Pengaruh Promosi Tabungan Wadiah pada Bank Syariah Terhadap Minat Masyarakat di Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen
Keywords:
Promosi, Tabungan Wadiah, Minat MasyarakatAbstract
Penelitian ini menjelaskan apakah ada pengaruh promosi tabungan wadiah terhadap minat masyarakat di Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen yang dapat diukur melalui indikator-indikator promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan bagaimana promosi tabungan wadiah berpengaruh terhadap minat masyarakat serta seberapa besar pengaruh promosi tabungan wadiah yang dilakukan terhadap minat masyarakat. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian lapangan (field research), data primer diperoleh dari kuesioner sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi. Adapun dalam penelitian ini metodologi penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan teknik sampling insidental. Penyebaran data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada masyarakat di Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen sebanyak 100 responden. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan uji parsial (Uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi tabungan wadiah berpengaruh terhadap minat masyarakat Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen, hal tersebut dilihat dari persamaan regresi yang dihasilkan menggunakan SPSS 25 menunjukkan bahwa tingkat thitung sebesar 2,685 > 1,6602. Menandakan bahwa thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa promosi tabungan wadiah berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat. Sedangkan besarnya pengaruh promosi tabungan wadiah (X) terhadap minat masyarakat (Y) dapat dilihat dari nilai r square sebesar 6,9% sedangkan sisanya 93,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dan tidak termasuk dalam analisis regresi ini.
References
Abdul Ghofur Anshori, Perbankan Syariah Di Indonesia, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2018.
Agus Hermawan, Komunikasi Pemasaran, Erlangga, 2018.
Budi Gautama Siregar, “Pengaruh Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Marhamah Pada Pt Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan” Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, vol. 04 no. 1, 2018.
Bustari muchtar, dkk., Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Jakarta: Kencana, 2019.
Daniel Ortega dan Anas Alhifni, “Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah” Jurnal Ekonomi Syariah, vol. 5 no. 1, 2019.
Gita Danupranata, Manajemen Perbankan Syariah, Jakarta: Salemba Empat, 2020.
Ikatan Bankir Indonesia, Memahami Bisnis Bank Syariah, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2019.
Ismail, Perbankan Syariah, Jakarta: Kencana, 2019.
Isnaine Maulida, Analisis Pengaruh Promosi dan Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada Bmt Taruna Sejahtera Cabang Tuntang, (Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri, 2021.
Istifakhiyah, Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah di Bmt Islamic Center Kabupaten Cirebon, (Skripsi, Muamalah Ekonomi Perbankan Islam Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri, 2020)
Mardani, Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia, cet. 1, Jakarta: Kencana, 2019.
Mawardi, “Pengaruh Promosi Tabungan Bank Sumsel Babel Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kota Palembang” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, vol. 4 no. 1, 2022.
Muthia Audina,Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Memilih Tabungan Wadiah pada Pt Bprs Puduarta Insani, (Skripsi, Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan, 2023).
Putri Andri Yani, Analisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Minat Calon Nasabah, (Skripsi, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018.
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi ( Mixed Methods), Bandung: Alfabeta,
Tri Astuti dan Indah Mustikawati, “Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah” Jurnal Nominal, vol. 2 no.1, 2018.
Widhi Diyah Ariyanti, “Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Promosi Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada Bank Cimb Niaga Syariah Di Surabaya,”Jurnal, 2019.
Yadi Janwari, Lembaga Keuangan Syariah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.