Konsep Optimalisasi Fungsi Otak Melalui Pengembangan Kiss Me dalam Pendidikan
Keywords:
Optimalisasi, Otak, Kiss MeAbstract
Otak merupakan sumber bagi banyak hal, otak menjadi kekuatan fisik bagi pengembangan diri manusia secara keseluruhan. Otak mengatur seluruh fungsi tubuh, mengendalikan perilaku dasar kita. Kreativitas, Imajinasi, Sosialisasi, Spiritual, Musik, dan Imajinasi. Setiap manusia memiliki enam kecerdasan itu, masalahnya di Indonesia cenderung mengoptimalkan satu atau dua kecerdasan saja. Oleh karena itu tugas yang paling berat adalah optimalisasi enam kecerdasan itu, ini artinya optimalisasi seluruh otak. Titik berat pendidikan di Indonesia yang hanya memberi kesempatan berkembang pada otak kiri, membuat otak kanan terbengkalai. Untuk mengembangkan fungsi otak bangsa Indonesia harus benar-benar melakukan hal yang tepat agar pendidikan di Indonesia tidak memfokuskan otak kiri saja, tetapi juga ikut mengikutsertakan otak kanan, sehingga bias berkembang lebih baik dengan mengandalkan KISS ME yang pada dasarnya merupakan potensi yang telah tertanam dalam diri anak bangsa. Menggembirakan sekali, Karena pengembangan tersebut bertumbu pada kekuatan otak manusia. Fungsi otak memang menjadi ukuran keberadaan otak. Yang dinilai bukan pada ada tidaknya otak, tapi sejauh mana otak dapat berfungsi. Karena otak yang difungsikan secara optimal akan membawa pencerahan pada manusia
References
As’adi Muhammad, Misteri Otak Tengah Manusia, Cet. I, Jogjakarta: Buku Biru, 2010.
Barbara K.Given, Brain-Based Teaching, Cet. I, Bandung: Kaifa, 2007.
Bob Samples, Revolusi Belajar Untuk Anak, Cet. I, Bandung: Kaifa, 2002.
Chalid Narbuko dan Abu Ahmadi, Metodelogi Penelitian, Cet. I, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
D.H. Pink, Intisari Kedahsyatan Otak kanan Manusia, Cet. I, Jogjakarta: Buku Biru, 2010.
Damasio,A, The Feeling of What Happens, New York: Harcourt Brace, 1999.
Daniel Goleman, Emotional Intelligence: Kecerdasan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1997.
Dedi Supriadi, Kreativitas, Kebudayaaan, dan Perkembangan Iptek, Cet. IV, Jakarta: Remaja Rosdakarya,1998.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. III, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Hernowo, Mengikat makna, Cet. III, Bandung: Kaifa, 2002.
Ibrahim Bafadal, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Ed. I, Cet. IV, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Imam Suprayogo dan Tobrani, Metodelogi Penelitian Sosial Agama, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.
Jalaluddin Rakhmat, Belajar Cerdas Belajar Berbasiskan Otak, Bandung: Mizan, 2010.
Joko Subaktio, Metode Penelitian (Dalam Teori dan Praktek), Jakarta: Kinek Cipta, 1990.
Munif Chatib, Gurunya Manusia, Cet. V, Bandung: Kaifa, 2012
Munif Chatib, Sekolah Anak-anak Juara, Cet. I, Bandung: Kaifa, 2010.
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.