Home Industry Tahu Meurandeh Alue: Analisis Strategi Pemasaran Tahu Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Konsumen di Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya Menurut Ekonomi Syariah
Keywords:
Pemasaran, Home Industry, TahuAbstract
Ajaran Islam mendorong manusia untuk bekerja dan berusaha serta menekankan pentingnya menghindari praktik meminta-minta dalam mencari kekayaan. Manusia diarahkan untuk memperoleh harta kekayaan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dalam konteks meningkatkan volume penjualan, strategi pemasaran memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis karena berpengaruh terhadap nilai ekonomis perusahaan, termasuk harga barang dan jasa. Terdapat tiga faktor utama yang menentukan nilai harga barang dan jasa, yaitu produksi, pemasaran, dan konsumsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memiliki sifat artistik dan interpretative, yang bersifat analisis deskriptif, yang berarti menggambarkan keadaan objek penelitian sebagaimana adanya berdasarkan fakta yang terlihat. Penelitian ini mengkaji tentang Bagaimana Strategi Pemasaran Home Industry Tahu Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Konsumen dan Bagaimana Strategi Pemasaran Tahu Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Konsumen Menurut Ekonomi Syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Strategi Pemasaran usaha tahu yang dilakukan produsen di lingkungan Home industry Tahu dalam meningkatkan hasil penjualan sudah baik, walaupun belum sempurna, Persperktif Ekonomi syariah terhadap strategi pemasaran usaha produksi tahu dalam meningkatkan hasil penjualan di Lingkungan Home Industri Tahu sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Syariah. Terbukti dengan produsen yang selalu mengutamakan kualitas. Dimana tahu yang dia buat harus halal dan bersih.
References
Ahmad Yusuf Siregar et.al, Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Batik Mahasiswa Abadmopetak: Aneka Batik dengan Motif Petuah Batak, dalam Jurnal Sains Penelitian & Pengabdian, Vol. 1 No. 1, 2018.
Alexander Wirapraja et al, Manajemen Pemasaran Perusahaan,Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.
B,N, Marbun Sh, Kamus Manajemen, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2005.
Buchari Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta. 2004.
Fuad, M, H, C, Nurlela, Sugiarto, & Paulus, Pengantar Bisnis, Gramedia pustaka utama Jakarta 2006.
Kotler Philip dan Keller K Lane, Manejemen Pemasaran. New jersey, Prentice Hall. 2007.
Muhammad Yusuf Saleh dan Miah Said, Konsep dan Strategi Pemasaran Makassar, 2019.
Movitaria, Mega Adyna, Teungku Amiruddin, Ade Putra Ode Amane, Muhammad Munir, and Qurnia Indah Permata Sari. Metodologi Penelitian. Pasaman Barat: CV. Afasa Pustaka, 2024.
Nurul Huda et al, Pemasaran Syariah,Teori dan Praktek Depok: Kencana, 2017.
Radna Andi Wibowo, Manajemen Pemasaran Semarang: Universitas Semarang, 2019.
Save M. Dagun, Kamus Besar Ilmu Pengetahuan Jakarta: LKPN, 2000.
Swastha, Basu DH. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: 2017.
Tiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta 2015.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.