Analisis Isi Konstruksi Media Massa Dalam Film “Alif, Lam, Mim”

Authors

  • Asmaul Husna Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh
  • Kamaruddin Hasan Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh
  • Fitria Akmal Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh
  • Syarifah Chairunnisak Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh
  • Rizki Yunanda Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh
  • Muhibuddin Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jn.v12i1.1039

Keywords:

Analisis Isi, Konstruksi Media Massa, Film

Abstract

Tidak hanya sebagai hiburan semata, film juga sebagai edukasi serta membentuk pandangan dan pemahaman masyarakat terhadap berbagai isu dan fenomena sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi media massa yang terdapat dalam film “Alif Lam Mim” dan hal apa saja yang memengaruhi konten dan narasi dalam pemberitaan di media massa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif , yaitu suatu proses penelitian yang menggunakan hasil data deskriptif baik dalam bentuk verbal maupun non verbal. Data diperoleh melalui studi literatur dan observasi mendalam melalui pemilihan adegan-adegan tertentu dari film tersebut sebagai objek analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media massa dalam film “Alif Lam Mim” telah melakukan konstruksi bahwa orang-orang yang mengenakan atribut agama seperti jubah, jenggot, dan bercadar adalah dicurigai sebagai pelaku teroris dan sosok yang patut diwaspadai. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa ada banyak faktor yang memengaruhi pemberitaan. Seperti struktur media, pengaturan editorial, norma dan nilai jurnalistik, konteks sosial dan politik, kepercayaan pada sumber berita, ketertarikan audiens, teknologi dan inovasi berita, dan kepentingan ekonomi.

References

Baran, S.J. (2012). Pengantar Komunikasi Massa Literasi Media dan Budaya (Terjemahan). Jakarta: Salemba Humanika.

Baran, S.J. dan Dennis K. (2010). Teori Komunikasi Massa Dasar,. Pergolakan, dan Masa Depan. Jakarta: Salemba Humanika.

Berger, P.L., Luckmann, P.L. (1966). The Social Construction of Reality A Treatise in the Sociology of Knowledge. New York: Penguin Books.

Bungin, Burhan. (2008). Konstruksi Sosial Media Massa. Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi & Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter, L. Berger & Thomas Luckmann. Jakarta: Kencana Prenada Media. Hal. 214.

Creswell, John W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design Choosing Among Five Apporoaches. California: Sage Publication Inc.

McQuail, Denis. (1987). Mass Communication Theory (Teori Komunikasi Massa). Jakarta: Erlangga.

Musdafid. (2019). Independensi Media dalam Film Alif Lam Mim (Analisis Wacana Van Dijk). UIN Alauddin Makassar: Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Nurdin. (2004). Komunikasi Massa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prima, Dea Angga Maulana. (2022). Analisis Isi Film “The Platform.” Journal Of Digital Communication And Design (Jdcode) Volume 1 No.2 | Agustus 2022: 127-136. Department of communication and Design, Universitas Adhirajasa Reswara

Sobur, Alex. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published

2025-06-30

How to Cite

Husna, A., Hasan, K. ., Akmal, F. ., Chairunnisak, S. ., Yunanda, R. ., & Muhibuddin. (2025). Analisis Isi Konstruksi Media Massa Dalam Film “Alif, Lam, Mim”. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 12(1), 1-14. https://doi.org/10.54621/jn.v12i1.1039

Issue

Section

Artikel