Gagasan Living Quran Terhadap Siswa Mualaf Di Sekolah Cendekia Baznas (SCB) Perspektif Ideologi Dan Power

Authors

  • Hikmawati Hikmawati Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.54621/jn.v8i2.172

Keywords:

Living Quran, Mualaf, Ideology, Power, and SCB

Abstract

Alquran yang menjadi gagasan dalam kehidupan mempunyai kekuasaan sebagai pedoman hidup. Namun, tidak semua Muslim memahami dan mengamalkan kandungan Alquran. Banyak yang membumikan Alquran, tapi nihil akan pengamalan. Bagi para mualaf, Alquran adalah sumber terbaik untuk mempelajari Islam lebih dalam dan sempurna sehingga mereka bisa menjadi Muslim yang baik. Living quran adalah wacana untuk menghidupkan kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga akan menjadi alternatif utama bagi mualaf dengan peran kekuasaan dan ideologi yang terkandung di dalam Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana gagasan living quran terhadap siswa mualaf di Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB) dalam perspektif ideologi dan power. Serta hal-hal lainnya yang terkait. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode wawancara dan observasi. Partisipan yang terlibat adalah para siswa mualaf di SCB, yaitu lembaga pendidikan Islam yang langsung dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Temuan penelitian menunjukkan bahwa ideologi dan power memberi pengaruh kepada para siswa mualaf di SCB dengan banyaknya program yang bernafaskan Alquran. Seperti tilawah satu hari satu juz, setoran hafalan Alquran setelah subuh dan maghrib, muroja’ah, program akselerasi tahsin dan tahfidz, tasmi’, kajian dan hafalan doa-doa dari Alquran, khataman, tilawah jama’i, dan sebagainya. Alquran juga merupakan power yang memberi pengaruh besar buat kehidupan siswa mualaf selama di SCB.

References

Al-Maliki, Abdurrahman. Niẓām al-’Uqūbāt. Bogor: Daar al-Ummah, 2002.

Althusser, Louis. Ideology and Ideological State Apparatuses. Perancis: La Pensée, 1970.

Badruzaman, Abad. Teologi Kaum Tertindas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Bagus, Lorens. Kamus Filsafat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Becker, Samuel. Marxist approaches to media studies: The British experience. Critical Studies in Mass Communication, 1984.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahas Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2008.

Giddens, Anthony. Kapitalisme Dan Teori Sosial Modern suatu analisis karya tulis Marx, Durkheim danMax Weber. Penerjemah Soeheba Kramadibrata. Jakarta: UI Press, 1986.

Hasbillah, Ahmad ‘Ubaydi Hasbillah. Ilmu Living Quran-Hadis. Tangerang Selatan: Yayasan Wakaf Darus- Sunnah, 2019.

Lechte, John Lechte. 50 Filsuf Kontemporer. Yogyakarta: Kanisius. 2001.

Mansur. Living Qur’an dalam Lintasan Sejarah Studi Alquran. Yogyakarta: Teras, 2017.

____________. Living Qur’an dalam Lintasan Sejarah Studi Alquran, dalam Sahiron Syamsuddin (ed.), Metode Penelitian Living Qur’an dan Hadis.

Masyah, Syarif Hade. Hikmah di Balik Hukum Islam. Jakarta: Mustaqim, 2002.

Muhammad, Ahsin Sakho. Renungan Kalam Langit: Kitab Motivasi Pecinta Alquran. Jakarta: Qaf Media Kreativa. 2017.

_______________. Oase Al-Qur’an. Jakarta: Qaf Media Kreativa, 2017.

Nasution, S. Sosiologi Pendidikan, Cet. IV. Jakarta: Bumi Aksara. 2009.

Saenong, Ilham B. Hermeneutika Pembebasan. Jakarta: Teraju, 2002.

Salim, Abdul Mu’in. Fiqh Siyasah: Konsepsi Kekuasaan Politik dalam Alquran. Jakarta: PT. RajaGrafindo, 2002.

Shihab, M. Quraish Shihab. Tafsir Al-Misbah, Jakarta: lentera hati, 2017.

Shoemaker, Pamela and Stephen Reese. Mediating the Message: Theories of Influences on Mass Media Content. New York: Longman, 1991.

Stafford and Gill Branston. The Media Student’s Book Third Edition. USA: Routledge, 2003.

_____________________.The Media Student’s Book Fifth Edition. USA: Routledge, 2010.

Syamsuddin, Sahiron. Ranah-ranah Penelitian dalam Studi Alquran dan Hadis, dalam Sahiron Syamsuddin (ed.), Metode Penelitian Living Qur’an dan Hadis. Yogyakarta, 2007.

