Analisis Minat Beli Konsumen Terhadap Pemasaran Produk Di Media Sosial Dilihat Dari Perspektif Ekonomi Islam

(Studi Kasus Mahasiswa IAI Almuslim)

Authors

  • Rismawan Rismawan Institut Agama Islam Almuslim Aceh

Keywords:

Minat Beli, Online Shop, Pandangan Ekonomi Islam

Abstract

Pada era modernnsasi saat ini,mahasiswa cenderung menyukai hal-hal yang instan dan praktis karena semakin berkembangnya teknolagi masa kini. Oleh karena itu, hal ini yang mendorong mahasiswa untuk lebih memilih belanja online yaitu Bagaimana Pandangan Ekonomi Islam terhadap Minat beli melalui Online Shop? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetauhi pandangan Ekonomi Islam terhadap minat beli di Online Shop. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis yaitu pengambilan data, reduksi data, sajian data,dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa informan atau mahasiswa yang telah diwawancarai lebih berminat untuk berbelanja di Online Shop dibandingkan dipasar dan di toko-toko karena di terdapat berbagai macam kemudahan, dapat menghemat waktu dan harganya pun lebih murah. Adapun pandangan Ekonomi Islam mengenai Minat Beli di Online Shop yaitu berbisnis melalui online diperbolehkan selagi tidak terdapat kezaliman,atau barang tersebut cacat serta unsur-unsur riba, dan juga penipuan. Menurut beberapa informan atau mahasiswa yang telah di wawancarai yaitu sah-sah saja dalam berbelanja di Online Shop selama barang tersebut jelas dan tidak ada unsur riba maupun gharar didalamnya, dan harus ada kesepakatan antara kedua belah pihak yaitu antara pembeli dan penjual.

References

Aryanti Muhtar Kusuma, Maulida Ainul Hikmah, dan Aufarul Marom, “Pengaruh Islamic Branding, Kualitas Produk, Dan Lifestyle Terhadap Minat Pembelian Produk Skincare Pada Generasi Milenial Di Kudus”, Bisnis : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam 8, No. 2 (2020) : 293

Eka Sri Apriliana, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Pakaian Syar‟i (Studi Kasus Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin)”, Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah 5, No. 1 (2019)

Jojo Rizkie Widokarti, Konsumen, Pemasaran dan Komunkasi Kotemporer, (Bandung: CV

Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah 4, No. 1 (2021) : 389

Kartini, Kartono. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Mandar Maju, 1996.

Movitaria, Mega Adyna, Ade Putra Ode Amane, Muhammad Munir, Qurnia Indah Permata, Teungku Amiruddin, Edriagus Saputra, Ilham Ilham, et al. Metodologi Penelitian. Sumatera Barat: CV. Afasa Pustaka, 2024.

Najiha Azzahra, Merli Anggelia, Laily Sartika, Ratih Kumala Sari, & Wismanto Wismanto. (2024). Prinsip-Prinsip Muamalah dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 3(1), 29–39. https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v3i1.4419

Nonie Afrianti dan Detri Agustina, “Pengaruh Islamic Branding Dan Product Ingredients

PUSTAKA SETIA, 2019), 131

Sebagai Variabel Moderasi Atas Penggunaan Islamic Branding Terhadap Purchase”,

Setia Pratama, A. (2024). The Influence Of Perceived Product Quality, Perceived Marketing Quality And Social Media Marketing On Consumer Buying Interest. International Journal of Science, Technology & Management, 5(3), 490-494.

Taufiq Risal, Mirawati, dan Reza Prabudi, “Pengaruh Customer Satisfaction Dan Relgiusitas

Terhadap Minat Beli Produk PT HN HPAI Kota Bengkulu ”, Jurnal Of Islamc Economics And Finance Studies 1, No. 2 (2020): 125

Yoyo Sudaryo, Digital Marketing dan Fine Tech di Indonesia, (Yogyakarta: Andi OFFSET, 2020), 36-37

Zainol Fuady, “Pengaruh Kualitas Jasa Dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Capture Studio Pekanbaru”, JOM FISIP 6, Edisi 2 (2019).

Published

2024-12-31

How to Cite

Rismawan, R. (2024). Analisis Minat Beli Konsumen Terhadap Pemasaran Produk Di Media Sosial Dilihat Dari Perspektif Ekonomi Islam: (Studi Kasus Mahasiswa IAI Almuslim). Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis Islam, 3(2), 108-117. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen/article/view/1026