Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat <p>Journal Summary</p> en-US <p>&lt;meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" /&gt;</p> amiruddin@iaialaziziyah.ac.id (Amiruddin) mursal@iaialaziziyah.ac.id (Teungku Mursal) Sun, 31 Dec 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.2.0.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Strategi Pengembangan Pesantren Tradisional di Gayo Melalui Pogram Muadalah https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat/article/view/704 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana bentuk penguatan pesantren melalui program muadalah, dan untk mengetahui strategi para pimpinan dayah tradisional di daerah Gayo untuk memajukan pesantrennya melalui program muadalah. Penelitian ini bersifat <em>field research</em> (data lapangan) dan tergolong model penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan sosiologis empiris dan normative serta didukung oleh data primer dan data sekunder. Hasilnya (pertama) Penguatan pesantren melalui program muadalah dilatarbelakangi oleh kesadaran semua pihak bahwa masyarakat masa depan adalah masyarakat yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Pesantren sebagai salah satu lembaga yang bertugas dalam bidang pendidikan Islam harus mampu merespon dan mengoptimalkan proses transformasi dan internalisasi ilmu kepada peserta didiknya. Untuk menanggulangi berbagai problem dalam pelaksanaan pendidikan Islam, salah satu jalan yang diupayakan oleh pemerintah adalah dengan memberikan peluang Pendidikan Islam melalui penetapan program muadalah yang tertuang dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. (Kedua) Strategi para pimpinan pesantren tradisional di daerah Gayo untuk memajukan pesantrennya melalui program muadalah adalah dengan meneguhkan prinsip bahwa pendidikan masa sekarang dituntut untuk berbenah, menata diri untuk melakukan perubahan guna menghadapi persaingan global. Namun, perubahan dan pembenahan yang dimaksud tidak boleh meninggalkan nilai-nilai positif pesantren yang justru menjadikan lulusannya tidak hanya pandai membaca al-Qur’an dan kitab kuning saja. Untuk merespon arus perubahan, pesantren harus tetap berpegang pada kaidah “<em>al-muhafadlatu ‘ala al-qadimi alshalih wa al-akhdzu bi al-jadidi al-ashlah</em>” (melestarikan khazanah lama yang masih relevan dan mengambil sesuatu yang baru yang lebih baik).</p> Yusrol Hana Copyright (c) 2024 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat/article/view/704 Sun, 31 Dec 2023 00:00:00 +0700 Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ma’alim Irsyadiyah Li Shina’ah Thalib Al-‘Ilmi https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat/article/view/652 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab <em>Ma’alim Irsyadiyah Li Shina’ah Thalib Al-‘Ilmi</em>, sebuah karya tulis Syeikh Dr. Muhammad ‘Awwamah yang menjelaskan tentang panduan bagi penuntut ilmu dalam tradisi Islam. Penelitian ini focus pada identifikasi dan pemahaman nilai karakter yang diajarkan dalam kitab tersebut untuk membentuk individu yang berakhlak baik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model studi literatur, dan menggunakan pendekatan deskriptif analistis, dengan mengacu pada teks kitab <em>Ma’alim Irsyadiyah Li Shina’ah Thalib Al-‘Ilmi</em> dan sumber terkait lainnya. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dengan analisi isi (<em>contents analysis</em>) sebagai tehnik analisis data. Penelitian ini menunjukkan bahwa Kitab <em>Ma'alim Irsyadiyah Li Shina'ah Thalib al-'Ilmi</em> memiliki banyak nilai pendidikan karakter yang kaya dan relevan. Pendidikan karakter yang didasarkan pada ajaran Islam dalam kitab tersebut dapat memberikan landasan moral dan etika yang kokoh bagi individu.</p> Baihaqi Copyright (c) 2023 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat/article/view/652 Sun, 31 Dec 2023 00:00:00 +0700 Tujuan, Alat dan Lingkungan Pendidikan Sebagai Faktor Determinan Dalam Pendidikan https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat/article/view/434 <p>Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tujuan, alat dan lingkungan pendidikan yang merupakan faktor yang sangat penting dalam pendidikan. Tulisan ini disusun dari penelitian kepustakaan (<em>library research</em>) dengan mengumpulkan data, menggunakan dokumentasi dari buku-buku, jurnal, dan hasil penelitian sebelumnya yang relevan dengan fokus pada kajian pada penelitian. