    tujuan  dari pembelajran  balaghatul  qur  an,  materi  bagatul  quran,    metode pembelajarannya  dan  evaluasiya.  Metode  penelitian  yang digunakan  adalah  library  research  dengan  pendekatan  kualitatif deskriptif analisis. Adapaun kesimpulan dari penelitian ini adalah Balaghah  Al-quran  adalah  Ayat  Ayat  Al-quran  yang  berkaitan dengan  nilai  kesastraan  dan  keindahan  yang  jauh  lebih  tinggi santranya  dan  keindahannya  dibandingkan  dengan  yang  lain, tujuan  dari  pembelajarannya  adalah  Mengungkap  Kandungan mu‟jizat  Al-Qur‟an  dengan  mempelajari  kaidah-kaidah  Balaghah, Memahami  qaidah,  uslub,  ta‟bir  dan  dzauq ,  Menggunakan Balaghah   untuk  meningkatkan  kemampuan  intelektual  dalam  tafsir  Al-Qur‟an,  Menerapkan  Balaghoh  Al-Qur‟an untuk berkomunikasi  transformatif-global  secara  lisan,  Menikmati  dan memanfaatkan  karya  Balaghah  Al-quran  untuk  memperluas wawasan,  memperhalus  budi  pekerti,  serta  meningkatkan pengetahuan  dan  kemampuan  berbahasa  dan  sastra.  Menghargai Balaghah Al-Qur‟an sebagai khazanah ilmu melalui firman Allah. Materi  balaghatul  Al-Quran  adalah  materi  dari  ayat  ayat  yang mengandung nilai balaghah terdapat sepuluh macam balaghah al- quran menrut Arrumi.Metode yang digunakan dalam pembelajran balaqha Al-quran adalah thariqah qiyasiyyah, thariqah istiqraiyyah dan  metode  diskussi.Evaluasi  adalah  mengukur  kemampuan peserta  didik  sejauh  mana  mereka  menguasai  dan  memahami materi balghah al-quran dengan penilainnya melalui tes lisan dan tulisan.

References

Abd. Fattah Lasyin, Al-Ma‟ani Fi Dau‟ Asalib al-Qur‟an al-Karim, (Kairo: Dar al-Fikr al-„Arabi, 2003

Abdul Jalal, Ulumul Qur‟an, Surabaya: Dunia Ilmu, 2000

Ali al-Jarim & Musthafa Amin, Al-Balaghah al-Wadhihah, (Kairo: Dar alMa‟arif, tt

Fauzi al-Sayyid Abd Rabbih, Dirosat Fi al-Balaghah al-„Arabiyyah, (Kairo: Jami‟ah al-Azhar, 1998

M. Abdul Hamid, Mengukur kemampuan Bahasa Arab Untuk Studi Islam (Malang: UIN Press, 2010

Radliyah Zainuddin dkk.Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. I. Yogyakarta : Pustaka Rihlah

Group, 2005

Sa'ad Abd. Karim Al-waaili, Tharaiq tadrisi Al-Adab wa Al-Balaghah, Wa Al-Ta'bir Baina al-Thandhir Wa Tathbiq , Umman: darusy

Syuruq lin Nasyr Wa Al-Tauzi', 2004

Wahbah al-Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islamy, jilid I Beirut: Dar al-Fikr, 1997

Published

2019-06-30

How to Cite

Mahdir Muhammad. (2019). Esensitas Pembelajaran Balagah Al-Qur-An. Jurnal Al-Fikrah, 8(1), 82-100. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiaf/article/view/346