Pemikiran Teologi Syihabuddin Syah
Keywords:
Teologi, Syihabudin Syah, PemikiranAbstract
Teologi, sebagaimana diketahui membahas ajaran- ajaran dasar dari suatu Agama. Setiap orang yang ingin mendalami seluk-beluk agamanya secara mendalam, perlu mempelajari Teologi dari agama tersebut. Mempelajari Teologi akan memberi seseorang keyakinan-keyakinan berdasarkan pada landasan yang kuat, yang tidak mudah diombang-ambing oleh perputaran zaman. Untuk mengenal Tuhan yang sesuai dengan konsep Ahlussunnah Wal Jamâ’ah diperlukan empat perkara sebagai syarat: akal, alam, memikirkan, dan bantuan Allah, akal sebagai alat untuk berpikir, alam itu adalah objek tempat operasi akal, memikirkan adalah usaha dari seseorang dan berhasil atau tidaknya tergantung kepada bantuan Allah.
References
Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, Jakarta: PT.RajaGrafindo persada, 1999
Abdul Karim, Abul Qasim, Hawazin Al-Qusyairi An-Naisaburi, Risalah Qusyairiyah, Jakarta: Pustaka Amani, 2013
Asy-Syarqâwi, ‘Alal Hudhudî, Haramain, tt
al-Baihaqi, Al-Hafidh, Al-îʻtiqad ‘ala Mazhab al-Salaf Ahl al-Sunnah wa al-Jamâʻah,Kairo: Dar al-‘Ahd al-Jadid, 1959
Abdul Qadir, Abu Manshur bin Thahir al-Bagdadi, al-Farg baina al-Firâg, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, tt
Mahfud, Ali, Hidâyat al-Mursyidîn, Kairo: Dar Kutub alArabiyyah, 1952
Frank Whaling, Pendekatan Teologi Dalam Peter Connolly (ed), Aneka Pendekatan StudiAgama,Yogyakarta: lkis, 2011
Efendi, Onong Uchjana, Dinamika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000
Syekh Syihabuddin Syah, Ma’rifat, jilid I, 1984
Asy-Syarqawi, Syekh Abdullah, Syarqâwi ‘ala Huda- Hudî, Surabaya: Haramain, tt
Syekh Ibrahim al-Bajuri, Kifâyatul ‘Awâm fî Ilmi Kalâm,Semarang: Maktabah wa Matba’ah Hikmah Keluarga, tt
Syahrin Harahap, Metodologi Studi Tokoh Pemikiran Islam,Jakarta: Prenada, 2011
Syekh Muhammad al-Fudholi, Kifâyatul ‘Awâm, Surabaya: Mutiara Ilmu, 1997
Siradjuddin Abbas, I’tiqad Ahlussunnah Wal Jamâʻah, Jakarta: Pustaka Tarbiyah, 1977
Jarullah, Zuhdi Hasan, al-Mu’tazilah, Beirut: al-Ahliyyah, 1974
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.