Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis Islam https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen en-US fakrurradhi@iaialaziziyah.ac.id (Fakrurradhi) muhammadkharazi@iaialaziziyah.ac.id (Muhammad Kharazi) Wed, 25 Sep 2024 10:21:12 +0700 OJS 3.2.0.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Harga Dan Kualitas Produk Mainan Jakarta Toys Kota Meulaboh: Penetapan Harga dan Kualitas Produk Mainan Terhadap Volume Penjualan Dalam Perspektif Islam https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen/article/view/869 <p style="text-align: justify;">Di tengah era yang seperti saat ini menuju perkembangan yang sangat pesat dalam sektor mainan dapat menimbulkan persaingan bisnis yang semakin ketat. Kondisi ini menuntut semua pengusaha di dunia yang bergerak dibidang toko mainan meningkatkan dan mengembangkan produk yang dimiliki agar dapat memenangkan persaingan. Fenomena ini membuat pengusaha toko mainan harus mampu menawarkan manfaat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen agar bisa bersaing secara global dengan Negara-negara yang lain. Toko Jakarta Toys adalah toko yang menjual berbagai jenis mainan yang diperlukan seperti mobil aki, kuda karet, boneka, raket, gigitan bayi dan mainan-mainan lainnya. Saat ini Toko Jakarta Toys adalah Toko mainan anak-anak, yang terkenal dikalangan masyarakat yang berada di wilayah Meulaboh, Teunom, Bubon, Woyla, Meureubo, Pante ceuremen, dan beberapa wilayah lainnya. Toko Jakarta Toys terkenal dengan harganya yang relatif murah dengan kualitas barang yang sesuai dengan para konsumen. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu, bagaimana penetapan harga dalam perspektif Islam terhadap volume penjualan di Toko Jakarta Toys Meulaboh, dan bagaimana kualitas produk dalam perspektif Islam terhadap volume penjualan di Toko Jakarta Toys Meulaboh. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, Penelitian ini dikategorikan penelitian lapangan melalui data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari penelitian kepustakaan. Adapun Hasil penelitian atau kesimpulan ini menjelaskan bahwa. Penetapan harga dalam perspektif Islam dapat meningkatkan volume pejualan pada toko toys, didasarkan pada prinsip adil, transparan, dan tidak ada monopoli atau manipulasi harga. Kualitas produk dalam perspektif Islam juga dapat meningkatkan volume pejualan pada toko toys didasarkan pada kejujuran, transparansi, dan kepatuhan terhadap standar kualitas.</p> Fikri Rijal Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis Islam https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen/article/view/869 Wed, 25 Sep 2024 00:00:00 +0700