Komunikasi Dosen dengan Mahasiswa yang Islami untuk Menguatkan Etika Akademik dan Karakter Mahasiswa di Perguruan Tinggi

Authors

  • T. Tajuddin Program Magister KPI Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia
  • Zulfikar Program Magister KPI Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54621/jn.v10i2.1086

Keywords:

Komunikasi Islami, Etika Akademik, Karakter Mahasiswa

Abstract

Komunikasi antara dosen dan mahasiswa merupakan unsur penting dalam proses pendidikan tinggi, tidak hanya dalam penyampaian ilmu, tetapi juga dalam pembentukan karakter dan etika akademik mahasiswa. Di tengah dinamika perguruan tinggi modern, pola komunikasi yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dinilai mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap penguatan integritas dan sikap moral mahasiswa. Namun, pendekatan ini belum banyak dieksplorasi secara akademik, khususnya dalam konteks komunikasi yang transformatif dan berbasis nilai spiritual. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam peran komunikasi dosen yang Islami dalam memperkuat etika akademik dan karakter mahasiswa di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode library research (penelitian kepustakaan) dengan mengumpulkan, mereview, dan menganalisis literatur yang relevan terkait komunikasi Islami, pendidikan karakter, dan etika akademik dalam konteks pendidikan tinggi. Sumber data berupa buku, jurnal ilmiah, artikel penelitian, dan dokumen akademik yang membahas hubungan interpersonal dalam pendidikan Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa komunikasi dosen yang berbasis nilai-nilai Islami seperti kejujuran, kasih sayang, dan tanggung jawab, secara signifikan mampu membentuk kesadaran etika dan memperkuat karakter mahasiswa. Komunikasi yang dilakukan dengan empati, keteladanan, dan penghargaan terhadap mahasiswa berkontribusi pada terciptanya budaya akademik yang harmonis dan bermartabat. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya wacana komunikasi pendidikan berbasis nilai dan menawarkan model komunikasi yang humanis, transformatif, dan sesuai dengan prinsip Islam dalam lingkungan kampus.

References

Ameer, Sadaf, Saba Ghayas, and Adnan Adil. “Taqwa, Spiritual Shame, and Divine Forgiveness in Islam.” Foundation University Journal of Psychology 9, no. 1 (2025). https://doi.org/10.33897/fujp.v9i1.827.

Chanfiudin Chanfiudin, Lukman Lukman, Robby Setiawan, and Indra Wahyu Saputra. “Etika Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern.” IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 3 (2024): 1–8. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i3.1337.

De Moçambique, Universidade Católica. “The Construction of Ethical Values in University Students: An Analysis of the Concepts and Practices of University Lecturers: Bianca Gerente, Dilia Miguel.” Revista Electrónica de Investigação e Desenvolvimento 2, no. 10 (2022). https://doi.org/10.70634/reid.v2i10.119.

H. Mokhber,. “The Role of Universities in Shaping Students’ Character; Designing a Model for Developing Empowering, Personality, Social, and Ethical Attitudes.” SciSpace - Paper. https://doi.org/10.22035/isih.2024.4959.4821.

Husniza Husni,. “The Nature of Islamic Ethics and Its Implications for Education.” Tajdid 29, no. 1 (2022): 29–29. https://doi.org/10.36667/tajdid.v29i1.1008.

Markus Masan Bali. “Peran Dosen Dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa.” Humaniora 4, no. 2 (2013): 800–810. https://doi.org/10.21512/HUMANIORA.V4I2.3508.

Moleong, Lexi. Metode Penelitian. Rineka Cipta, 2010.

Putri, Annisa, and Ahmad Hidayat. “THE EFFECT OF PATIENCE ON ACADEMIC HARDINESS IN OVERSEAS STUDENTS AT THE FACULTY OF PSYCHOLOGY, UNIVERSITAS ISLAM RIAU.” International Journal of Education, Psychology and Counseling 8, no. 52 (2023): 492–509. https://doi.org/10.35631/IJEPC.852038.

Rudi Rahman. “KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DOSEN DAN MAHASISWA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS HANG TUAH PEKANBARU.” JURNAL SOSIO-KOMUNIKA 2, no. 1 (2023): 261–74. https://doi.org/10.57036/jsk.v2i1.41.

Srimulat, Fitri Endang, Ribut Wahyu Eriyanti, Ainur Rofiq, and Atok Miftahul Huda. “The Importance of Islamic Values in the Views of Lecturers: A Survey Analysis.” Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9, no. 2 (2024): 99–103. https://doi.org/10.33084/tunas.v9i2.6408.

Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, 2016.

Suryani, Ira, Pebrijah Nasution, Bunga Lestari, Juliana Juliana, Kesi Kesi, and Nadia Haviza Purba. “Defenisi Etika Akademik.” Hukum Dan Demokrasi (HD) 23, no. 2 (2023): 58–67. https://doi.org/10.61234/hd.v23i2.17.

Syaharuddin Syaharuddin. “Pola Komunikasi Dosen Dalam Meningkatkan Kualitas Interpersonal Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Pancasakti Makassar.” SciSpace - Paper, July 4, 2024. https://doi.org/10.62951/prosemnasipi.v1i2.44.

Tampubolon, Sofie Raihana, Feby Aulia Feby, Tari Lasmi Virginia Sihotang, et al. “The Influence of Technology and Social Media on Student Character Building.” International Journal of Educational Practice and Policy, December 31, 2024, 78–82. https://doi.org/10.61220/ijepp.v2i2.0252.

Younis, Lt. “The Ethics of Academic Research and Writing.” Compendium of Oral Science 1, no. 1 (2014): 42–43. https://doi.org/10.24191/cos.v1i0.17533.

Published

2023-12-31

How to Cite

Tajuddin, T., & Zulfikar. (2023). Komunikasi Dosen dengan Mahasiswa yang Islami untuk Menguatkan Etika Akademik dan Karakter Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 10(2), 208-218. https://doi.org/10.54621/jn.v10i2.1086

Issue

Section

Artikel