Kerja Sama Da‘I dan Ibu Asuh Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja

(Studi Analisis Terhadap Remaja Penyalahgunaan HP di Yayasan SOS)

Authors

  • Khairun Asyura Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

Keywords:

Da'i, Ibu, Remaja

Abstract

Kenakalan remaja merupakan fenomena yang mengkhawatirkan semua pihak, apalagi mengenai munculnya HP yang serba modern, terutama bagi remaja yang salah menggunakannya, sehingga perlu tegaknya kerja sama yang efektif, khususnya antara Da’i dan Ibu Asuh SOS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran serta fungsi Da’i dan Ibu Asuh, dan bagaimana aturan-aturan yang di berlakukan oleh  SOS terhadap remaja terkait penggunaan HP, selanjutnya untuk mengetahui kendala-kendala Da’i dan Ibu Asuh, serta untuk mengetahui bentuk kerja sama Da’i  dan Ibu Asuh dalam mengatasi remaja penyalahgunaan HP. Penelitian ini menggunakan metode  analisis deskriptif (Field Research), dengan pendekatan kualitatif. Dalam artian menggambarkan situasi dan kondisi yang terjadi pada Da’i dan Ibu Asuh, kemudian menganalisis. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran serta fungsi Da’i dan Ibu Asuh sangat efektif. Bentuk aturan terkait penggunaan HP pada remaja tidak ada secara tertulis, jenis HP yang dibolehkan selain HP Smartphone, berbeda dengan remaja putra yang di asuh oleh pembina tidak ada aturan, artinya bebas menggunakan jenis HP apa saja. Adapun kendala yang dihadapi Da’i dan Ibu Asuh secara umum dari faktor internal dan eksternal. Dari Pembina remaja tidak mempunyai kendala apapun. Kemudian kerja sama yang terbentuk menggunakan interaksi sosial, namun antara Da’i dan Ibu  interaksinya kurang, hanya dengan seorang ustaz saja, tujuannya saja yang sama yaitu untuk mewujudkan remaja sehat jasmani, rohani dan sosial sehingga remaja terbebas dari penyalahgunaan HP.

References

Arif Gunawan, Remaja dan Permasalahannya,Yogyakarta: Hanggar Kreator, 2011.

A. Hasjmy dkk, Pengantar Ilmu Dakwah, (Banda Aceh: Proyek Pembinaan Perguruan Tinggi Agama IAIN Jami’ah Ar-Raniry Darussalam, 1984

Abdurrahman An-Nahlawy, Prinsip-Prinsip Dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, Sekolah, Masyarakat, Cet –II. Bandung: Dipenogoro, 1992

Baron, R & Byane D. Social psychology ninth edition.Pinted in the united State of America 2000.Dalam artikel Bunga Fajar Sari Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. Diakases tanggal 12 Mai 2016.

Hasbullah Dasar-dasar Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers. 2004

International Devalopment Law Organation (IDLO) Organisation International de Droit du Developpement, Modul Workshop LSM Perempuan Penguatan Hak-Hak Hukum Perempuan Menuju Keadilan dan Kesetaraan, 2008.

Jum’ah Amin Abdullah Aziz, al-Da‘wah, Qaw’id wa Uiel, trj. Abdussalam Masykur, Fiqih Dakwah; Studi Atas Berbagai Prinsip dan Kaidah yang Harus Dijadikan Acuan Dalam Dakwah Islamiah,Surakarta: Era Intermedia, 2000

Kimball Young dan Raymon, Mack: Sosiologi and Social Life, NewYork: American Book Company, 1959

Maisarah yang dikutip dari Fauzan Azmi, 350 Siswa Korea Selatan Menyontek lewat SMS. http://www. Computer aktif.com.29.5.2006

Moh. Ali Aziz, Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana, 2004

Masyhur Amin, Dakwah Islam dan Pesan Moral, cet.II, Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2002.

Soerjojno Suekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: 2007

Sarlito W. Sarwono, Psikologi Remaja, Jakarta: Raja Grafindo Pustaka, 2004

Thomas W. Arnold, The Preaching of Islam, terj. Nawawi Rambe, Sejarah Da‘wah Islam, Jakarta: Widjaya, 1979.

Zakiyah Darajat, ilmu Jiwa Agama, Cet-15 Jakarta: Bulan Bintang, 1996

Published

2016-12-30

How to Cite

Khairun Asyura. (2016). Kerja Sama Da‘I dan Ibu Asuh Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja: (Studi Analisis Terhadap Remaja Penyalahgunaan HP di Yayasan SOS). Jurnal Al-Fikrah, 5(2), 97-110. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiaf/article/view/358