Metode Mujadalah Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Lhokseumawe Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar
DOI:
https://doi.org/10.54621/jn.v8i1.124Keywords:
Mujadalah, Metode, Kualitas BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini mengetahui Efektifitas Metode Belajar mujadalah bagi Mahasiswa Fuad Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar dan untuk diketahui Faktor apa saja yang menghambat dan mendukung Efektifitas Metode Belajar melalu mujadalah bagi Mahasiswa Fuad Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar. Untuk mengarah tulisan ini penulis menggunakan metode penelitian Riset kualitatif bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data sedalam-dalamnya. Riset ini tidak mengutamakan besarnya populasi atau sampling. Jika data yang terkumpul sudah mendalam dan bisa menjelaskan fenomena yang diteliti, maka tidak perlu mencari sampling lainnya dengan pendekatan edukasi. Untuk terarah tulisan ini penulis menggunkan Teori fungsional komunikasi kelompok memandang “proses” sebagai instrumen yang digunakan kelompok untuk mengambil keputusan, dengan menekankan hubungan antara kualitas komunikasi dan kualitas keluaran (output) kelompok. Komunikasi melakukan sejumlah hal atau berfungsi dalam sejumlah hal untuk menentukan atau memutuskan hasil kelompok. Dapat diambil kesimpulannya adalah Metode diskusi sangat efektif untuk meningkatkan kualitas belajar mahasiswa karena Metode diskusi dapat merangsang mahasiswa untuk lebih kreatif khususnya dalam memberikan gagasan dan ide-ide. Dapat melatih untuk membiasakan diri bertukar pikiran dalam mengatasi setiap permasalahan. diskusi juga bisa melatih mahasiswa untuk menghargai pendapat orang lain. Dengan menggunakan metode diskusi tidak hanya terjadinya tanyab jawab saja tetapi juga adanya kritikan dan saran yang membangun.