Konseptualisasi Strategi Komunikasi Islam dalam Merespons Isu Negatif terhadap Lembaga Pendidikan Keislaman di Era Digital

Authors

  • Ratna Rintaningrum Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Makmur Makmur Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Poso
  • Meilida Eka Sari Universitas Islam Nusantara (UIN) Al-Azhaar Lubuklinggau
  • Sofyan Munawar Universitas Darunnajah
  • Septiana Wulandari Universitas Baturaja
  • Yunita Abdullah Aji Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia (UNISAI)

DOI:

https://doi.org/10.54621/jn.v12i1.1035

Keywords:

Komunikasi Islam, Strategi, Isu Negatif, Pendidikan Keislaman, Era Digital

Abstract

Era digital menghadirkan tantangan serius bagi lembaga pendidikan Islam dalam menjaga citra dan kredibilitasnya di tengah derasnya arus informasi. Isu-isu negatif yang beredar di ruang publik digital sering kali membentuk opini yang merugikan, bahkan sebelum klarifikasi resmi diberikan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual strategi komunikasi Islam yang dapat digunakan untuk merespons isu negatif terhadap lembaga pendidikan keislaman, dengan fokus pada prinsip-prinsip komunikasi Islami dan adaptasi terhadap karakteristik media digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka terhadap literatur komunikasi Islam, manajemen krisis, dan dinamika media digital. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Islam ideal mencakup sikap proaktif, penggunaan narasi positif, pemanfaatan media sosial secara etis, serta penguatan komunikasi kelembagaan yang berbasis nilai-nilai Islam seperti kejujuran, kebijaksanaan, dan kesantunan. Tantangan utama meliputi penyebaran hoaks, krisis kepercayaan publik, dan minimnya kapasitas komunikasi digital di lingkungan pesantren. Oleh karena itu, penguatan kapasitas SDM dan transformasi manajemen komunikasi berbasis nilai Islam menjadi kunci menghadapi era keterbukaan informasi. Artikel ini merekomendasikan model komunikasi strategis Islami sebagai pedoman bagi lembaga pendidikan keislaman dalam menjaga reputasi sekaligus menjalankan misi dakwah di era digital.

References

Alfath, K. (2020). Pendidikan Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Al-Manar, 9(1), 125–164. https://doi.org/10.36668/jal.v9i1.136

Bahri, S., & Arafah, N. (2021). Analisis Manajemen SDM Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Di Era New Normal. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 20–40. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.2

Budiantoro, W., & Saputri, K. D. (2021). Pengembangan Dakwah Multikultural di Era Digital. ICODEV: Indonesian Community Development Journal, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.24090/icodev.v2i1.5294

Gustina, E., & Djannah, S. N. (2015). Sumber Informasi Dan Pengetahuan Tentang Menstrual Hygiene Pada Remaja Putri. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 147. https://doi.org/10.15294/kemas.v10i2.3375

Hardiyanto, S., & Pulungan, D. (2019). Komunikasi Efektif Sebagai Upaya Penanggulangan Bencana Alam di Kota Padangsidimpuan. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 30–39. https://doi.org/10.30596/interaksi.v3i1.2694

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Ibnu Mukti, Karimuddin Abdullah Lawang, Muhammad Kharazi, Teungku Amiruddin, & Multazimatul Ula. (2022). Pelaksanaan Kewajiban Privat Untuk Meningkatkan Mutu Santri Dalam Memahami Ilmu Munakahat (Pengabdian di Dayah Putri Muslimat Samalanga Bireuen). 1, 141–157. https://doi.org/https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i1.508

Jumriah Komala Sari, M. Abzar Duraesa, Muhammad Tahir, & Sitti Syahar Inayah. (2024). Strategi Komunikasi Islam Dalam Konteks Dakwah. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(5), 2721–2246. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v5i5.510

Karimuddin Abdullah Lawang, Dian Saputra, Ibnu Mukti, & Yulia Sikunanti. (2022). Peningkatan Kemampuan Santriwati dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Dayah Jamiah Al-Aziziyah Batee Iliek Samalanga. 1(2), 373–387.

