Manajemen Literasi Terhadap Pembudayaan Membaca di Dayah Putri Muslimat Samalanga
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiaf.v9i1.385Keywords:
Manajemen, Membaca, BudayaAbstract
Dayah Putri Muslimat Samalanga dalam menerapkan kultur literasi ini sudah berjalan dengan baik, baik dalam kegiatan pra pembelajaran, pemanfaatan perpustakaan dan masih banyak lagi upaya dalam meningkatkan minat membaca. Peneliti ingin melihat bagaimana manajemen literasi yang diterapkan dayah Putri Muslimat Samalanga terhadap pembudayaan membaca. Metode penelitian dalam skripsi ini penelitian ini yang merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan normatif dan sifatnya deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Literasi Yang Diterapkan Dayah Putri Muslimat Samalanga Terhadap Pembudayaan Membaca: perencanaan, peorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Faktor Keberhasilan dan Kendala Dalam Manajemen Literasi Terhadap Pembudayaan Membaca di Dayah Putri Muslimat Samalanga adalah penyedian buku yang memadai, antusias santri dalam mengikuti kegiatan menulis dan dukungan public dan lingkungan literasi.
References
Ane Permatasari, Membangun Kualitas Bangsa Dengan Budaya Literasi, (Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, (Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2015.
Dalman, Keterampilan Menulis, (Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
David Wray, dkk, Teaching Literacy Effectively in the Primary School, (London: New Fetter Lane, 2002.
Eris Fenawary, Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango, (Jakarta: Balai Pustaka, 2010.
Muhana Gipayana, Pengajaran Literasi, (Malang: Asih Asah Asuh, 2010.
Munif Chatib, Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa Dan Semua Anak Juara, (Bandung: Kaifa, 2014.
R Kern, Literacy and Language Teaching, (Oxford: Oxford UniversityPress, 2000.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2008.
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.