Storytelling: Satu Paket Pengenalan Cerita Rakyat Nusantara dan Penanaman Pendidikan Karakter pada Siswa
Keywords:
Storytelling, Cerita Rakyat, Pendidikan Karakter, SiswaAbstract
Terdapat cukup banyak media yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran pada anak, salah satunya adalah storytelling. Storytelling atau bercerita memiliki banyak manfaat berdasarkan apa yang disampaikan oleh para ahli. Indonesia yang memiliki berbagai ragam budaya, tentu saja memiliki ragam cerita yang patut untuk terus dilestarikan. Hal ini karena cerita rakyat merupakan warisan leluhur yang sarat dengan ajaran nilai budaya atau nilai moral. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mendeskripsikan bagaiman storytelling dapat menjadi satu paket lengkap untuk mengajarkan atau mengenalkan cerita rakyat serta sekaligus menanamkan penedidikan karakter melalui nilai yang terkandung dalam cerita tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah library research, dimana sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari berbagai buku, artikel ilmiah, laman, dan sebagainya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para ahli menyebutkan banyak sekali benefit dari penggunaan storytelling sebagai media pembelajaran. Sehingga, dapat dikatakan bahwa storytelling dapat menjadi media yang tepat untuk proses penanaman pendidikan karakter melalui cerita yang disampaikan
References
Andrews, Dee H “Story Types and The Hero Story” in Storytelling as an Intructional Method: Research Perspective edited by Dee H Andrews, Thomas D. Hull, Karen DEMeester (Rotterdam, Sense Publisher, 2010)
Barrulwalidin, B., & Abdullah, A. (2020). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SD Negeri 7 Jaya. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2).
British Council. “Storytelling – Benefits and Tips” diakses dari laman https://www.teachingenglish.org.uk/article/storytelling-benefits-tips pada tanggal 05 Oktober 2019 pukul 14.25
Citra, Yulia. “Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran” E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus) Volume 1 Nomor 1 Januari 2012
Dalimunthe, Reza Armin Abdillah. “Strategi dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP N 9 Yogyakarta” Jurnal Pendidikan Karakter Tahun V, Nomor 1, April 2015, 110
DeNeen, Julie. “30 Storytelling Tips For Educators: How To Capture Your Student's Attention” diakses dari laman https://www.opencolleges.edu.au/informed/features/30-storytelling-tips-for-educators/ pada tanggal 05 Oktober 2019 pukul 09.20
Fk Iro, “Kekerasan Remaja Indonesia Mencapai 50 Persen,” Fakultas Kedokteran Kesehatan AMsyarakat & Keperawatan, 2018, http://fk.ugm.ac.id/kekerasan-remaja-indonesia-mencapai-50-persen/.
Halim, Devina. “Polri Sebut Angka Kriminalitas Naik 38,45 Persen Dalam Sepekan,” Kompas.com, 2020, https://nasional.kompas.com/read/2020/06/16/18151321/polri-sebut-angka-kriminalitas-naik-3845-persen-dalam-sepekan.
Hidayati, Niswatin Nurul. “Indonesian Traditional Games: A Way to Implant Character Education on Children and Preserve Indonesian Local Wisdom”. ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam (IJPI). 5(1). 2020.
Hidayati, Niswatin Nurul. “Rethinking the Quality of Children’s Bilingual Story Books”. Al Asasiyya.
Hidayati, Niswatin Nurul. “Storytelling: One Package Learning In Improving Language Skill And Implanting Character Education On Children”. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam. 7(2), 2019.
Hidayati, Niswatin Nurul. “Telling about Islamic Heroes and Female Leaders: Ways of Implanting Self-Concept, Moral, and Religious Value on Children” Jurnal Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 2019.
Latif, Mukhtar., Zukhairina, Rita Zubaidah, Muhammad Afandi. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014)
Mensa for Kids. “The Art of Storytelling”. Diakses dari laman https://www.mensaforkids.org/ pada tanggal 05 Oktober 2019 pukul 14.20
Mokhtar, Nor Hasni., Michi Farida Abdul Halim & Sharifah Zurina Syed Kamarulzaman, “The Effectiveness of Storytelling in Enhancing Communicative Skills” Social and Behavioral Sciences 18 (2011) 163–169
Purwati, Erni., dkk., Pendidikan Karakter (Menjadi Berkarakter Muslim-Muslimah Indonesia) (Surabaya: Kopertais IV Press, 2017), 4
Tatang “Pendidikan Karakter di Jepang dan Indonesia” Seminar Nasional dan Workshop Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Karakter di Bandung 11 November 2012, 5.
Zubaidah, Enny. Teknik Mendongeng dalam Majalah “Wuny” Edisi Maret 2004. Yogyakarta: LPM UNY.