Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam di Indonesia

Authors

  • Mursyidi Abdul Jalil Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiaf.v10i1.49

Keywords:

Konsep, Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam

Abstract

Konsep Pendidikan  karakter merupakan sebuah nilai yang harus dipelajari, dirasakan dan diterapkan dalam setiap individu, Pendidikan Karakter dapat disebut juga sebagai pendidikan Akhlak, yang bertujuan untuk membentuk akhlakul karimah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana konsep pendidikan karakter dalam perspektif Islam khususnya pendidikan karakter anak. Penelitian ini bersifat riset kepustakaan (library Research) yang menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi yakni dengan menelaah sejumlah sumber data baik primer maupun sekunder. Teknik analisa datanya adalah teknik analisis teks (content analisys). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: konsep pendidikan karakter dalam perspektif islam khususnya karakter anak di Indonesia adalah pendidikan nilai yakni pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa indonesia dalam rangka membina kepribadian generasi muda yang mencakup tiga aspek yaitu pengetahuan moral (moral knonwing), sikap moral (moral feelling), dan prilaku moral (moral acting), Dalam perspektif pendidikan Islam pendidikan Islam adalah bimbingan yang diberikan oleh satu seseorang kepada seseorang yang lain agar ia berkembang sesuai dengan ajaran Islam yang berlaku sesuai dengan aspek akal dan hati seorang anak.

References

A.Qodry Azizy, Pendidikan Agama Untuk Membangun Etika Sosial, Semarang: Aneka Ilmu, 2003.

Abdullah Muhammad Abdul Mu’thi, Kiat-Kiat Menjadi Ayah Yang Berhasil, cet.14, terj. Khairun Naim, Jakarta: Qisthi Press, 2004.

Ahmad Amin, Etika Ilmu Akhlak, Jakarta: Bulan Bintang, 1995.

Ahmad Mustafa Al-Maraghiy, Tafsir Al- Magraghi, Lebanon: Dar Al Ihya,tt.

Ainain, Falsafah al-tarbiyah fi al-quran al-karim. T.tp: Dar al-Fikr al-Arabiy: 1985.

Departemen Agama RI, Al- Qur’an dan Terjemahannya, Juz 1-30, Jakarta: Dana Bhakti wakaf Yogyakarta, 1995.

Doni Koesoema A., Pendidiakn Karakter, Jakarta: Grasindo, 2010.

Echols, M. John dan Hassan Shadily. (1995). Kamus Inggris Indonesia: AnEnglish-Indonesian Dictionary. Jakarta: PT Gramedia. Cet. XXI: 1995.

Faisal Ismail, Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta : Rosda, 1998.

Fihris, Pendidikan Karakter di Madrasah Salafiyah, Semarang: PUSLIT IAIN Walisongo, 2010.

Ibrahim Amini, Fatimah Az-zahra: Wanita Teladan Sepanjang Masa, terjm : Ali Yahya. Jakarta: Lentera, 2006.

Imam Abu Ja’far Muhammad bin Jarir At-Thabari, Tafsir At-Thabari,Bandung: Pustaka Azzam, 2001.

Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our School Can Teach Respectand Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books. 1991.

M.Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, Cet I, Jakarta: Lentera hati, 2003.

Marzuki, Buku Prinsip Dasar Akhlak Mulia,Yokyakarta: Wahana Press, 2009.

Pusat Bahasa Depdiknas, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa. Cet. I: 2008.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam,Jakarta: Kalam Mulia,2002.

Ryan, Kevin & Bohlin, Karen E. Building Character in Schools: Practical Waysto Bring Moral Instruction to Life San Francisco: Jossey Bass. : 1999.

Samsul Nizar, Dasar-Dasar Pendidikan Islam, (Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001.

Tim Dosen FIP-IKIP Malang, Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan, Cet-IV, Surabaya: Usaha Nasional, 2003.

Published

2021-06-30 — Updated on 2021-06-30

Versions

How to Cite

Abdul Jalil, M. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Al-Fikrah, 10(1), 1-15. https://doi.org/10.54621/jiaf.v10i1.49