Strategi Pemasaran Sembako Dalam Meningkatkan Perekonomian di Tengah Pandemi Covid-19
Studi Kasus di Pasar Samalanga
Keywords:
Strategi Pemasaran, Meningkatkan Perekonomian, Pandemi Covid-19Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh pedagang di pasar Samalanga dalam meningkatkan perokonomian di tengah pandemi Covid-19. Rumusan masalah bagaimana strategi pemasaran di pasar samalanga di tengah pandemi covid-19 dan bagaimana pengaruh pandemi covid-19 terhadap pemasaran di pasar samalanga Adapun metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Langkah terakhir dalam metode penelitian adalah analisis data. Dengan hasil peneitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang pasar samalanga adalah adanya bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari produk, harga, dan promosi. Serta mengetahui bagaimana dampak covid-19 terhadap kondisi sosial dan ekonomi pada wilayah pasar Samalanga. Sedangkan strategi pedangang untuk mengurangi kerugian yaitu dengan cara mengurangi pasokan dagangan dan menaikan sedikit harga barang yang di jual di pasar, ada juga yang mennjual dagangan itu secara online, bahkan ada juga pedagang yang berjualan hingga malam hari, dan ada juga yang tidak berjualan setiap harinya.
References
Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo, Pengantar Bisnis Modern (Pengantar Ekonomi
Perusahaan Modern), Yogyakarta, Liberty, 1993.
Basu Swastha, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty, 2005.
Didin Hafidudin dan Henri Tanjung, Manajemen Syariah Dalam Perspektif, Jakarta: Gema
Insani Press, 2012.
Endi Sarwoko, Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Kinerja Pedagang Pasar
Tradisional Di Wilayah Kabupaten Malang, (Universitas Kanjuruhan Malang),
Jurnal Ekonomi Modernisasi: Vol 4, Nomer 2, diakses juni 2008.
Esther dan Didik, Membuat Pasar Tradisional Tetap Eksis, Jakarta: Sinar Harapan, 2003.
Husein Umar, Strategi Management in Action, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.
Kasmir dan Jakfar, Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: Prenada Media, 2003.
Kasmir, Pemasaran Bank, Jakarta: Prenada Media, 2005.
Muhammad Adam, Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta, 2015.
Nasution S, Metode Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsinto, 1996.
Philip kotler & A.B Susanto, Manajemen pemasaran Di Indonesia Analisis perencanaan,
Implementasi dan pengendalian, Jakarta: Salemba Empat, 2000.
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran Edisi Millinium 1, Jakarta: Presindo, 1997.
Somantri Ating dan Sambas Ali Muhidin, Aplikasi Statistika dalam Penelitian, Bandung:
Pustaka Setia, 2006.
Sri Wilujeng, Pengantar Manajemen, Yokyakarta: Graha Ilmu, 2007.
Thamrin Abdullah dan Francis Tantri, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Raja Grafind
Persada, 2013.
Thomas Sumarsan, Sistem Pengendalian Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Pengukuran
kinerja, Jakarta Barat: Indeks Permata Puri Media, 2013.
Tri Weda Raharjo dan Herrukmi Septa Rinawati, Penguatan Strategi Pemasaran dan Daya
Saing UMKM Berbasis Kemitraan Desa wisata, Surabaya: Jakad Publishing
Surabaya, 2008.
William J. Stanton, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi V, Jakarta: Erlangga 1991.
Zunaida Riska Dalimunthe, Analisis Strategi Pemasaran Pedagang Kaki Lima Pada Malam
Hari di Jalan Jenral Sudirman Binjai, Skripsi pada UIN-SU, 2016.
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.