This is an outdated version published on 2022-10-21. Read the most recent version.

Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Ma’arif Udanawu Blitar

Authors

  • Agus Dwi Santosa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Nuril Laila Alhidayah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Keywords:

Strategi Pembelajaran aktif, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Persoalan dalam dunia pendidikan adalah bagaimana guru dapat menjalankan tugasnya dengan baik karena selama ini banyak siswa yang masih memiliki motivasi rendah dalam pembelajaran akidah akhlak. Srategi pembelajaran aktif merupakan sebuah kesatuan sumber kumpulan strategi-strategi pembelajaran yang komprehensif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yakni (1) Dalam perencanaan strategi pembelajaran aktif para guru melakukan rapat untuk menyiapkan media yang menarik dan menyiapkan perangkat pembelajaran. (2) Pelaksanaan strategi pembelajaran aktif terdapat beberapa kegiatan meliputi kegiatan pendahuluan dan kegiatan inti yaitu pelaksanakan Everyone Is A Teacher Here, Problem Based Learning, Team Games Tournament. (3) Evaluasi dalam penerapan strategi pembelajaran aktif siswa mengalami peningkatan pada aspek keaktifan, nilai dan motivasi, karena strategi pembelajaran aktif membuat siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

References

Agung Leo, Suryani Nunuk. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2012.

Ahmadi Abu, Widodo Supriyono. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2017.

Akasahtia, Lukman Taufik. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Riau: Dotplus Publisher, 2021.

Aprilia, Ratna Dwi. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Pondok Modern Paciran.” Jurnal Mahasiswa Pendidikan 1, no. 1 (2021): 76.

Fahrurrozi, Muh. Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Tinjauan Teoritis Dan Praktik. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press, 2020.

Fuady, Muhammad. Efektivitas Strategi Everyone Is A Teacher Here Dalam Meningkatkan Minat Belajar Fiqih Kelas Viii Mtsn 1 Jakarta. Jakarta, 2015.

Haudi. Strategi Pembelajaran. Sumatra Barat: Insan Cendikia Mandiri, 2021.

Jailani, Sugiman. Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatih Higher Order Thingking Skills. Yogyakarta: UNY Press, 2018.

Junaidah. “Strategi Pembelajaran Dalam Perspektif Islam.” Al-Tadzkiyyah 6, no. 1 (2015): 47.

Khodijah, Nyanyu. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, 2016.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Mulyatiningsih, Endang. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.

Munardji. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Ilmu, 2014.

Nasution, Wahyudin Nur. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing, 2017.

Nurvianto, Dewi. “Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Memperbaiki Sistem Starter Melalui Metode Demontrasi Pada Siswa Kelas XII TKR SMKN 1 Gabuswetan Indramayu Tahun Ajaran 2013/ 2014.” Taman Vokasi 2 (2014): 1.

Octavia, Shilphy A. Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Budi Utama, 2020.

Priyanto, Doni. Team Games Tournament. Yogyakarta: NEM, 2021.

Racman, Saudah. Implementasi Kebijakan Perusahaan. Bandung, 2017.

S. Febriani, Nufian, and Wayan Weda Asmara Dewi. Teori Praktis: Riset Komunikasi Terpadu. Malang: UB. Press, 2018.

Sari, Pusvyta. “Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran.” Aludir 1, no. 1 (2019): 45.

Sartika, Siti. Strategi Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Di MIS Aisyiyah Percut Sei Tuan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, 2019.

Setiadi, Hari. “Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 20, no. 2 (2015): 69.

Sri, Larasati. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Suardana, Putu. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Demontrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru.” Jurnal Of Education Action Research 3, no. 3 (2019): 34.

Sutikno, M. Sobry. Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica, 2014.

Syah, Muhibbin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo, 2010.

Syamsiyah, Nur. Solusi Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Perpustakaan Nasional, 2018.

Syaparuddin, Meldianus, Elihami. “Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didi.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasa 1 (2020): 32.

Trismayanti, Suci. “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Islam 17, no. 2 (2019): 145.

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara, 2016.

Wina, Sanjaya. “Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran,” 23. Jakarta: Kencana, 2012.

Wiyani, Novan Ardi. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Arruz Media, 2013.

Published

2022-10-21

Versions

How to Cite

Dwi Santosa, A., & Alhidayah , N. L. . (2022). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Jurnal Seumubeuet, 1(2), 96-114. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/yayasanmadinahjsmbt/article/view/458