Harga Dan Kualitas Produk Mainan Jakarta Toys Kota Meulaboh: Penetapan Harga dan Kualitas Produk Mainan Terhadap Volume Penjualan Dalam Perspektif Islam
Keywords:
Harga dan Kualitas, Mainan, Volume PenjualanAbstract
Di tengah era yang seperti saat ini menuju perkembangan yang sangat pesat dalam sektor mainan dapat menimbulkan persaingan bisnis yang semakin ketat. Kondisi ini menuntut semua pengusaha di dunia yang bergerak dibidang toko mainan meningkatkan dan mengembangkan produk yang dimiliki agar dapat memenangkan persaingan. Fenomena ini membuat pengusaha toko mainan harus mampu menawarkan manfaat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen agar bisa bersaing secara global dengan Negara-negara yang lain. Toko Jakarta Toys adalah toko yang menjual berbagai jenis mainan yang diperlukan seperti mobil aki, kuda karet, boneka, raket, gigitan bayi dan mainan-mainan lainnya. Saat ini Toko Jakarta Toys adalah Toko mainan anak-anak, yang terkenal dikalangan masyarakat yang berada di wilayah Meulaboh, Teunom, Bubon, Woyla, Meureubo, Pante ceuremen, dan beberapa wilayah lainnya. Toko Jakarta Toys terkenal dengan harganya yang relatif murah dengan kualitas barang yang sesuai dengan para konsumen. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu, bagaimana penetapan harga dalam perspektif Islam terhadap volume penjualan di Toko Jakarta Toys Meulaboh, dan bagaimana kualitas produk dalam perspektif Islam terhadap volume penjualan di Toko Jakarta Toys Meulaboh. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, Penelitian ini dikategorikan penelitian lapangan melalui data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari penelitian kepustakaan. Adapun Hasil penelitian atau kesimpulan ini menjelaskan bahwa. Penetapan harga dalam perspektif Islam dapat meningkatkan volume pejualan pada toko toys, didasarkan pada prinsip adil, transparan, dan tidak ada monopoli atau manipulasi harga. Kualitas produk dalam perspektif Islam juga dapat meningkatkan volume pejualan pada toko toys didasarkan pada kejujuran, transparansi, dan kepatuhan terhadap standar kualitas.
References
Abdul Manan, Teori dan Praktek Ekonomi Islam, terj. M. Nastangin, Jakarta, Intermasa, 1992.
Al-Ghazali, I. Ihya’ Ulumiddin. Terj.Ismail Yakub, Ihya’ Ulumiddin Atau Mengembangkan Ilmu-Ilmu Agama, jilid 2, Singapura: Pustaka Nasional Pte Ltd, 1998.
Ali Hasan, Manajemen Bisnis Syariah Kaya di Dunia Terhormat di Akhirat, Pustaka Belajar, Yogyakarta, 2009.
Dr. Ir. H. Idris Parakkasi, MM, Pemasaran Syariah Era Digital, Lindan Bestari: Bogor, 2020.
Fandy Tjiptono. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta, 2015.
G. Sanopa, Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015.
Indah Wahyu Utami, Perilaku Konsumen Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian, Surakarta: CV Pustaka Bengawan, 2017.
Lili Suryati, Manajemen Pemasaran Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan, Yogyakarta: Budi Utama, 2015.
Madudin Yuliadi, Ekonomi Islam Sebuah Pengantar, Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengalaman Islam LPPI, 2001.
Movitaria, Mega Adyna, Teungku Amiruddin, Ade Putra Ode Amane, Muhammad Munir, and Qurnia Indah Permata Sari. Metodologi Penelitian. Pasaman Barat: CV. Afasa Pustaka, 2024.
Rusli, Tiffany Shahnaz;, and Dahlia; Amiruddin Boari, Yoseb; Amelia. Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2024.
Ujang Sumarwan,dkk., Riset Pemasaran dan Konsumen, Bogor: IPB Press, 2012.
Yusuf Qardawi, Peran Nilai dan Moral dalam Perekonomian Islam, Cetakan Keempat, Hadis Nomor 1314, Bab Al-Buyuu’Jakarta: Robbani Press, 2004.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.