Strategi Guru PAI dalam Melaksanakan Pembelajaran Sesuai Standar Proses di MAN 4 Bireuen
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiaf.v9i1.386Keywords:
Manajemen, Membaca, BudayaAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran sesuai standar proses di MAN 4 Bireuen, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran sesuai standar proses di MAN 4 Bireuen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan adalah, bahwa strategi yang digunakan guru MAN 4 Bireuen dalam melaksanakan pembelajaran sesuai standar proses yaitu keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi kelompok kecil, mengelola kelas, serta mengajar kelompok kecil dan perorangan. Sedangkan faktor pendukung adalah adanya koordinasi yang baik dengan kepala sekolah, guru kelas dalam menyusun perencanaan pembelajaran. Lokasi yang cukup tenang, jauh dari keramaian kota, sekalipun sedikit dekat dengan kota, sehingga dapat membantu siswa belajar dengan tenang. Sedangkan faktor penghambat yaitu terbatasnya waktu, waktu yang disediakan dalam pembelajaran PAI cuma dua jam dalam satu minggu, sedangkan Pembelajran sesuai standar proses itu memerlukan waktu yang sangt lama.
References
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1994.
Asep Herry Hernawan, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Univesitas Terbuka, 2008.
Dipdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai pustaka, 2005.
Djam’an santori, Profesi Keguruan, Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.
Hamzah B.Uno, Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Himpunan Peraturan Perundang-Undangan, Undang-Undang Guru Dan Dosen, Bandung: Fokusmedia, 2009.
Martinis Yamin, Profesionalisasi Guru Dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.
Mulyasa, Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosada, 2006.
Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2008.
Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Zainuddin, Seluk Beluk Pendidikan Dari Al-Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.