This is an outdated version published on 2021-09-02. Read the most recent version.

PERAN PENDIDIKAN DAYAH BABUSSALAM AL-AZIZIYAH JEUNIEB KABUPATEN BIREUEN DALAM MENANGGAPI PROBLEMATIKA KEAGAMAAN MASYARAKAT

PERAN PENDIDIKAN DAYAH BABUSSALAM, PROBLEMATIKA KEAGAMAAN MASYARAKAT

Authors

  • Hanif Maulana S2 Prodi PAI Pascasarjana IAIN Lhokseumawe
  • Zulfikar Ali Buto S2 Prodi PAI Pascasarjana IAIN Lhokseumawe
  • Al-Husaini M. Daud S2 Prodi PAI Pascasarjana IAIN Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiaf.v10i1.71

Keywords:

Pendidikan Dayah, Problematika Keagamaan Masyarakat

Abstract

Dayah adalah lembaga pendidikan yang diajarkan beberapa bidang ilmu pengetahuan agama Islam, seperti ilmu tauhid, tasawuf, fiqih, tafsir, hadits, nahwu, sharaf, balaghah, dan lain-lainnya untuk menanggapi problematika keagamaan masyarakat. Maka, penulis meneliti tentang bagaimana peran pendidikan dayah dalam menanggapi problematika keagamaan masyarakat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah pimpinan dayah, guru atau pengurus dayah, dan alumni dayah. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dayah Babussalam Al-Aziziah Jeunieb telah banyak memberikan peranan kepada masyarakat Jeunieb khussunya dan umumnya masyarakat Aceh dalam menyelesaikan persoalan keagamaan masyarakat, baik dari bidang tauhid, tasawuf, maupun fiqih. Diantara peranan dayah kepada masyarakat adalah adanya majelis taklim, baik majelis taklim di dalam dayah maupun di luar dayah, bahkan majelis taklim sudah sampai ke Malaysia. Dan adanya SD IT Islamic School, SMP dan SMA Assalam Al-Aziziah, dan Radio Yadara.

References

Abdul Hadi, “Konsep Pendidikan al-Fârâbî dan Ibn Sînâ,” dalam Jurnal Ilmiah Sintesa, Vol. 9. No. 2, Januari 2010.
Barrulwalidin, Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Di Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, Tesis Pada Program Pasca Sarjana UIN Sumatra Utara Medan 2017.
Chabib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
M. Ridwan Nasir, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Silahuddin: “Budaya Akademik dalam Sistem Pendidikan Dayah Salafiyah” Jurnal ilmiah Miqot Vol. XL No. 2 Juli-Desember 2016.
Suharyanta, “Analisis Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam KTSP,” Khamdan (ed.), Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Yogyakarta: Idea Press, 2012.
Syarifah Rahmah, Modernisasi Dayah (Studi kasus Dayah Modern Yayasan Pendidikan Arun Lhokseumawe). Disertasi Pada Program Pasca Sarjana UIN Sumatra Utara Medan 2016.

Published

2021-06-30 — Updated on 2021-09-02

Versions

How to Cite

Hanif Maulana, Zulfikar Ali Buto, & Al-Husaini M. Daud. (2021). PERAN PENDIDIKAN DAYAH BABUSSALAM AL-AZIZIYAH JEUNIEB KABUPATEN BIREUEN DALAM MENANGGAPI PROBLEMATIKA KEAGAMAAN MASYARAKAT: PERAN PENDIDIKAN DAYAH BABUSSALAM, PROBLEMATIKA KEAGAMAAN MASYARAKAT. Jurnal Al-Fikrah, 10(1), 19-31. https://doi.org/10.54621/jiaf.v10i1.71 (Original work published July 1, 2021)