Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis Islam
https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen
en-USfakrurradhi@iaialaziziyah.ac.id (Fakrurradhi)muhammadkharazi@iaialaziziyah.ac.id (Muhammad Kharazi)Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0700OJS 3.2.0.4http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Harga Dan Kualitas Produk Mainan Jakarta Toys Kota Meulaboh: Penetapan Harga dan Kualitas Produk Mainan Terhadap Volume Penjualan Dalam Perspektif Islam
https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen/article/view/869
<p style="text-align: justify;">Di tengah era yang seperti saat ini menuju perkembangan yang sangat pesat dalam sektor mainan dapat menimbulkan persaingan bisnis yang semakin ketat. Kondisi ini menuntut semua pengusaha di dunia yang bergerak dibidang toko mainan meningkatkan dan mengembangkan produk yang dimiliki agar dapat memenangkan persaingan. Fenomena ini membuat pengusaha toko mainan harus mampu menawarkan manfaat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen agar bisa bersaing secara global dengan Negara-negara yang lain. Toko Jakarta Toys adalah toko yang menjual berbagai jenis mainan yang diperlukan seperti mobil aki, kuda karet, boneka, raket, gigitan bayi dan mainan-mainan lainnya. Saat ini Toko Jakarta Toys adalah Toko mainan anak-anak, yang terkenal dikalangan masyarakat yang berada di wilayah Meulaboh, Teunom, Bubon, Woyla, Meureubo, Pante ceuremen, dan beberapa wilayah lainnya. Toko Jakarta Toys terkenal dengan harganya yang relatif murah dengan kualitas barang yang sesuai dengan para konsumen. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu, bagaimana penetapan harga dalam perspektif Islam terhadap volume penjualan di Toko Jakarta Toys Meulaboh, dan bagaimana kualitas produk dalam perspektif Islam terhadap volume penjualan di Toko Jakarta Toys Meulaboh. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, Penelitian ini dikategorikan penelitian lapangan melalui data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari penelitian kepustakaan. Adapun Hasil penelitian atau kesimpulan ini menjelaskan bahwa. Penetapan harga dalam perspektif Islam dapat meningkatkan volume pejualan pada toko toys, didasarkan pada prinsip adil, transparan, dan tidak ada monopoli atau manipulasi harga. Kualitas produk dalam perspektif Islam juga dapat meningkatkan volume pejualan pada toko toys didasarkan pada kejujuran, transparansi, dan kepatuhan terhadap standar kualitas.</p>Fikri Rijal
Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis Islam
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen/article/view/869Wed, 25 Sep 2024 00:00:00 +0700Pengaruh Faktor Sosial dan Budaya Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah
https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen/article/view/1023
<p>Keberagaman produk dan jasa yang ditawarkan oleh lembaga perbankan memberikan kesempatan yang luas bagi konsumen untuk memilih lembaga perbankan yang sesuai dengan kebutuan mereka. Keputusan konsumen dalam menggunakan atau melakukan pembelian dipengaruhi sosial dan faktor budaya. Dengan selalu memperhatikan faktor tersebut, kosumen akan memutuskan untuk menggunakan produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah faktor sosial dan budaya berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih BSI KCP Padang Tiji, Dengan menggunakan metode kuantitatif. Adapun jumlah sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 100 nasabah dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum faktor yang memengaruhi nasabah dalam memilih perbankan syariah pada BSI KCP Padang Tiji dipengaruhi oleh faktor sosial dan budaya. Pengaruh faktor sosial dan budaya terhadap keputusan nasabah dalam memilih perbankan syariah pada BSI KCP Padang Tiji sangat signifikan baik secara simultan maupun secara parsial.</p>Ibrahim Ibrahim
Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis Islam
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen/article/view/1023Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0700Analisis Minat Beli Konsumen Terhadap Pemasaran Produk Di Media Sosial Dilihat Dari Perspektif Ekonomi Islam
https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen/article/view/1026
<p style="text-align: justify;">Pada era modernnsasi saat ini,mahasiswa cenderung menyukai hal-hal yang instan dan praktis karena semakin berkembangnya teknolagi masa kini. Oleh karena itu, hal ini yang mendorong mahasiswa untuk lebih memilih belanja online yaitu Bagaimana Pandangan Ekonomi Islam terhadap Minat beli melalui Online Shop? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetauhi pandangan Ekonomi Islam terhadap minat beli di Online Shop. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis yaitu pengambilan data, reduksi data, sajian data,dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa informan atau mahasiswa yang telah diwawancarai lebih berminat untuk berbelanja di Online Shop dibandingkan dipasar dan di toko-toko karena di terdapat berbagai macam kemudahan, dapat menghemat waktu dan harganya pun lebih murah. Adapun pandangan Ekonomi Islam mengenai Minat Beli di Online Shop yaitu berbisnis melalui online diperbolehkan selagi tidak terdapat kezaliman,atau barang tersebut cacat serta unsur-unsur riba, dan juga penipuan. Menurut beberapa informan atau mahasiswa yang telah di wawancarai yaitu sah-sah saja dalam berbelanja di Online Shop selama barang tersebut jelas dan tidak ada unsur riba maupun gharar didalamnya, dan harus ada kesepakatan antara kedua belah pihak yaitu antara pembeli dan penjual.</p>Rismawan Rismawan
Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis Islam
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen/article/view/1026Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0700