Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk

Authors

  • Agus Dwi Santosa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Wulan Nur Anggraini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Keywords:

Kedisiplinan, Metode, Guru PAI

Abstract

Kedisiplinan merupakan ketaatan dan kepatuhan terhadap hukum, undang- undang peraturan, ketentuan dan norma yang berlaku harus disertai kesadaran dan keikhlasan hati. Namun seiiring perkembangan zaman nilai kedisiplinan semakin memudar dan tata tertib sekolah hanya sebagai simbol saja. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut strategi guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk adalah  dengan: melalui pembiasaan, dengan contoh teladan, dengan penyadaran, dengan pengawasan atau kontrol, dan pemberian hukuman. Faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk adalah, faktor pendukung yang berasal dari: kesadaran diri siswa, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dimana anak berbaur dan ekstrakurikuler. Sedangkan faktor penghambatnya hampir sama dengan faktor pendukungnya, dari: kesadaran diri yaitu minat, bakat dan motivasi membuat siswa tidak dapat disiplin, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, Teman sebaya berperan sebagai pemberi nasehat, jika memberikan hal yang positif maka akan menimbulkan kepribadian yang baik, karakter siswa yang berbeda-beda sulit untuk guru memberikan strategi, dam pemberian hukuman yang tidak membuat jera.

References

Amiruddin, Barrulwalidin, Sarayulis, & Sitti Hajar. (2022). Manajemen Pengelolaan Kelas Dalam Pembinaan Karakter di SMA Negeri 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Seumubeuet, 1(1).

Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metode Penelitian Kulitatif. Sukabumi: Jejak, 2018.

Ardy Wiyani, Novan. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media, 2014.

Ariesandi. Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses Dan Bahagia Tips Dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Arikunto, Suharsismi. Prosedur Penelitian Dan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Elly, Rosma. “Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI Di SD Negeri 10 Banda Aceh.” Jurnal Pesona Dasar 3, no. 4 (2016).

Fahrurrozi, Muh. Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Tinjauan Teoritis Dan Praktik. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press, 2020.

Hariadi. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Palopo.” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN PALOPO, 2019.

Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo, 2009.

Imron, Ali. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Jajasan Penjelenggara Penterdjemah/Pentafsir Al-Qoeraan (1967) / Tim Penyempurnaan Terjemahan Al-Qur’an (2016-2019). Al-Qur’an Dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019, Juz 1--10. 1st ed. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2019.

Makmun, Hana. Life Skill Awareness (Kecakapan Mengenal Diri). Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Mursidin. Profesionalisme Guru Menurut Al-Qur’an, Hadis Dan Ahli Pendidikan Islam. Jakarta: Sedaun Anggota IKAPI, 2011.

Mustari, Muhammad. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo, 2014.

Rahmat Ikbal, & Amiruddin. (2015). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Penbentukan Akhlak Peserta Didik di SMA Negeri 1 Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 4(2).

Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2020.

Sutarsih, Cicih. Etika Profesi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Kementrian Agama RI, 2012.

Wina sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2009.

Published

2022-11-04

How to Cite

Dwi Santosa, A. ., & Nur Anggraini, W. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk. Jurnal Seumubeuet, 1(2), 183-195. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/yayasanmadinahjsmbt/article/view/460