Peran Strategis Warung Kopi Sebagai Sarana Belajar Bagi Mahasiswa Di Kota Langsa

Authors

  • Asrul Asrul IAIN Langsa

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiaf.v11i2.612

Keywords:

Warung Kopi, Sarana Belajar, Kota Langsa

Abstract

Warung kopi bukan hanya sebagai tempat jual beli makanan dan minuman serta meluangkan waktu senggang (duduk santai) akan tetapi juga memberikan apa yang dibutuhkan oleh para pengunjungnya dengan segala fasilitas yang dibutuhkan seperti Wi-Fi yang stabil, room (ruang) khusus diskusi/ pertemuan, dan kebutuhan lainnya untuk melakukan diskusi/ pertemuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Analisis data menggunakan Triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa warung kopi merupakan ranah publik untuk berinteraksi, dimana hasil dari interaksi yang terjadi menghasilkan hubungan sosial di dalamnya serta menambah wawasan dan pengetahuan serta informasi sesuai dengan fungsi dan tujuan dari masing-masing pengunjung. Kemudian warung kopi menjadi sarana belajar dan media bagi kalangan mahasiswa tidak hanya berinteraksi dengan sesama mahasiswa dan dari kalangan lainnya. Namun juga terjalin hubungan secara terus menerus di warung kopi dan menjadikan warung kopi sebagai media untuk membentuk jaringan sosial bagi mahasiswa.

References

Abdul Mujib, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2006.

Afdjani, & Soemirat, “Makna Iklan Televisi (Studi Fenomenologi Pemirsa di Jakarta Terhadap Iklan Televisi Minuman “Kuku Bima Energi” Versi Kolam Susu)”, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 8 No. 1., 2010.

Ahmad Hamidi, Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian, Malang: UMM Press, 2004.

Arief S. Sadiman, dkk., Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007.

Ardietya Kurniawan, Muh Rosyid Ridlo, Perilaku Konsumtif Remaja Penikmat Warung Kopi, (Surakarta: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, 2017), diakses pada https://jurnal.uns.ac.id/dilema/article/download/11232/pdf. Tanggal 25 Januari 2022 jam 14.17 wib.

Ayu Pramita, Indah Sri Pinasti, Nongkrong Di Warung Kopi Sebagai Gaya Hidup Mahasiswa Di Mato Kopi Yogyakarta, Jogjakarta: Fakultas Ilmu Sosial, 2008. Diakses Pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/sociates/article/view/4018. Pada 26 Januari 2022, jam 16.09 wib.

Azhar Arsyad, Media Pengajaran, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2000.

Erik, Maraknya Warung Kopi Berfasilitas Wi-Fi di Jombang, Artikel. Diakses Tanggal 21 Februari 2022.

Freddy Rangkuti, Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Irwanti Said, “Warung Kopi Dan Gaya Hidup Modern”, Jurnal Al-Khitabah, Vol. III, No. 1, Juni 2017.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Novitayani, Tesis, Warung Kopi Sebagai Sarana Komunikasi dan Sumber Informasi Bagi Profesi Wartawan, Medan: Universitas Sumatera Utara, 2014.

Nurazizi, Kedai Kopi dan Gaya Hidup Konsumen Simulacrum Jean P Baudrilland di Excello Malang. Skripsi, Malang: Universitas Brwijaya, 2013.

Novitayani, Tesis, Warung Kopi Sebagai Sarana Komunikasi dan Sumber Informasi Bagi Profesi Wartawan, Medan: Universitas Sumatera Utara, 2014.

Nurlima Maharani, Kosumsi Ruang Cafe, Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 2016. Diakses Pada http://etd.repository.ugm.ac.id/ . Pada tanggal 25 Janurai 2022 jam 14.50 wib.

Robert Bogdan dan Steven J. Taylor, Kualitatif Dasar-dasar Penelitian, Penterjemah A. Khozin Afandi, Surabaya: Usaha Nasional, 2003.

Suharsimi Arikunto dan Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 2008.

Sukandarrumaidi, Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2006.

Teuku Zulfikar, Identitas Aceh Dalam Segelas Kopi, dalam De Atjehers: Dari Serambi Mekkah Ke Serambi Kopi, Banda Aceh: Padebooks, 2018.

Yuliandri, Temperatur Ideal dalam Menyeduh Kopi. Diakses melalui https://majalah.ottencoffee.co.id/temperatur-ideal-dalam-menyeduhkopi/ pada tanggal 1 April 2022.

Published

2022-12-30

How to Cite

Asrul, A. (2022). Peran Strategis Warung Kopi Sebagai Sarana Belajar Bagi Mahasiswa Di Kota Langsa. Jurnal Al-Fikrah, 11(2), 118-134. https://doi.org/10.54621/jiaf.v11i2.612