Strategi Guru PAI Dalam Memanfaatkan Sumber Pembelajaran Di Perpustakaan SMP Swasta Harapan Ummat Arongan

Authors

  • Masrizal Mukhtar Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Amiruddin Abdullah Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Mursyidi Mursyidi Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Syahrul Awali Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Musafir Musafir Student Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

Keywords:

Perpustakaan, Guru PAI, Sumber Pembelajaran

Abstract

Sebuah perpustakaan sekolah, siswa merupakan sumber daya yang penting karena mereka adalah penggerak utama aktivitas perpustakaan. Namun melihat fenomena di SMP Harapan Ummat Arongan, pada waktu istirahat yang relative singkat, mereka lebih banyak habiskan waktu bermain dari pada ke Perpustakaan. Perpustakaan yang ada belum dimanfaatkan oleh siswa sebagai mana semestinya. Berpijak karena itulah peneliti melakukan penelitian di SMP Swasta Harapan Ummat Arongan dengan judul strategi guru PAI dalam memanfaatkan sumber pembelajaran di perpustakaan SMP Swasta Harapan Ummat Arongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh guru PAI dalam memanfaatkan sumber pembelajaran di perpustakaan dan untuk mengetahui faktor pendukung dalam memanfaatkan sumber pembelajaran di perpustakaan SMP Harapan Ummat Arongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif data yang dikumpulkan bukan angka-angka, akan tetapi berupa kata-kata atau gambaran. Data yang dimaksud berasal dari wawancara, catatan lapangan, foto, dokumen pribadi dan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh guru dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa SMP Swasta Harapan Ummat Arongan, yaitu memberikan tugas meringkas kepada siswa dan diarahkan ke perpustakaan untuk memilih salah satu buku yang akan digunakan dalam mengerjakan tugas tersebut, siswa diharuskan membaca 15 menit sebelum memulai pelajaran, mengarahkan siswa keperpustakaan. Faktor pendukug: adanya sarana dan prasarana yang memadai yaitu koleksi bahan pustaka yang memadai di perpustakaan SMP Swasta Harapan Ummat Arongan.

References

Abdullah, A., Muhammad Basyah, M., Zahara , Z. ., & Ibrahim, N. (2022). Manajemen Pimpinan Dayah Dalam Merekrut Tenaga Pendidik di LPI Dayah Hasanul Iman Al-Aziziyah Jeunieb Kabupaten Bireuen. Jurnal Seumubeuet, 1(1).

Abuddin Nata, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan Tafsir al-Ayat al-Tarbawiy), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Ahmad Rohani, Media Instruksional Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Bafadal dan Ibrahim, Pengolahan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara 2009.

Barrulwalidin, B., & Abdullah, A. (2020). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SD Negeri 7 Jaya. Jurnal At-Tarbiyah, 6(2).

Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putra, 1996.

Depdiknas, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan dan Kebudayaan, 2003.

Hana dan Attia Mahmoud, Bimbingan Pendidikan dan Pekerjaan, Jld ke-II, Jakarta: Bulan Bintang, 1978.

Hartono, Manajemen Perpustakaan Sekolah: Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2016.

Husaini Usman & Purnomo Setiady Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Askara, 2009.

Koentjaraningrat, Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedial, 1997.

Lexy J. Moleong, Metodolagi penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Milburga, Larasati, dkk, Membina Perpustakaan Sekolah, Yogyakarta: kanisius, 1991.

Nasution, Teknologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Nurfah, Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar, Fakultas Adab Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2013.

Poerwadarminta W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Rusman, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Sadiman, dan Arief S. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1988.

Safei dan Muh, Media Pembelajaran: Pengertian dan Aplikasinya, Makassar: Alauddin University Press, 2011.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar,Jakarta: Grafindo Persada, 1994.

Semiawan, Conny. Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar, Jakarta : Gramedia, 1990.

Soedibyo dan Noerhayati, Pengelolaan Perpustakaan, Bandung: Offset Alumni, 1987.

Sudjana dan Nana, Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensin, 2009.

Suharsimi Arikunto, Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1993.

Suherman, Perpustakaan Sebagai Jantung Sekolah: Referensi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Bandung: Literate Publishing, 2003.

Suwarno, Wiji, Perpustakaan dan Buku: Wacana Penulisan dan Penerbitan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajara nuntuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Bandung: Alfabeta, 2003.

Tim Redaksi Fokusmedia, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003), Bandung: Fokusmedia, 2003.

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-06-30

Versions

How to Cite

Mukhtar, M., Abdullah, A., Mursyidi, M., Awali, S., & Musafir, M. (2022). Strategi Guru PAI Dalam Memanfaatkan Sumber Pembelajaran Di Perpustakaan SMP Swasta Harapan Ummat Arongan. Jurnal Seumubeuet, 1(1), 88-95. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/yayasanmadinahjsmbt/article/view/407