Kerja Sama Da‘I dan Ibu Asuh Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja
(Studi Analisis Terhadap Remaja Penyalahgunaan HP di Yayasan SOS)
Keywords:
Da'i, Ibu, RemajaAbstract
Kenakalan remaja merupakan fenomena yang mengkhawatirkan semua pihak, apalagi mengenai munculnya HP yang serba modern, terutama bagi remaja yang salah menggunakannya, sehingga perlu tegaknya kerja sama yang efektif, khususnya antara Da’i dan Ibu Asuh SOS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran serta fungsi Da’i dan Ibu Asuh, dan bagaimana aturan-aturan yang di berlakukan oleh SOS terhadap remaja terkait penggunaan HP, selanjutnya untuk mengetahui kendala-kendala Da’i dan Ibu Asuh, serta untuk mengetahui bentuk kerja sama Da’i dan Ibu Asuh dalam mengatasi remaja penyalahgunaan HP. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif (Field Research), dengan pendekatan kualitatif. Dalam artian menggambarkan situasi dan kondisi yang terjadi pada Da’i dan Ibu Asuh, kemudian menganalisis. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran serta fungsi Da’i dan Ibu Asuh sangat efektif. Bentuk aturan terkait penggunaan HP pada remaja tidak ada secara tertulis, jenis HP yang dibolehkan selain HP Smartphone, berbeda dengan remaja putra yang di asuh oleh pembina tidak ada aturan, artinya bebas menggunakan jenis HP apa saja. Adapun kendala yang dihadapi Da’i dan Ibu Asuh secara umum dari faktor internal dan eksternal. Dari Pembina remaja tidak mempunyai kendala apapun. Kemudian kerja sama yang terbentuk menggunakan interaksi sosial, namun antara Da’i dan Ibu interaksinya kurang, hanya dengan seorang ustaz saja, tujuannya saja yang sama yaitu untuk mewujudkan remaja sehat jasmani, rohani dan sosial sehingga remaja terbebas dari penyalahgunaan HP.
References
Arif Gunawan, Remaja dan Permasalahannya,Yogyakarta: Hanggar Kreator, 2011.
A. Hasjmy dkk, Pengantar Ilmu Dakwah, (Banda Aceh: Proyek Pembinaan Perguruan Tinggi Agama IAIN Jami’ah Ar-Raniry Darussalam, 1984
Abdurrahman An-Nahlawy, Prinsip-Prinsip Dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, Sekolah, Masyarakat, Cet –II. Bandung: Dipenogoro, 1992
Baron, R & Byane D. Social psychology ninth edition.Pinted in the united State of America 2000.Dalam artikel Bunga Fajar Sari Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. Diakases tanggal 12 Mai 2016.
Hasbullah Dasar-dasar Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers. 2004
International Devalopment Law Organation (IDLO) Organisation International de Droit du Developpement, Modul Workshop LSM Perempuan Penguatan Hak-Hak Hukum Perempuan Menuju Keadilan dan Kesetaraan, 2008.
Jum’ah Amin Abdullah Aziz, al-Da‘wah, Qaw’id wa Uiel, trj. Abdussalam Masykur, Fiqih Dakwah; Studi Atas Berbagai Prinsip dan Kaidah yang Harus Dijadikan Acuan Dalam Dakwah Islamiah,Surakarta: Era Intermedia, 2000
Kimball Young dan Raymon, Mack: Sosiologi and Social Life, NewYork: American Book Company, 1959
Maisarah yang dikutip dari Fauzan Azmi, 350 Siswa Korea Selatan Menyontek lewat SMS. http://www. Computer aktif.com.29.5.2006
Moh. Ali Aziz, Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana, 2004
Masyhur Amin, Dakwah Islam dan Pesan Moral, cet.II, Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2002.
Soerjojno Suekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: 2007
Sarlito W. Sarwono, Psikologi Remaja, Jakarta: Raja Grafindo Pustaka, 2004
Thomas W. Arnold, The Preaching of Islam, terj. Nawawi Rambe, Sejarah Da‘wah Islam, Jakarta: Widjaya, 1979.
Zakiyah Darajat, ilmu Jiwa Agama, Cet-15 Jakarta: Bulan Bintang, 1996
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.