Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis Islam
https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen
en-USfakrurradhi@iaialaziziyah.ac.id (Fakrurradhi)muhammadkharazi@iaialaziziyah.ac.id (Muhammad Kharazi)Wed, 25 Sep 2024 10:21:12 +0700OJS 3.2.0.4http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Harga Dan Kualitas Produk Mainan Jakarta Toys Kota Meulaboh: Penetapan Harga dan Kualitas Produk Mainan Terhadap Volume Penjualan Dalam Perspektif Islam
https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen/article/view/869
<p style="text-align: justify;">Di tengah era yang seperti saat ini menuju perkembangan yang sangat pesat dalam sektor mainan dapat menimbulkan persaingan bisnis yang semakin ketat. Kondisi ini menuntut semua pengusaha di dunia yang bergerak dibidang toko mainan meningkatkan dan mengembangkan produk yang dimiliki agar dapat memenangkan persaingan. Fenomena ini membuat pengusaha toko mainan harus mampu menawarkan manfaat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen agar bisa bersaing secara global dengan Negara-negara yang lain. Toko Jakarta Toys adalah toko yang menjual berbagai jenis mainan yang diperlukan seperti mobil aki, kuda karet, boneka, raket, gigitan bayi dan mainan-mainan lainnya. Saat ini Toko Jakarta Toys adalah Toko mainan anak-anak, yang terkenal dikalangan masyarakat yang berada di wilayah Meulaboh, Teunom, Bubon, Woyla, Meureubo, Pante ceuremen, dan beberapa wilayah lainnya. Toko Jakarta Toys terkenal dengan harganya yang relatif murah dengan kualitas barang yang sesuai dengan para konsumen. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu, bagaimana penetapan harga dalam perspektif Islam terhadap volume penjualan di Toko Jakarta Toys Meulaboh, dan bagaimana kualitas produk dalam perspektif Islam terhadap volume penjualan di Toko Jakarta Toys Meulaboh. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, Penelitian ini dikategorikan penelitian lapangan melalui data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari penelitian kepustakaan. Adapun Hasil penelitian atau kesimpulan ini menjelaskan bahwa. Penetapan harga dalam perspektif Islam dapat meningkatkan volume pejualan pada toko toys, didasarkan pada prinsip adil, transparan, dan tidak ada monopoli atau manipulasi harga. Kualitas produk dalam perspektif Islam juga dapat meningkatkan volume pejualan pada toko toys didasarkan pada kejujuran, transparansi, dan kepatuhan terhadap standar kualitas.</p>Fikri Rijal
Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis Islam
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen/article/view/869Wed, 25 Sep 2024 00:00:00 +0700Pengaruh Faktor Sosial dan Budaya Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah
https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen/article/view/1023
<p>Keberagaman produk dan jasa yang ditawarkan oleh lembaga perbankan memberikan kesempatan yang luas bagi konsumen untuk memilih lembaga perbankan yang sesuai dengan kebutuan mereka. Keputusan konsumen dalam menggunakan atau melakukan pembelian dipengaruhi sosial dan faktor budaya. Dengan selalu memperhatikan faktor tersebut, kosumen akan memutuskan untuk menggunakan produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah faktor sosial dan budaya berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih BSI KCP Padang Tiji, Dengan menggunakan metode kuantitatif. Adapun jumlah sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 100 nasabah dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum faktor yang memengaruhi nasabah dalam memilih perbankan syariah pada BSI KCP Padang Tiji dipengaruhi oleh faktor sosial dan budaya. Pengaruh faktor sosial dan budaya terhadap keputusan nasabah dalam memilih perbankan syariah pada BSI KCP Padang Tiji sangat signifikan baik secara simultan maupun secara parsial.</p>Ibrahim Ibrahim
Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis Islam
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen/article/view/1023Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0700