Strategi Pengelolaan Objek Wisata Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat di Desa Bate Iliek Kecamatan Samalanga

Authors

  • Amrullah Amrullah STIS Ummul Ayman Pidie Jaya

Keywords:

Pengelolaan, Strategi, Ekonomi Syariah

Abstract

Strategi pengelolaan objek wisata Batee Iliek merupakan langkah yang diambil oleh pengelola dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Hal ini dilakukan melalui perencanaan dan strategi pengembangan yang baik, serta melalui pemahaman terhadap isu-isu strategis yang relevan. Dengan menerapkan strategi yang efektif dalam pengembangan sektor pariwisata, kita dapat menilai potensi perkembangan sektor pariwisata di daerah ini ke depannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologis yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan beberapa strategi pengelolaan objek wisata Batee Iliek: a) Pengorganisasian: Pengelolaan kawasan objek wisata ini melibatkan pengaturan unsur-unsur pengelolaan yang sesuai dengan karakteristik kawasan tersebut. b) Penggerakkan: Komunikasi antara pihak terkait dalam pengelolaan Batee Iliek terjalin dengan baik, terutama antara pengelola kawasan dan pihak lain yang terlibat dalam kegiatan sehari-hari. c) Pengawasan: Dinas pariwisata setempat memberikan kewenangan kepada pengelola kawasan wisata untuk mengawasi kegiatan pengelolaannya secara mandiri.

References

Firmansyah Rahim, Buku Pedoman Kelompok Sadar Wisata, Jakarta : t.p., 2012.

Sedarmayanti. Dkk, Pengembangunan dan Pengembangan Pariwisata,(Jakarta : PT Refika Aditama, 2018.

David, F. R. Manajemen Strategi : Konsep, Ed, Ke-12, Jakarta: Salemba Empat, 2010.

I Gusti Ayu Putu Seri Mahendrayani & Ida Bagus Suryawan, “Strategi Pemasaran Daya Tarik Wisata Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Sangeh Kabupaten Badung Provinsi Bali” Jurnal Destinasi pariwisata Vol. 5 (2018).

Isdarmanto, Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata Yogyakarta: Gerbang Media Aksara, 2016.

Lexi J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Cet. Ke-24, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.

Muchamad Zaenuri, Perencanaan Strategis Kepariwisataan daerah Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta: e-Gov Publishing, 2012.

Murianto dan Lalu Masyhudi, Pemahaman dan Penerapan Sapta Pesona Pada Pokdarwis di Wisata di Pantai Surga, Desa Ekas, Kabuparen Lombok Timur. Media Bina Ilmiah. Vol. 11, No. 6, Juni 2017.

Yoeti Oka A, Pengantar Ilmu Pariwisata, Bandung: Angkasa, 1996.

Published

2023-06-30

How to Cite

Amrullah, A. (2023). Strategi Pengelolaan Objek Wisata Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat di Desa Bate Iliek Kecamatan Samalanga. Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis Islam, 2(1), 10-17. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen/article/view/661