Pengelolaan Lingkungan Belajar yang Kondusif dalam Berkonsentrasi Menerima Pembelajaran

Authors

  • Fitriyah Institut Agama Islam Da’ar Uluum Asahan
  • Mey Rani Institut Agama Islam Da’ar Uluum Asahan

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiaf.v11i2.470

Keywords:

Pengelolaan, Lingkungan, Belajar, Ruang Kelas

Abstract

Pengelolaan lingkungan belajar merupakan sarana para pelajar atau pendidik untuk bereksplorasi dan beraktivtas dalam kegiatannya. Lingkungan belajar tidak hanya terikat dengan ruang  kelas tetapi juga mencakup lingkungan di luar kelas seperti masjid, museum dan  lapangan serta lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya mengelola lingkungan belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan lingkungan belajar tidak lain untuk menciptakan kelas yang kondusif agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, efektif dan  kondusif, jika suatu lingkungan belajar berjalan dengan kondusif maka para pelajar akan lebih mudah dalam berkonsentrasi menerima pembelajaran.

References

Afriza, Manajemen Kelas, Pekanbaru: Kreasi Edukasi, 2014.

Agustin, Nella dkk, Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa, Yogyakarta: UAD Press, 2021.

Ali Rohmad, Muhammad, Menjadi Guru Berwibawa Di Era Merdeka Belajar. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Harjali, Penataan Lingkungan Belajar Strategi Untuk Guru dan Sekolah, Malang: CV. Seribu Bintang, 2019.

Hasan, Muhammad, Pengelolaan Lingkungan Belajar, Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Moh. Toharudin, Moh, Buku Ajar Manajemen Kelas, Kalten: Lakeisha, 2018.

Rukajat, Ajat. Manajemen Pembelajaran, Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Saifuddin, Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis, Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Sukardi. Metodologi Pendidikan Kompetensi dan Pratiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Widasworo, Erwin, Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: Viva Press, 2018.

Wirana Sujarweni, V, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Perss, 2014.

Published

2022-12-31

How to Cite

Fitriyah, & Rani, M. . (2022). Pengelolaan Lingkungan Belajar yang Kondusif dalam Berkonsentrasi Menerima Pembelajaran. Jurnal Al-Fikrah, 11(2), 172-181. https://doi.org/10.54621/jiaf.v11i2.470