Bakti, Andi Faisal. “Women in the West and in Indonesia: How Can Islam Contribute to Social Develpoment?” Jurnal Zainal Abidin Syah, vol 1 No. 1, 2010.

______________. “Southeast Asia, Islamic Dakwah In,” Jurnal Oxford journal: Newyork Oxford Press, 2011.

Candra, Supriyanto. “Relasi Ideologi, Kekuasaaan, Dan Media,” Jakarta: At-Turas, Vol. 1 No. 2, 2014.

Farhan, Ahmad. “Living Alquran sebagai Metode Alternatif dalam Studi Alquran,” Jurnal El-Afkar Vol 6, No II, 2017.

Fikri, Ahmad Luthfi Rijalul, dkk. “Konsep Pengelolaan Koperasi Pesantren untuk Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat: Telaah Surah Al-Hasyr Ayat 7,” Jurnal Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam Vol.9 No.2, 2018.

Hakiki, Titian dan Rudi Cahyono. “Komitmen Beragama Pada Muallaf (Studi Kasus Pada Muallaf Usia Dewasa),” Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, Vol. 4, 2015.

Haryadi, Ardi Mulyani. “Membongkar Ideologi dan Power dibalik Wacana Visual Pro-Poligami dan Anti-Poligami,” Garut: Institut Pendidikan indonesia, Volume 7, Number 2, 2018.

Ichsan, Wahyu. “Menyoal Agama Para Nabi dan Rasul Terdahulu Antara Agama Islam dan Agama Tauhid,” Jurnal Bidayah Volume VIII, No. 2, 2017.

Isnawati. “Studi Living Qur’an Terhadap Amalan Ibu Hamil di Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar,” Jurnal Studia Insania Vol 3, No 2, 2015.

Jumat, Abd. Gani Jumat. “Konsep Pemerintahan dalam Alquran: Analisis Makna Khalīfah dalam Perspektif Fiqh Politik,” Hunafa: Jurnal Studia Islamika, V. 11, No. 1, 2014.

Junaedi, Didi. “Living Qur’an: Sebuah Pendekatan Baru dalam Kajian Al-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren As-Siroj Al-Hasan Desa Kalimukti Kec. Pabedilan Kab. Cirebon,” Journal of Qur’an and Hadith Studies – Vol. 4, No. 2, 2015.

Lisnawati, Yesi. “Konsep Khalīfaħ Dalam Al-Qur`Ᾱn dan Implikasinya,” TARBAWY, Vol. 2, Nomor 1, 2015.

Nursyamsu. “Alquran sebagai Sumber dan Ideologi Pendidikan Islam,” Al-Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang kerang volume I nomor 1, 2017.

Sholehah, Iffatus. “Keberpihakan Alquran Terhadap Mustaḍ’afīn,” Jurnal Living Islam, Volume I, Nomor 1, 2018.

Umanailo, M. (2019, Oktober 23). Pemikiran-Pemikiran Karl Marx. https://doi.org.10.31219/0sf.io./5q2ts.

Zulfebriges. “Teori Media Marxist: Sebuah Pengantar,” Mediator, Vol 4, no. 1, 2003.

Al-Ghifari, Hadyan Fikri. “Strategi Dakwah di Lembaga Muallaf Center Yogyakarta,” Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2018.

Hujayyana, Erniza Rina. “Ideologi Islam dalam perspektif Syeikh Taqiyuddin An Nabhani,” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2009.

https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/10/09/24/136336-jumlah-penghafal-alquran-indonesia-terbanyak-di-dunia diakses pada 12 Oktober 2020 pukul 14.00 WIB.

https://www.cendekiabaznas.sch.id/about-us/ diakses pada 28 Oktober 2020 pukul 10.23 WIB.

https://dinsos.riau.go.id/web/index.php?option=com_content&view=article&id=410:mengenal-suku-suku-asli-komunitas-adat-terpencil-di-provinsi-riau-oleh-dodi-ahmad-kurtubi&catid=17&Itemid=117. Diakses pada Minggu 13 Oktober 2020 pukul 21.00 WIB

Wawancara pribadi dengan Sariman pada hari Selasa, 8 Desember 2020 pukul 16.30 WIB.

Wawancara pribadi dengan Ronal pada hari Selasa, 8 Desember 2020 pukul 16.00 WIB.

Published

2021-12-30

How to Cite

Hikmawati, H. (2021). Gagasan Living Quran Terhadap Siswa Mualaf Di Sekolah Cendekia Baznas (SCB) Perspektif Ideologi Dan Power. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 8(2), 173-193. https://doi.org/10.54621/jn.v8i2.172

Issue

Section

Artikel