Prospek dan Outcome Pendidikan Dayah Salafiyah di Aceh

Authors

  • Masrizal Masrizal Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiaf.v10i2.848

Keywords:

Prospects, Outcomes, Salafiyah Dayah

Abstract

This study aims to explain the prospects and outcomes of Salafiyah dayah education in Aceh. The results of this study indicate that the educational system of Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga has a concrete and comprehensive learning system, allowing students to be more active both in curricular and extracurricular activities. The main development forms in the prospect of the educational system of Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga include a series of innovations such as establishing higher education institutions within the dayah, providing equivalency classes, establishing Ma'had Aly, and reconfiguring the Salafiyah dayah curriculum, along with changes in teaching methods. The outcomes of the education at Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga include many alumni being active in various fields, both in academia and non-academia. In academia, alumni have become legislative members such as DPR, DPRK, and DPRA, as well as lecturers in various universities. In non-academic fields, alumni have established dayah institutions, majlis ta'lim, and become community leaders. This indicates that dayah alumni have characteristics that enable them to achieve these goals.

References

Abdul Hadis dan Nurhayati B., Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010

Azyumardi Azra, Konteks Berteologi di Indonesia, Pengalaman Islam, Jakarta: Paramadina, 1999

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003

Lexy. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. Ke-27, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010

Lunenburg, F.C. & Ornstein, A.C., Educational administration: concept and practices, Belmont: Wadsworth/Thomson Learning. 2000

M. Sulthon dan Moh. Khusnuridlo, Manajemen Pondok Pesantren dalam Perspektif Global, Yogyakarta: Laksbang, 2006

Malik Fajar, Visi Pembaruan Pendidikan Islam, (Jakarta:Lembaga Pengembangan Pendidikan danPenyusunan Naskah Indonesia/LP3NI;1998

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Dayah, Jakarta: INIS, 1994

Matthew B. Milles dan A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru, terj. Tjejep Rohendi Rohidi, Jakarta: UI Press, 1992

Nurhening Yuniarti & Soenarto,Validitas Konstrak Instrumen Evaluasi Outcome Lembaga Pendidikan Guru Vokasional,(Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, No 2, Desember 2016

Rossi, P.H., Lipsey, M.W., & Freeman, H.E. Evaluation: A systematic Approach, London: SAGE Publications, 2004

Suwendi, Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004

Umiarso dan Nur Zazin, Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan, Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Dayah, Semarang: Rasail Media Group, 2011

Zamakhsari Dhofir, Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES, 1982

Dokumen bidang keterampilan MUDI Mesjid Raya Samalanga.

Hasil wawancara penulis dengan Aba Sayed Mahyiddin TMS (Wadir II Bidang ADM MUDI Mesjid Raya Samalanga pada tanggal 7 Mei 2019

Hasil wawancara penulis dengan guru Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga bagian sekretariat dayah, Tgk. Boihaki pada tanggal 7 Mei 2019

Hasil wawancara penulis dengan Katua Kurikulum Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, Tgk. Yusrida pada tanggal 7 Mei 2019

Hasil wawancara penulis dengan Tgk. Mustafa (Kabag HUMAS Mesjid Raya Samalanga pada tanggal 7 Mei 2019

Hasil wawancara dengan Tgk. Mahlizar, ketua bidang keterampilan MUDI Mesjid Raya Samalanga, tanggal 11 Mei 2019.

Hasil wawancara dengan Tgk. Mursyidi, Ketua LBM MUDI Mesjid Raya Samalanga, tanggal 12 Mei 2019.

Hasil wawancara dengan Tgk. Muzammil, Ketua Mabna Lughah MUDI Mesjid Raya Samalanga, tanggal 9 april 2019

Hasil wawancara penulis dengan guru Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga bagian sekretariat dayah, Tgk. M. Nasir pada tanggal 7 Mei 2019.

Hasil wawancara penulis dengan guru Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga bagian Administrasi dayah, Tgk. Zulfahmi pada tanggal 7 Mei 2019.

Tim Penulis Dayah MUDI Mesra, Profil Ringkas Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, Aceh: MUDI Mesra Samalanga, 2010.

Published

2021-12-30

How to Cite

Masrizal, M. (2021). Prospek dan Outcome Pendidikan Dayah Salafiyah di Aceh. Jurnal Al-Fikrah, 10(2), 225-239. https://doi.org/10.54621/jiaf.v10i2.848