Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Penyajian Data Melalui Penerapan Model Quantum Teaching di kelas XII SMA Terpadu Raudhatul Ulum Kabupaten Pidie Jaya

Authors

  • Rahmawati M. Yunus Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiaf.v10i1.75

Keywords:

Quantum, Teaching, Motivasi

Abstract

Seorang guru dituntut memiliki ketrampilan dalam menyampaikan materi yang diajarkan dan mampu menciptakan susana belajar alamiah yang menarik sehingga siswa termotivasi dan terus aktif melaksanakan pembelajaran. Faktor utama yang harus segera dicarikan solusinya adalah: bagaimana meningkatkan motivasi siswa untuk belajar matematika sehingga siswa dapat memusatkan perhatian, menumbuhkan rasa ingin tau dan mencapai tingkat kepuasan dan hasil pembelajaran yang lebih baik. Model pembelajaran Quantum Teaching menganut pendekatan yang segar, mengalir, praktis dan mudah diterapkan, yang menawarkan suatu sintesis yang ingin dicapai. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan motivasi belajar matematika pada materi penyajian data di kelas XII SMA Terpadu Raudhatul Ulum dengan melihat pada kemampuan siswa  memusatkan perhatian, menumbuhkan rasa ingin tau dan mencapai tngkat kepuasan dan hasil pembelajaran yang lebih baik. Tingkat motivasi siswa, pernyataan dalam angket dikategorikan dalam 3 kategori, yaitu, perhatian, rasa percaya diri dan tingkat kepuasaan selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan angket yang telah diisi oleh siswa, dapat terlihat bahwa dari 4 pernyataan yang berhubungan dengan kategori perhatian, 3 pernyataan tergolong “sangat baik” dan 1 pernyataan tergolong “baik”. 4 pernyataan tergolong “sangat baik” dalam kategori tingkat kepuasan siswa dalam proses belajar mengajar. Dan 2 pernyatan tergolong “baik” dalam  kategori rasa percaya diri siswa.

References

Anita Lie. 2004. Cooperatif Learning. Jakarta: Grafindo. Halaman 3.

Depdiknas, 2006. Panduan KTSP 2006, BNSP, Jakarta

De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2004. Quantum Learning. Jakarta: Kaifa

Porter, Michael E. (2001). Strategi Bersaing, Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing, Erlangga. Jakarta.

Sugianto. (2008). Model-model pembelajaran Inovatif. Jakarta: Yuma Pustaka.

Published

2021-06-30 — Updated on 2021-06-30

Versions

How to Cite

M. Yunus, R. (2021). Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Penyajian Data Melalui Penerapan Model Quantum Teaching di kelas XII SMA Terpadu Raudhatul Ulum Kabupaten Pidie Jaya. Jurnal Al-Fikrah, 10(1), 101-112. https://doi.org/10.54621/jiaf.v10i1.75