Ma’had Aly Sebagai Solusi Dalam Mempertahankan Kualitas Pendidikan Dayah Di Era 4.0

Authors

  • Marzuki Ali Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Amiruddin Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiaf.v9i2.38

Keywords:

Ma’had Aly, Kualitas Pendidikan, Dayah, Era 4.0

Abstract

Ma’had Aly Mahasantri Ma’had Aly MUDI Mesra Samalanga menyelenggarakan program studi, seperti Sejarah dan Peradaban Islam, Fiqh dan Ushul Fiqh, Tafsir dan Ilmu Tafsir, Aqidah dan Filsafat Islam, Hadits dan Ilmu Hadits, serta Tasawwuf dan Tarekat. Ma’had Aly Mahasantri Ma’had 'Aly MUDI Mesra Samalanga mempunyai posisi yang setara dengan perguruan tinggi (PT) lainnya, baik Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Universitas Islam Negeri (UIN), maupun kampus-kampus pada umumnya. Hanya saja, Ma’had Aly difokuskan pada Studi Islam murni. Sementara itu, STAIN, IAIN dan UIN adalah perguruan tinggi yang mengkorelasikan antara ilmu Islam murni dan ilmu umum. Ma'had Aly Mahasantri Ma’had Aly MUDI Mesra Samalanga merupakan program unggulan Kementerian Agama yang telah dituangkan melalui PMA 71 tahun 2015, dimana Ma'had Aly menyelenggarakan program akademik Strata Satu untuk melahirkan Mutafaqqih Fiddin, Ma'had Aly Mahasantri Ma’had Aly MUDI Mesra Samalanga adalah wujud pelembagaan sistemik tradisi intelektual pesantren tingkat tinggi yang keberadaannya melekat pada pendidikan pesantren. Secara kelembagaan, posisi Mahad Aly Mahasantri Ma’had Aly MUDI Mesra Samalanga adalah jenjang pendidikan tinggi keagamaan pada jalur pendidikan diniyah formal, kehadiran Ma'had Aly seperti universitas khusus yang akan melahirkan para Alim Ulama di bidang agama, seperti fakutas kedokteran melahirkan para dokter, begitu juga dengan Mahad Aly Mahasantri Ma’had Aly MUDI Mesra Samalanga sudah mampu mencetak orang-orang yang memiliki keahlian ilmu agama, karena negara saat ini membutuhkannya, bukannya lulusan yang siap bekerja saja, teapi menjadi titik awal bangkitnya pendidikan Mahad Aly di Indonesia, khususnya di Aceh umumnya untuk Indonesia.

References

Abdul Malik, “Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur” (Tesis-Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2012.

Ahmad Arifi, Politik Pendidikan Islam: Menelusuri Ideologi dan Aktualisasi Pendidikan Islam diTengah Arus Globalisasi, Yogyakarta: Teras, 2010.

Amin Haedari, Petunjuk Pelaksanaan Pengembangan Pondok Pesantren Ma’had Aly Bagian IV, Jakarta: t.p, 2004.

Asrori S. Karni, Etos Studi Kaum Santri, Wajah Baru Pendidikan Islam, (Bandung: Mizan Pustaka, 2010.

Dirjen Pendidikan Islam Nomor 3002 Tahun 2016 Tentang Izin Pendirian Mahad Aly.

H.E. Badri dan Munawiroh, Pergeseran Literatur Pesantren Salafiyah, Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan, 2007.

John P. Miller, Wayne Seller, Curriculum: Perspectives and Practice, (New York: Addison-Wesley Longman, 1985.

Lexi J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Cet. Ke-24, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.

Muh.Aris Izzudin, “Tradisi Akademik Pesantren (Studi Tentang Pembelajaran Halaqah di Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang” (Tesis-Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2016.

Muhammad Rifa’i, Sejarah Pendidikan Nasional: Dari Klasik Hingga Modern, Yogyakarta:Arruz Media, 2017.

Suwendi, Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.

Published

2020-12-28 — Updated on 2020-12-30

Versions

How to Cite

Marzuki Ali, & Amiruddin. (2020). Ma’had Aly Sebagai Solusi Dalam Mempertahankan Kualitas Pendidikan Dayah Di Era 4.0. Jurnal Al-Fikrah, 9(2), 168-181. https://doi.org/10.54621/jiaf.v9i2.38 (Original work published December 28, 2020)