Semiotika Komunikasi Sebagai Satu Pendekatan Memahami Makna dalam Komunikasi
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiaf.v11i2.487Keywords:
Semiotika, Simbol, KomunikasiAbstract
Kajian ini bertujuan untuk memahami semiotika komunikasi sebagai satu pendekatan memahami makna dalam komunikasi. Kajian ini termasuk model kajian kualitatif dengan teknik pengumpulan data mengambil rujukan referensi-referensi ilmiah yang relevan dengan judul ini. Kajian ini merupakan kajian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan teknik studi pustaka. Hasil kajian ditemukan bahwa Komunikasi adalah suatu hal yang mesti terjadi dan tak terelakkan dalam hubungan sosial kita sebagaimana dalam aksiomanya we can`t not to communication. Di mana dalam proses komunikasi, lambang, simbol atau tanda (signs) menjadi paktor penting dalam pertukaran makna/pesan atau maksud berkomunikasi. Karena itu, memahami lambang, simbol dan seperangkat tanda dalam komunikasi menjadi sesuatu yang niscaya (mutlak) untuk menemukan makna/pesannya. Dalam hal ini, analisis semiotika menjadi ilmu penting yang harus dikuasai, bersamaan dengan analisis lainnya dalam memahami makna/pesan dalam disiplin ilmu komunikasi, khususnya teks media.
References
Alex Sobur. Semiotika Komunikasi. Cetakan Kedua. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004.
Alex Sobur. Analisis Teks Media: analisis wacana, analisis semiotika dan analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004.
Dedy Mulyana. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2003.
Liliweri. Gatra-Gatra Komunikasi Antarbudaya. Jogjakarta: Pustaka Pelajar. 2001.
Litlejohn, Stephen W. Theories of Human Communication. Five Edition. Belmont CA: Wadsworth. 2002.
Pawito. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Jogjakarta: LKiS Pelangi Nusantara. 2007.
Thesis: Jurnal Penelitian Ilmu Komunikasi. Departemen Ilmu Komunikasi, Fisip UI. Volume III/No.2 Mei-Agustus 2004.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Saiful Bahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.