This is an outdated version published on 2022-06-30. Read the most recent version.

Manajemen Pengelolaan Kelas Dalam Pembinaan Karakter di SMA Negeri 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya

Authors

  • Amiruddin Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Mursyidi Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Sitti Hajar Alumni IAI Al-Aziziyah Samalanga

Keywords:

Pengelolaan Kelas, Karakter, Seunagan

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar mengelola kelas bukanlah sesuatu yang mudah. Membutuhkan usaha dan perencanaan yang matang. Guru merupakan titik sentral dan awal dari semua pembangunan pendidikan. Oleh Karena itu, guru harus bertanggung jawab atas segala tindakannya dalam proses pembelajaran di sekolah. Terutama dalam proses pembinaan karakter peran guru sangat dibutuhkan. Maka dalam hal ini dibutuhkan manajemen pengelolaan kelas dalam pembinaan karakter. Penulis berpendapat bahwa lembaga pendidikan yang baik harus dikelola dengan baik, pengelolaan yang baik ditentukan oleh manajemen yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan kelas dalam pembinaan karakter di SMA Negeri 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Manajemen Pengelolaan Kelas Dalam Pembinaan Karakter di SMA Negeri 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya sudah berjalan dengan baik, hal ini dilakukan dengan 4 cara yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Adapun perencanaan dan pengorganisasian dalam pengelolaan kelas sudah berjalan dengan baik, sementara pelaksanaan dan pengawasan masih belum terlaksana secara maksimal, hal ini dikarenakan adanya faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu di sekolah, kesibukan orang tua, faktor lingkungan pergaulan di lingkungan sekolah serta media masa.

References

A. Soedomo Hadi, Pengelolaan Kelas, (Surakarta: UNS Press, 2005.

Al-Musnad Lil Imam Ahmad Bin Hanbal , Kitab Al-Musnad Darul Hadist, Jld V, (Kairo: Dar Al-Fikir, 1976.

Hadari Nawawi dan Nini Martini, Penelitian Terapan, (Yogyakarta: Gajah Mada, 2006.

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.

James A. F. Stoner, Management, Prentice/Hall Intrenatiaonal, Inc, Englewood Cliffs, New York, 1982.

M. Yatimin Abdullah, Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an, (Jakarta: Amzah, 2007.

Mary Parker Follet, Manajemen Pengelolaan Kelas, (Jakarta: Liberty, 2009.

Salman Rusydie, Prinsip-Prinsip Manajemen Kelas (Jogjakarta: Diva Press, 2011.

Salsabila Amani, Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Tahfidzul Qur’an, Skripsi pada Fakultas Tarbiyah IAI Al-Aziziyah Samalanga, 2018, h. 13, tidak diterbitkan.

Salsabila Amani, Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Tahfidzul Qur’an, Skripsi pada Fakultas Tarbiyah IAI Al-Aziziyah Samalanga, 2018, h. 15, tidak diterbitkan.

Soeharsimi Arikunto, Pengelolaan Kelas Sebuah Pendekatan Evaluatif, (Jakarta: Raja Grafindo, 1996.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Pendidikan, (Yogyakarta: Aditya Media, 2008.

Suharsismi Arikunto, Prosedur Penelitian dan Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Tim Dosen, Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Ade Rukmana dan Asep Suryana, Manajemen Pendidikan,(Bandung: Alfabeta, 2009.

Yayat M. Herujito, “Dasar-Dasar Manajemen” (Bogor: Grasindo, 2001.

Published

2022-06-30

Versions

How to Cite

Amiruddin, Mursyidi, & Sitti Hajar. (2022). Manajemen Pengelolaan Kelas Dalam Pembinaan Karakter di SMA Negeri 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Seumubeuet, 1(1), 42-69. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/yayasanmadinahjsmbt/article/view/406