Peran Pemimpin Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Personil pada Ma’hadal Ulum Diniyah Islamiyah Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen
Keywords:
Peran Pemimpin, Pendidikan, Kinerja PersonilAbstract
Kepemimpinan Dayah merupakan faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan kinerja personil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Pemimpin dalam meningkatkan kinerja personil, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kinerja personil. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah pimpinan, wakil pimpinan, kepala bagian dan guru- guru Dayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran Pemimpin dayah dalam meningkatkan kinerja personil adalah pertama; menggunakan perannya sebaga manajer yaitu melakukan pembinaan mental personil dan kaderisasi, kedua; berperan sebagai administrator yaitu menertibkan segala administrasi Dayah yang ada, ketiga; berperan sebagai leader yaitu medelegasikan tugas dan kewenangan kepada bawahan, keempat berperan sebagai motivator yaitu pemberian dorongan serta pengawasan dan evaluasi kinerja personil. Faktor pendukung dalam meningkatkan kinerja personil adalah pimpinan Dayah memiliki wibawa dan kharismatik serta bersikap demokratis terhadap personil, posisi organisatoris yang seluruhnya adalah murid dari pimpinan, keadaan lingkungan yang kondusif. Adapun faktor penghambat dalam meningkatkan kinerja personil adalah pertambahan jumlah santri melebihi kapasitas, sebagian personil tidak hadir pada pengajian rutin, sebagian personil bukan dari yang memiliki latar belakang ilmu administrasi, minoritas personil yang kurang aktif, tidak semua personil mendapat kesempatan mengikuti pelatihan, kurang saling berkoordinasi sesama personil dan tidak tersedia tunjangan finansial untuk personil.
References
Abubaka, Marzuki, (2011). Pendidikan Islam di Dayah: Antara Modernisasi dan Tradisi. Prossiding Internasional Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Aziziyah Samalanga Tahun2011. [Online] (6), 11 halaman. Tersedia : http://www.academia.edu/5141037/Pendidikan_Islam_di_Dayah_Antara_Modernisasi_dan_Tradisi [3 Mei 2018).
Amiruddin, Hasbi. (2009). Menatap Masa Depan Dayah di Aceh. (Yogyakarta: Polydoor, 2009)
Barnawi & Arifin, Mohammad, Kinerja Guru Profesional; Instrumen Pembinaan, Peningkatan & Penilaian, (Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012)
Damin, Sudarwan, Kepemimpinan Pendidikan, Kepemimpinan Jenius (IQ+EQ), Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos, ( Bandung: Alfabeta, 2010)
Kodaman, Pengantar Ilmu Manajemen Buku Panduan Mahasiswa, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996)
Makawimbang, Jerry H, Pendidikan yang Bermutu. (Bandung: Alfabeta,2012)
Moeheriono, Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, (Jakarta :Raja Grafindo Persada, 2012)
Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Kontek Menykseskan MBS dan KBK, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003)
Rivai, Veithzal & Murni, Sylviana, Education Management (Analisis Teori dan Praktik). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009)
Rivai, Veithzal, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Edisi Kedua. (Jakarta: Raja Grafindo Persada. Jakarta, 2012)
Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauwani, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teorike Pratik, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010)
Soewadji Lazaruth, Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya, (Salatiga : Kanisius, 1984)
Sutrisno. Edy, Budaya Organisasi, (Jakarta: Kencana, 2011)
Usman, Husaini, Manajemen; Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. (Jakarta: Bumi Aksara, 2013)
Usman, Nasir, Manajemen Peningkatan Kinerja Guru; Konsep, Teoridan Model, (Bandung: Citapusaka Media Perintis, 2012)
Wibowo, Manajemen Kinerja, (Jakarta: Raja Grafindo Persana, 2013)
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.