Pengaruh Faktor Sosial dan Budaya Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah

(Studi Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu Padang Tiji)

Authors

  • Ibrahim Ibrahim Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia

Keywords:

Sosial, Budaya, Keputusan Nasabah

Abstract

Keberagaman produk dan jasa yang ditawarkan oleh lembaga perbankan memberikan kesempatan yang luas bagi konsumen untuk memilih lembaga perbankan yang sesuai  dengan kebutuan  mereka. Keputusan  konsumen  dalam  menggunakan  atau  melakukan pembelian dipengaruhi sosial dan faktor budaya. Dengan selalu memperhatikan faktor tersebut, kosumen akan memutuskan untuk menggunakan produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah faktor sosial dan budaya berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih BSI KCP Padang Tiji, Dengan menggunakan metode kuantitatif. Adapun jumlah sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 100 nasabah dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum faktor yang memengaruhi nasabah dalam memilih perbankan syariah pada BSI KCP Padang Tiji dipengaruhi oleh faktor sosial dan budaya. Pengaruh faktor sosial dan budaya terhadap keputusan nasabah dalam memilih perbankan syariah pada BSI KCP Padang Tiji sangat signifikan baik secara simultan maupun secara parsial.

References

Freddy Rangkuti, Measuring Customer Satisfaction, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Hendi Irawan, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta : PT.ELEX Media Komputindo 2002.

Kasmir, Customer Services Excellent Teori dan Praktek Teori Dan Praktek, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2001.

Kasmir, Customer Services Excellent Teori dan Praktek, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2017.

Tatik Suryani. Manajemen Pemasaran Strategic Bank Di Era Global, Jakarta : Kencana, 2017.

Veithzal Rivai Zainal, firdaus Djaelani, Salim Basamalah, Husna Leila Yusran. Islamic Marketing Management, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2018.

Somantri Ating dan Sambas Ali Muhidin, Aplikasi Statistika dalam Penelitian, Bandung : Pustaka Setia, 2006.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatf Kualitatif dan R&D, Cet, ke-19, Bandung : Alfabeta, 2013.

Tatik Suryani. Manajemen Pemasaran, Strategic Bank Di Era Global, Jakarta : Kencana, 2017.

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran Analisa, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, terjemahan Hendra Teguh Rusli, Jakarta : Prenhalindo, 1997.

Zaenal Arifin, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Lentera Cendikia, 2008.

Published

2024-12-31

How to Cite

Ibrahim, I. (2024). Pengaruh Faktor Sosial dan Budaya Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah : (Studi Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu Padang Tiji). Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis Islam, 3(2), 96-107. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen/article/view/1023