Efektifitas Komunikasi Dalam Organisasi

Keywords:

Regulatif, Persuasif, Integratif

Abstract

Komunikasi organisasi adalah proses menciptakan dan saling menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling tergantung satu sama lain untuk mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu berubah-rubah). Arus dalam komunikasi organisasi meliputi komunikasi ke bawah (downward communication), komunikasi ke atas (upward communication) dan komunikasi horizontal.tindakan komunikasi dalam organisasi/lembaga akan melibatkan empat fungsi, yaitu: 1. Fungsi informatif, 2. Fungsi Regulatif, 3. Fungsi persuasif, dan 4 Fungsi integratif.

References

Arni Muhammad, 2009., Komunikasi Organisasi, Bumi Aksara, Jakarta.

Burhan Bungin, 2006., Sosiologi Komunikasi, teori, paradigm,

diskursus teknologi komunikasi di Masyarakat, Kencana Prenada Media Group.

Canggara, Hafied.,2003PengantarIlmuKomunikasi, Raja Grafindo

Persada, Jakarta.

Fajar, Marhaeni, 2009.,Ilmu Komunikasi Teori &Praktek., Graha Ilmu Yogyakarta.

Pace Wayne R, Don F Faules.,2001.,Komunikasi Organisasi, Strategi meningkatkan Kinerja Perusahaan., Remaja Rosdakarya, Bandung.

Pawit M yusup.,2009., Ilmu Informasi, Komunikasi dan Kepustakaan, Penerbit Bumi Aksara.

Sasa Djuarsa Senjaya, dkk, 2007.,Teori Komunikasi., Penerbit Universitas Terbuka.

Published

2018-12-30

How to Cite

Efektifitas Komunikasi Dalam Organisasi. (2018). Jurnal Al-Fikrah, 7(2), 175-188. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiaf/article/view/370