Khalisatun Nuriyah, Abu Hasan Agus R M, Putri Fahmadia Dinda Maulida Thohir, Nadira Rusdiah, & Kikik Windia Sari. (2024). Adaptasi Strategi Pembelajaran Responsif terhadap Dinamika Siswa. Jurnal Basicedu, 8(5), 3843–3851. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8674

Marendah, R. K. E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Muchith, M. S. (2015). Membangun Komunikasi Edukatif. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 3(1), 178. https://doi.org/10.21043/at-tabsyir.v3i1.1657

Muhammad Yasir, Asep Suhana, Diauddin Ismail, Muzakir Muhammad Amin, & Karimuddin Abdullah Lawang. (2024). Peningkatan Kualitas Tenaga Pengajar Pondok Pesantren Melalui Sosialisasi Pemahaman tentang Peraturan Perundang-Undangan. IKHLAS: Jurnal Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 3(2), 30–37. https://doi.org/10.58707/ikhlas.v3i2.988

Muhsinin, M. (2013). Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Untuk Membentuk Karakter Siswa Yang Toleran. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 205–228. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.751

Muljawan, A. (2019). Model Dan Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Asy-Syukriyyah, 20(2), 51–69. https://doi.org/10.36769/asy.v20i2.81

Nor Ipansyah, Jalaluddin, Bahran, Akhmad Sukris Sarmadi, Nadiyah, Rusdiyah, & Karimuddin Abdullah Lawang. (2024). Implementasi Nilai Dakwah Melalui Toleransi Beragama di Pondok Pesantren. Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama, 19(1), 71–91. https://doi.org/10.21111/attadib.v19i1.11968

Qudratullah, Q. (2016). Peran Dan Fungsi Komunikasi Massa. Jurnal Dakwah Tabligh, 17(2), 41–46. https://doi.org/10.24252/jdt.v17i2.6024

Saefrudin. (2020). Nilai Pendidikan Islam Prespektif KH. Salahudin Wahid. Jurnal Al-Fikri, 3(1).

Sirajuddin Jamaluddin, P. D. (2021). Educational Values in the Biography of al-Khulafaurrasyidin and Its Application in Adult Education in Indonesia. 4(1). https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/athfal/article/view/1460

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D (Bandung: Alfabeta).

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Suryana. (2018). Pelayanan Publik : Kewajiban dan Kendalanya. Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 1, 1–13.

Syobah, S. N., Nugraha, A. B., Juwita, R., & Abdullah, K. (2023). Keefektifan Komunikasi Interpersonal dalam Menyelesaikan Konflik Suami Istri. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 118–129. https://doi.org/10.30596/ji.v7i1.13307

Taufiq, B. (2017). Identifikasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada PNPM Mandiri. Jurnal Penelitian, 11(1), 69. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i1.2171

Udin, J., Ghulam, Z., & Ghofur, A. (2021). Analisis Wacana Strategi Dakwah Sultan Agung Adi Prabu Hanyokrokusumo. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 7(1), 62. https://doi.org/10.54471/dakwatuna.v7i1.923

Ummah, N. H. (2022). Pemanfaatan Sosial Media dalam menungkatkan Efektivitas Dakwah di Era Digital. Junal Manajemen Dakwah, 10, 151–169.

Zulfikar, A. Y. (2022). Transformasi Sosial dan Perubahan Dayah di Aceh. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Published

2025-06-30

How to Cite

Rintaningrum, R., Makmur, M., Eka Sari, M., Munawar, S., Wulandari, S. ., & Abdullah Aji, Y. (2025). Konseptualisasi Strategi Komunikasi Islam dalam Merespons Isu Negatif terhadap Lembaga Pendidikan Keislaman di Era Digital. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 12(1), 15-30. https://doi.org/10.54621/jn.v12i1.1035

Issue

Section

Artikel