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan pendidikan merupakan bagian integral dari sistem pendidikan, yang menempati tempat dan fungsi yang sangat penting. Oleh karena itu, setiap pendidik harus memiliki pemahaman yang baik tentang tujuan pendidikan. Kemudian faktor kedua mengacu pada fasilitas pendidikan, fasilitas pendidikan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi Peserta didik dalam proses pembelajaran dan dapat menjadi penghambat dalam proses pembelajaran. Dan faktor ketiga adalah lingkungan pendidikan. Lingkungan pendidikan dapat mempengaruhi setiap orang secara berbeda karena setiap lingkungan pendidikan memiliki lingkungan sosial budaya yang berbeda. Intensitas pengaruh lingkungan terhadap peserta didik tergantung pada seberapa banyak peserta didik menginternalisasi rangsangan yang dapat diberikan lingkungan, serta seberapa besar lingkungan dapat memahami dan menyediakan sarana untuk memenuhi kebutuhan peserta didik.</p> Suriyati, Hasmiati, Muh. Judrah, Jamaluddin Copyright (c) 2023 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat/article/view/434 Sun, 31 Dec 2023 00:00:00 +0700 Minat Baca Mahasiswa IAI Al-Aziziyah Terhadap Karya Sastra Yang Bertemakan Islami https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat/article/view/424 <p>Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah mahasiswa IAI Al-Aziziyah memiliki minat baca karya sastra bertemakan islami dan manfaat apa saja yang didapat setelah membaca karya sastra bertemakan islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca mahasiswa IAI Al-Aziziyah terhadap karya sastra yang bertemakan islami dan untuk mengetahui manfaat apa saja yang didapat setelah membacanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan mengikuti proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian atau perangkat untuk menggali data primer dari responden sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah menggunakan instrumen kuesioner. Hasil kuesioner dari responden dihitung menggunakan skala Likert dalam bentuk tabel dan persentase sebagai besarannya. Hasil perhitungan quesioner dilanjutkan dengan indepth interview atau wawancara secara mendalam kepada pihak pengurus dan observasi didayah/pesantren agar didapatkan data yang lebih valid serta lebih mendalam. Hasil analisis disusun secara deskriptif dalam bentuk analisis kualitatif. Responden yang diambil dalam penelitian ini berjumlah dua puluh tujuh orang, sudah termasuk dua orang mahasiswa yang diwawancara untuk mendapatkan data atau informasi seputaran kegiatan di Dayah/pesantren. Pertanyaan pada kuesioner yang diajukan berkaitan dengan minat, motif, manfaat dan pandangan terhadap karya sastra yang bertemakan islami. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat dan motif santri membaca karya sastra yitu, responden menyatakan sangat berminat (70%) karena ingin memetik pelajaran, menyatakan berminat (20%) karena memandang karya sastra sebagai hiburan, dan yang kurang berminat (10%) karena takut banyak berkhayal dan berandai-andai. Mamfaat membaca karya sastra bagi santri yaitu, karya sastra sangat bermanfaat karena mendorong untuk melakukan hal positif (20%), merasakan manfaat karya sastra sebagai sarana hiburan atau rekreasi (80%).</p> Nurfitri Sa Copyright (c) 2023 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat/article/view/424 Sun, 31 Dec 2023 00:00:00 +0700 Peningkatan Keaktifan Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Kuttab Al Firdaus Kota Lhokseumawe https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat/article/view/648 <p><em>Proses pembelajaran merupakan aspek penting dalam mendapatkan hasil belajar yang efektif dan efisien, salah satunya dengan keterlibatan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pada kelas II.C pembelajaran bahasa arab masih kurang menraik bagi siswa, hal ini dapat dilihat dengan banyak siswa yang kurang memperhatikan dalam kelas sehingga keaktifan mereka sangat kurang dalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan keaktifan siswa melalui model pembelajaran Index Card Match pada Pembelajaran Bahasa Arab di Kuttab Al Firdaus Kota Lhokseumawe?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab melalui menerapkan model pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam beberapa siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Penelitian ini dilakukan di Kuttab Al Firdaus dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas.II.C yang berjumlah 11 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Hasil. Penelitian..menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan kreatiativitas siswa setelah menerapkan model pembelajaran Index Card Match. Pada siklus I terdapat 4 siswa yang memenuhi standar nilai KKM atau sekitar 36,4% dan tidak memiliki ketuntasan yaitu 7 orang dari 11 siswa atau sekitar 63,63% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,85% atau setara dengan 9 orang siswa yang memiliki ketuntasan nilai KKM dari 11 siswa dan yang tidak lulus yaitu ada 2 orang atau setara dengan 18.18%.</em></p> Henny Henny, Yusnaini Copyright (c) 2023 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat/article/view/648 Sun, 31 Dec 2023 00:00:00 +0700 Wasiat Luqman Al-Hakim https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat/article/view/650 <p>Penelitian ini mengkaji tentang wasiat Luqman Al-Hakim yang tersebut dalam surat Luqman ayat 13-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam artikel ini adalah dengan menerjemahkan ayat Al-Qur`an, menafsirkan, dan menyimpulkan pemahaman yang telah dicari oleh peneliti dari ayat tersebut, sehingga mendapatkan hasil yang lebih rinci dan jelas serta dapat dipahami secara mudah oleh setiap pembaca. terdapat beberapa nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19 pada dasarnya meliputi tiga pendidikan fundamental yaitu; pendidikan aqidah, pendidikan akhlak, dan pendidikan syariah. Pendidikan aqidah yang terdapat dalam surat Luqman adalah pada ayat 13 yaitu “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”. Kemudian pendidikan akhlak yang tercantum dalam surat Luqman adalah pada ayat 14, 15, 16, 18 dan 19, pada ayat 14 dan 15 menjelaskan perintah berbuat baik kepada kedua orangtua, pada ayat 16 menyatakan tentang pembalasan amal keburukan walaupun se biji sawi Allah tetap membalaskannya, pada ayat 18 menyebutkan tentang tidak boleh sombong terhadap sesama manusia, dan pada ayat 19 menjelaskan tentang tingkah laku atau gerak-gerik kelakuan manusia, dan menganjurkan bersikap lemah lembut dan rasa <em>tawadhu’</em>. Kemudian pendidikan yang tertara dalam surat Luqman adalah pada ayat 17 yaitu “Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu.”</p> Hanif Maulana , Tajussubki Tajussubki Copyright (c) 2023 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat/article/view/650 Sun, 31 Dec 2023 00:00:00 +0700 Model Komunikasi Guru Dalam Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Kooperatif Tipe Picture And Picture Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN 1 Banda Sakti Lhokseumawe Diera Covid-19 https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat/article/view/491 <p>Penelitian ini berjudul Model Komunikasi guru dalam mengajar ilmu Pengetahuan Alam melalui metode kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 1 Banda Sakti Kota Lhokseumawe diera covid-19. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah. Pertama, mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe picture and picture pada pelajaran IPA materi siklus air di kelas V SDN 1 Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Kedua, mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan Model kooperatif tipe picture and picture pada pelajaran IPA materi siklus air di kelas V SDN 1 Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Metodelogi yang digunakan adalah Mix Methode data kualitatif diperoleh melalui hasil mendalami wawancara, mengamati di lapangan pada subjek penelitian. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan membuat tabel pengamatan aktivitas siswa selama proses tindakan, sedangkan teknik analisis data kuantitatif diperoleh melalui tes hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Penegtahuan Alam materi siklus air. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Behaviorisme theori yang dicetus oleh Gage Berliner dengan asumsi belajar adalah perubahan dari tingkah laku sebagai akibat dari interaksi komunikasi antara stimulus dan respon. Hasil penelitianmenunjukkan Pertama, Hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Banda Sakti KotaLhokseumawe dalam pelajaranIlmu Pengetahuan Alam tema siklus air sebelu diberlakukan model kooperatif tipe picture and picture masih dikatakan rendah yakni siswa yang tuntas berjumlah orang atau persentase 12,8% yang tidak tuntas 24 orang atau persentase 89,6 % dengan nilai rata-rata 65,5. Kedua, Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPA materi siklus air. Maka hasil belajar siswa yang diperoleh dari pretest sebesar 12,8% meningkat ke postest siklus I menjadi 55,6%. Sedangkan postest siklus II frekuesi ketuntasan sebesar 96,8 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPA materi siklus air dapat meningkatkan hasil belajar siswa.</p> Isna Inda, Muhammad Saleh Copyright (c) 2023 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat/article/view/491 Sun, 31 Dec 2023 00:00:00 +0700